RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : MA JAKARTA PUSAT
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Status Pendidikan : Madarasah Aliyah
Kelas / Semester : XII / I
Alokasi Waktu : 2 jam
pelajaran
Standar Kompetensi:
1.
Memahami informasi lisan berbentuk
paparan atau dialog tentang hobi dan wisata
Kompetensi dasar:
Menyimak
2.1 Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau
kalimat ) dalam suatu konteks dengan tepat
2.2 Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai
bentuk wacana lisan secara tepat
I.
Tujuan Pembelejaran:
Setelah Proses
Pembelajaran, diharapkan siswa mampu: Mengidentifikasi dan menangkap makna,
gagasan atau ide dari berbagai wacana lisan tentang hobi dan wisata.
II. Materi Pembelajaran:
a) Dialog dengan judul : makanan, misalnya :
المضيفة : صباح الخير كيف حالك ؟
المسافرة :أنا بخير والحمد لله
المضيفة : ماذا تطلبين من الطعام ؟
المسافرة : بعض السمك والاءرز من فضلك.
المضيفة : وماذا تطلبين من الشراب
المسافرة : ماء من فضلك.
المضيفة : وماذا تفضلين من الفكهة ؟
المسافرة : التمر ، أو العنب.
المضيفة : هل تشربين الشاي ؟
المسافرة : لا. أفضل القهوة.
المضيفة : القهوة بالحليب ؟
المسافرة : نعم ،
القهوة بالحليب
المسافرة : شكرا .
المضيفة : عفوا
b) Wacana
dengan judul :
عمر
بن الخطاب
كان
عمر بن الخطاب (ض) رجلا شجاعا ، وعندما أراد الهجرة من مكة إلى المدينة ، حمل سيفه
وذهب إلى الكعبة وطاوف حول البيت سبعة أشواط ثم صلي الله بعد الصلاة اتجه عمر إلى
الكفار وكانوا يجلسون أمام الكعبة وأخبرهم بأنه مهاجر وقال لهم ، من أراد أن تفقده
أمه أو زوجته أو أولاده فليقابله خلف الوادي خاف الكفار من عمر ولم يذهب أحد لمقابلته.
III. Metode:
·
Inkuiri
·
Diskusi
IV. Langkah
Pembelajaran:
NO
|
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
1
|
Pendahuluan
|
|
15 menit
|
|
· Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan
menanyakan kabar siswa.
·
Guru mengecek kehadiran siswa
·
Guru bersama siswa mengecek kesiapan
perangkat pembelajaran
· Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan
disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
|
Pengalaman pribadi
|
|
2
|
Kegiatan Inti
|
|
60 menit
|
|
· Mendengarkan wacana lisan menggunakan berbagai media.
· Menyebutkan kata-kata yang didengar
· Mencocokkan gambar dengan ujaran yang didengar
· Menuliskan beberapa kata yang didengar dengan bantuan
guru
· Menentukan benar atau salah ujaran yang di dengar
· Mendengarkan wacana lisan dengan menggunakan berbagai
media (guru atau tape)
· Mendiskusikan isi wacana lisan
· Menuliskan isi wacana lisan secara umum
· Memaparkan isi wacana lisan secara umum
|
Guru/Buku Paket
Kartu kata
|
|
3
|
Penutup
|
|
15 menit
|
|
· Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil
belajar
· Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan
konsep jika ada yang kurang tepat
· Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang
telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan
yang dihadapi siswa
|
Instrumen latihan
|
|
V. Sumber/Bahan/Alat Belajar:
· Guru
· Buku
paket Pelajaran Bahasa Arab
· Laboratorium
Bahasa
VI. Penilaian:
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
|
·
Mencocokkan tulisan dengan kata, frasa atau kalimat
yang didengar
·
Mencocokkan tulisan dengan kata, frasa atau kalimat
yang didengar
·
Melengkapi kalimat dengan kata yang disediakan
·
Menentukan benar/salah ujaran yang didengar
·
Menentukan tema dari wacana lisan
·
Menentukan ide pokok dari wacana lisan.
·
Mengungkapkan kembali informasi rinci dari wacana
lisan.
·
Mengidentifikasi kosa kata-kosa kata baru atau sulit
|
Tugas individu
(menyimak dialog)
Tugas Kelompok
(menentukan tema, ide pokok, menulis informasi rinci
dan mengidentifi-kasi kosa kata sulit)
|
Tulis
(Ulangan harian)
|
1.
Lengkapi kalimat dengan kata yang disediakan..?
2.
Tentukan benar/salah ujaran yang didengar
3.
Tentukan tema dari wacana lisan
4.
Tentukan ide pokok dari wacana lisan.
5.
Ungkapkan kembali informasi rinci dari wacana lisan.
|
KRITERIA
PENILAIAN
- Menyimak
No
|
Nama
|
Kriteria
Dan Skala Penskoran
|
Skor
|
|||
Mengidentifikasi
tema
|
Menemukan
informasi tersurat
|
Menemukan
pesan
|
Menceritakan
kembali isi wacana
|
|||
1-15
|
1-20
|
1-30
|
1-35
|
100
|
||
1
|
Handoyo
|
15
|
15
|
25
|
30
|
85
|
2
|
Daryono
|
10
|
10
|
25
|
30
|
65
|
3
|
Edor
|
15
|
10
|
25
|
20
|
65
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui 19 Juli
2010
Kepala MA Jakarta Pusat Guru Mata
Pelajaran Bahasa Arab
Nasrullah Harun Ripki
Atkia, S.Pd.I
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : MA JAKARTA PUSAT
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Status Pendidikan : Madarasah Aliyah
Kelas / Semester : XII / I
Alokasi Waktu : 2 jam
pelajaran
Standar Kompetensi:
2. Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk
paparan atau dialog tentang hobi dan wisata
Kompetensi Dasar:
BERBICARA
2.1 Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan
sesuai konteks dengan lafal yang tepat
2.2 Melakukan dialog
sesuai konteks dengan tepat dan lancar
I.
Tujuan Pembelajaran:
Setelah proses pembelajaran diharapkan
siswa mampu: Menyampaikan gagasan atau
pendapat secara lisan dan melakukan dialog tentang hobi dan wisata dengan lancar dan tepat.
II. Materi Pembelajaran:
- Dialog
tentang, makan . misalnya :
قاسم
: كم وحبة تاءكل فى اليوم ؟
سالم : أكل
ثلاث وجبات : الفطور، والغداء ، والعشاء.
قاسم : هذا
كشير جدّا. انا اكل وجبة واحدة
سالم : هذا
قليل جدّا.
قاسم : ماذا
تاءكل فى الغداء ؟
سالم : اكلُ
اللحم والدجاج والآرز والخبز .
وماذا تاءكل أنت ؟
قاسم : أكل
السمك والسلطة والفكهة
سالم :ما وزنك
؟
قاسم : ستون
كيلا. وما وؤنك أنت ؟
سالم :
مئة كيلا .
قاسم : أنت
سمينٌ جدّا
سالم : وأنت
نحيفٌ جدّا.
III. Metode:
·
Modeling
·
Inpairing
IV. Langkah
Pembelajaran:
NO
|
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
||
1
|
Pendahuluan
|
|
15 menit
|
||
|
a.
Guru mengucapkan salam
sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
b.
Guru mengecek kehadiran siswa
c.
Guru menyampaikan
informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar
dan indikator pencapaian.
d.
Guru meminta salah
seorang siswa untuk menyebutkan kembali kata-kata dan ungkapan-ungkapan yang
telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
e.
Guru meminta salah
seorang siswa untuk menyebutkan poin-poin yang ditanyakan pada saat
berkenalan
f.
Guru meminta salah
seorang siswa untuk menceritakan pengalaman saat berkenalan
|
|
|
||
2
|
Kegiatan Inti
|
|
60 menit
|
||
|
a.
Mendengarkan wacana
lisan
b.
Mendengarkan wacana
lisan
c.
Mengulangi/menirukan
ujaran(kata/frasa/kalimat)
d.
Menjawab secara lisan
mengenai isi wacana dengan tepat
e.
Menceritakan kembali isi
wacana
f.
Bercerita sesuai tema
g.
Mengajukan pertanyaan
kepada teman di kelas
h.
Menjawab pertanyaan yang
diajukan lawan bicara
i.
Melakukan percakapan
sederhana dengan teman sekelas/sebaya
j.
Bermain peran
|
|
|
||
3
|
Penutup
|
|
15 menit
|
||
|
a.
Guru memberikan
pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar
b.
Guru memberikan penjelasan dan memberikan
pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat
c.
Guru bersama siswa merefleksi proses
pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan,
perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa
|
|
|
||
V. Sumber/Bahan/Alat Belajar:
· Guru
· VCD
· Buku
paket Pelajaran Bahasa Arab
· Ruang multimedia
VI. Penilaian:
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
|
·
Menirukan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan tepat
·
Melafalkan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan intonasi
yang tepat
·
Menyampaikan informasi sederhana sesuai konteks
·
Mengajukan pertanyaan sesuai konteks
·
Menjawab pertanyaan
sesuai konteks
·
Menceritakan keadaan/kegiatan sesuai konteks
·
Melakukan percakapan sesuai konteks
|
Praktek (demonstra-si)
Ulangan harian
Tugas individu/ kelompok
|
wawancara, demons-trasi
|
1. Sampaikan
informasi sesuai konteks
2. Ajukan
pertanyaan sesuai konteks
3. Jawab
pertanyaan sesuai konteks
4. Ceritakan
keadaan/kegiatan sesuai konteks
5. Lakukan
percakapan sesuai konteks
|
KRITERIA PENILAIAN
- Berbicara
No
|
Nama
|
Kriteria
|
Skor
|
|||
Ketepatan
kata/ungkapan
|
Kelancaran
|
Ketepatan
Intonasi
|
Kontekstual
|
|||
25
|
25
|
20
|
30
|
100
|
||
1
|
Heri Darmawan
|
20
|
20
|
20
|
25
|
85
|
2
|
Roby
|
20
|
10
|
20
|
25
|
75
|
3
|
Joni
|
25
|
20
|
10
|
30
|
85
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui 19 Juli
2010
Kepala MA Jakarta Pusat Guru Mata
Pelajaran Bahasa Arab
Nasrullah Harun Ripki
Atkia, S.Pd.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : MA JAKARTA PUSAT
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Status Pendidikan : Madarasah Aliyah
Kelas / Semester : XII / I
Alokasi Waktu : 2 jam
pelajaran
Standar Kompetensi:
3. Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog
tentang kebudayaan dan tokoh-tokoh Islam
Kompetensi dasar:
MEMBACA
3.1
Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat dan wacana
tulis dengan benar
3.2
Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat dan
benar
3.3
Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana tulis secara
tepat
I. Tujuan
Pembelajaran :
Setelah proses
pembelajaran selesai, siswa diharapkan mampu: Membaca nyaring kata, frasa dan atau kalimat, mengidentifikasi tema wacana, memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau
rinci dari wacana tulis tentang hobi dan wisata.
II. Materi Pembelajaran :
- Wacana tentangُ : busana, misalnya :
راشد يريد أن يذهب إلىالسوق. رشيد يريد أن ييع قميصا. هذه
قمصان جميلة : هذا قميص الابيض، و هذا
قميص أصفر، هذا قميص أحمر، و هذا قميص
الابيض بعشرين ريالا، قميص الأصفر بثلاثين ريالا, والقميص الاحمر, بأربعين ريالا،
راشد يريد قميص الابيض، راشد يحب ا للون الابيض،
ولا يحب اللون الاحمر.
- Wacana tentang القاضى العادل
أراد أحمد
أن يذهب إلى مكة لاداء الحج، فجمع ماله وكان دنانبر من الذهب. وضع أحمد تلك
الدنانير الذهبية في كيس وذهب إلى أحد التجار وطلب منه أن يحفظ له الكيس إلى أن
يعود من مكة.
مهارة
القرأة. الكتاب الثاني، ص : 29
- Wacana dengan judul
الطالب الذكي :
أستيقض
أحمد من نومه ميكرا ، بعد ليلة طويلة، لم ينم فيها كثيرا . نظر أحمد إلى ساعته،
كانت تقترب من الثالثة صباحا. بعد قليل إرتفع صوت المؤذن عاليا، فى القرية فشعر أحمد بالاطمئنان ثم وثب من
فراشه وتوضاء ثم صلى الفجر . بعد الصلاة ، دعا أحمد ربه قائلا : يارب ....... النجاح .
عاد
أحمد إلى فراشه مرة ثانية ، ينتظر طلوع الشمس ، ليذهب إلى المدينة ، في أول سيارة
، فاليوم ستعلن نتائج كلية الطب .
· أخذ أحمد يفكر فى الماضي . كان تلميذا في المدرسة المتوسطة
وكان يحب المدرسة كثيرا وفحاة مات والده ، فحزن عليه ثم ترك المدرسة ، ليساعد أمه
وإخوته وأخوانه.
III. Metode:
·
Modelling
·
Diskusi
IV. Langkah
Pembelajaran:
NO
|
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
|
1
|
Pendahuluan
|
|
15 menit
|
|
|
a.
Guru mengucapkan salam
sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
b.
Guru mengecek kehadiran siswa
c.
Guru menyampaikan
informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar
dan indikator pencapaian.
d.
Guru meminta salah
seorang siswa untuk menyebutkan hobi dan wisata
e.
Guru meminta salah
seorang siswa yang lain untuk menyebutkan beberapa istilah yang berkenaan
dengan hobi dan wisata
f.
Guru memaparkan
istilah-istilah penting yang berkenaan dengan hobi dan wisata
|
Pengalaman
pribadi
Guru
|
|
|
2
|
Kegiatan Inti
|
|
60 menit
|
|
|
a.
Menirukan lafal guru
dalam membaca kata/frasa/kalimat
b.
Membaca wacana dengan
nyaring di depan kelas
c.
Membentuk diskusi
kelompok
d.
Menentukan tema wacana
tulis
e.
Membaca wacana tulis
f.
Menentukan informasi
umum
g.
Menentukan informasi
tertentu dalam kerja kelompok
h.
Menyusun
guntingan-guntingan kalimat menjadi wacana dalam kerja kelompok
i.
Menjawab pertanyaan
mengenai informasi rinci dari wacana tulis
|
Kitab
Al Arabiah lin Nasyiin
Kitab
Al Arabiah lin Nasyiin
Buku
Nahwu
|
|
|
3
|
Penutup
|
|
15 menit
|
|
|
a.
Guru memberikan
pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar kepada beberapa siswa.
b.
Guru memberikan penjelasan dan memberikan
pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat
c.
Guru bersama siswa merefleksi proses
pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan,
perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa
|
Instrumen
soal latihan
|
|
|
V. Sumber/Bahan/Alat Belajar :
· Buku
· Ruang
multimedia
· LCD
VI. Penilaian:
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
|
·
Melafalkan kata/frasa/kalimat dengan tepat
·
Melafalkan kata/frasa/kalimat dengan tepat
·
Membaca nyaring kata/frasa /kalimat dengan intonasi dan
lafal yang tepat
·
Menentukan tema wacana tulis
·
Menentukan ide pokok dari wacana tulis
·
Menentukan informasi rinci dari wacana tulis
·
Menafsirkan makna kata/ungkapan sesuai konteks
·
Menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu dari
wacana tulis
·
Mencocokkan tulisan dengan gambar/bagan/ denah dsb.
·
Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari
wacana tulis
|
Tugas individu
Tugas kelompok
Test tulis
|
Membaca nyaring
Memilih dan menja-wab
Ulangan harian
|
1. Bacalah
dengan benar teks berikut!
2. Temukan
ide pokok dari setiap paragraf!
3. Jawablah
pertanyaan berikut dengan benar!
|
KRITERIA PENILAIAN
- Membaca
No
|
Nama
|
Kriteria
|
Skor
|
|||
Ketepatan/
Kelancaran
|
Menemukan
informasi tersurat
|
Menemukan
ide pokok
|
Menemukan
pesan
|
|||
20
|
25
|
25
|
30
|
100
|
||
1
|
Buyung
|
10
|
10
|
20
|
20
|
60
|
2
|
Joy
|
20
|
10
|
20
|
20
|
70
|
3
|
Zulkifli
|
20
|
20
|
20
|
20
|
80
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui 19 Juli
2010
Kepala MA Jakarta Pusat Guru Mata
Pelajaran Bahasa Arab
Nasrullah Harun Ripki
Atkia, S.Pd.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : MA JAKARTA PUSAT
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Status Pendidikan : Madarasah Aliyah
Kelas / Semester : XII / I
Alokasi Waktu : 2 jam
pelajaran
Standar Kompetensi:
4. Mengungkapkan informasi secara
tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang kebudayaan dan tokoh-tokoh Islam
Kompetensi dasar:
MENULIS
4.1
Menulis kata, frasa,dan
kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda
baca yang tepat dan benar
4.2
Mengungkapkan gagasan atau
pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa, dan
struktur yang benar
I. Tujuan
Pembelajaran:
Setelah selesai
proses pembelajaran, siswa diharapkan mampu menulis kata, frasa dan kalimat
dengan menggunakan khat riq’ah serta dapat menyusun paragraf sesuai tema hobi dan wisata
II. Materi Pembelajaran:
- Menyusun kata menjadi kalimat yang benar, misalnya :
a)
راشد - قميصا - أن يذهب -
أن ييع رشيد – إلىالسوق - يريد ا- يريد
b)
أحمد-
من نومه - بعد– أستيقض – ميكرا - ليلة طويلة.
- Menulis dikte, misalnya:
قميص الابيض - قميص
أصفر - قميص أحمر
- Melengkapi wacana, misalnya :
اريد ... بلباس الاحمر
- أن بلبس
- أن ياءكل
- Menyusun
kalimat hingga menjadi wacana dengan menggunakan kalimat di bawah ini :
- استيقظ أحمد من نومه
مبكرا
- نظر أحمد
إلى ساعته .
- كان أحمد
ينتظر طلوع الشمس
- أخذ أحمد
يفكر في الماضي
- ترك أحمد
المدرسة ليساعد أمه .
- كان في
السيارة راكب واحد .
- Qawaid:
أ) ألفعل المضارع المنصوب
· ب) ألفعل المضارع المخزوم
III. Metode:
·
Modelling
·
Diskusi
IV. Langkah
Pembelajaran:
NO
|
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
1
|
Pendahuluan
|
|
15
|
|
a.
Guru mengucapkan salam
sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
b.
Guru mengecek kehadiran siswa
c.
Guru menyampaikan
informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar
dan indikator pencapaian.
d.
2 orang siswa menulis
ayat ke dua dari surat al Fatihah dengan khat riq’ah di papan tulis.
e.
Guru menulis kembali
ayat tersebut dengan khat riq’ah
|
Kitab Al Qur’an
Buku panduan kaligrafii
|
|
2
|
Kegiatan Inti
|
|
60 menit
|
|
a.
Menyalin khat riq’ah
yang dicontohkan oleh guru
b.
Menulis kata-kata, frasa
atau kalimat yang didiktekan guru
c.
Melengkapi wacana dengan
kosa kata yang tersedia
d.
Menyusun frasa/kalimat
yang tersedia menjadi sebuah paragraf
e.
Membuat cerita
berdasarkan gambar
f.
Membuat wacana pendek
sesuai tema.
|
Buku kaligrafi
Buku paket
Instrumen latihan
|
|
3
|
Penutup
|
|
15 menit
|
|
a.
Guru memberikan pertanyaan
lisan/ soal latihan hasil belajar kepada beberapa siswa.
b. Guru
memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang
tepat
c. Guru
bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung,
meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa
|
Buku paket
|
|
V. Sumber/Bahan/Alat Belajar:
· Guru
· Buku
paket pelajaran Bahasa Arab Program Bahasa Asing
· Ruang kelas
VI. Penilaian:
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
|
·
Menulis kalimat dengan khat riq’ah
·
Menulis kata-kata, frasa atau kalimat yang didektekan
oleh guru
·
Menyusun kata / frasa menjadi kalimat dengan struktur
yang tepat
·
Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi wacana
·
Membuat wacana/cerita sesuai tema
|
Tugas individu
|
Tes tulis
uraian
Ulangan harian
|
1. Menyusun
kata / frasa menjadi kalimat dengan struktur yang tepat
2. Menyusun
frasa/kalimat yang tersedia menjadi wacana
3.
Membuat wacana/cerita sederhana sesuai tema
|
KRITERIA PENILAIAN
- Menulis
No
|
Nama
|
Kriteria
|
Skor
|
|||
Ketepatan
Tulisan
|
Keindahan
|
Ketepatan
kaidah
|
Pengembangan
ide
|
|||
20
|
20
|
30
|
30
|
100
|
||
1
|
Deni
|
15
|
15
|
20
|
20
|
70
|
2
|
Fauzan
|
15
|
20
|
20
|
15
|
70
|
3
|
Oji
|
15
|
20
|
15
|
20
|
70
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui 19 Juli
2010
Kepala MA Jakarta Pusat Guru Mata
Pelajaran Bahasa Arab
Nasrullah Harun Ripki
Atkia, S.Pd.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : MA JAKARTA PUSAT
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Status Pendidikan : Madarasah Aliyah
Kelas / Semester : XII / 2
Alokasi Waktu : 2 jam
pelajaran
Standar Kompetensi:
5. Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang layanan
umum dan pekerjaan
Kompetensi dasar:
Menyimak
5.1. Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau
kalimat ) dalam suatu konteks dengan tepat
5.2. Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai
bentuk wacana lisan tentang wawasan Islam secara tepat
I.
Tujuan Pembelejaran:
Setelah Proses
Pembelajaran, diharapkan siswa mampu: Mengidentifikasi dan menangkap makna,
gagasan atau ide dari berbagai wacana lisan secara tepat mengenai layanan umum dan pekerjaan.
II. Materi Pembelajaran:
Dialog dengan cara Menjodohkan bagian A dan bagian B.
Misalnya :
القائمة (أ)
أ- عمر بن الخطاب والدرّه .
ب- تنفذ القوانين على العامة
فحسب .
ج- المخزومية التي سرقت .
د- من صور المساواة عند
المسلمين .
هـ قبّل عمر عليا
بعد أن حكم بينه وبين خصمه
و- وليت عليكم ولست
بخيكم .
القائمة (ب)
أ- علي بن أبي طالب والخصم
ب- أسامة بن زيد .
ج- عندما ولي أبو بكر الخلافة.
د- طلب تنفيدالقصاص فى نفسه
هـ الدول الكبرى قبل الإسلام .
و- الصلاة والحج في الإسلام
III. Metode:
·
Inkuiri
·
Diskusi
IV. Langkah
Pembelajaran:
NO
|
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
1
|
Pendahuluan
|
|
15 menit
|
|
· Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan
menanyakan kabar siswa.
·
Guru mengecek kehadiran siswa
·
Guru bersama siswa mengecek kesiapan
perangkat pembelajaran
· Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan
disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
· Siswa menyebutkan kata-kata yang biasa dipakai dalam layanan umum dan pekerjaan.
· Siswa menyebutkan ungkapan-ungkapan yang biasa dipakai
dalam layanan umum dan pekerjaan.
|
Pengalaman pribadi
|
|
2
|
Kegiatan Inti
|
|
60 menit
|
|
· Mendengarkan wacana lisan menggunakan berbagai media.
· Menyebutkan kata-kata yang didengar
· Mencocokkan gambar dengan ujaran yang didengar
· Menuliskan beberapa kata yang didengar dengan bantuan
guru
· Menentukan benar atau salah ujaran yang di dengar
· Mendengarkan wacana lisan dengan menggunakan berbagai
media (guru atau tape)
· Mendiskusikan isi wacana lisan
· Menuliskan isi wacana lisan secara umum
· Memaparkan isi wacana lisan secara umum
|
Guru/Buku Paket
Kartu kata
|
|
3
|
Penutup
|
|
15 menit
|
|
· Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil
belajar
· Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan
konsep jika ada yang kurang tepat
· Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang
telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan
yang dihadapi siswa
|
Instrumen latihan
|
|
V. Sumber/Bahan/Alat Belajar:
· Guru
· Buku
paket Pelajaran Bahasa Arab
· Laboratorium
Bahasa
VI. Penilaian:
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
|
· Mencocokkan
tulisan dengan kata, frasa atau kalimat yang didengar
· Melengkapi
kalimat dengan kata yang disediakan
· Menentukan
benar/salah ujaran yang didengar
· Menentukan
tema dari wacana lisan
· Menentukan
ide pokok dari wacana lisan.
· Mengungkapkan
kembali informasi rinci dari wacana lisan.
· Mengidentifikasi
kosa kata-kosa kata baru atau sulit
|
Tugas individu
(menyimak dialog)
Tugas Kelompok
(menentukan tema, ide pokok,
menulis
|
Test : Tulis
(Ulangan harian
|
1.
Tentukan ide pokok dari wacana lisan.
2.
Ungkapkan kembali informasi rinci dari wacana lisan.
3.
Identifikasi kosa kata-kosa kata baru atau sulit
|
KRITERIA PENILAIAN
- Menyimak
No
|
Nama
|
Kriteria
Dan Skala Penskoran
|
Skor
|
|||
Mengidentifikasi
tema
|
Menemukan
informasi tersurat
|
Menemukan
pesan
|
Menceritakan
kembali isi wacana
|
|||
1-15
|
1-20
|
1-30
|
1-35
|
100
|
||
1
|
Sihabudin
|
15
|
15
|
25
|
30
|
85
|
2
|
Dado
|
10
|
10
|
25
|
30
|
65
|
3
|
Hilman
|
15
|
10
|
25
|
20
|
65
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui 19 Juli
2010
Kepala MA Jakarta Pusat Guru Mata
Pelajaran Bahasa Arab
Nasrullah Harun Ripki
Atkia, S.Pd.I
RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : MA JAKARTA PUSAT
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Status Pendidikan : Madarasah Aliyah
Kelas / Semester : XII / 2
Alokasi Waktu : 2 jam
pelajaran
Standar Kompetensi:
6. Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk
paparan atau dialog tentang layanan umum dan pekerjaan
Kompetensi Dasar:
BERBICARA
6.1
Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan sesuai
konteks dengan lafal yang tepat
6.2
Melakukan dialog
sesuai konteks dengan tepat dan lancar
I.
Tujuan Pembelajaran:
Setelah Proses
Pembelajaran, diharapkan siswa mampu: Mengidentifikasi dan menangkap makna,
gagasan atau ide dari berbagai wacana lisan secara tepat mengenai layanan umum dan pekerjaan.
II. Materi Pembelajaran:
Wacana dengan Tema :
a) Globalisasi ( العولمة )
هناك من يرى في العولمه دعوة إلى تقسيم العمل، وانتشار الثقافة من مراكزها في
العالم المتقدم اقتصاديا، إلىأقصى أطراف الارض، ومن ثم زيادة الإنتاج. وهو في سبيل
ذلك، مستعد لآن يغفر للعولمة أي تأثير سلبي يمكن أن ينتج عنها على الهوية
الثقافية.بل هو مستعد للقول ، بأنّ هذا
الأثر السلبي على الهوية يسير ، بل قد يذهب إلىالقول ، بأن الهوية الثقافية
سوف تفيد من العولمة.
العربية
بين يديك . كتاب الطالب الثاني
ص : 216
b) Persamaan dalam Islam
المساوة
في الاسلام
قرر الإسلام
مبدأ المساوة، كما قرر مبدأ الحرية ولإخاء في العالم، وقد سبق في ذلك دعاة
المبادىء في العصر الحديث. وإنما دعا الإسلام إلى هذه البادىء طبقها النبي (ص)
وتبعه الصحابة، وعمت المجتمع الإسلامي في أقطار الآرض. ونذكر فيما يلي صورا عملية
للمساوا ة. ا- التكليف الشرعية ب- الصلاة.
ج- تنفذ الحدود. د- يراعى تنفيذ
القصاص بين الناس جميعا.
العربية بين يديك . كتاب الطالب الثالث. ص : 193
2
ص 32)
III. Metode:
·
Modeling
·
Inpairing
IV. Langkah
Pembelajaran:
NO
|
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
||
1
|
Pendahuluan
|
|
15 menit
|
||
|
a.
Guru mengucapkan salam
sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
b.
Guru mengecek kehadiran siswa
c.
Guru menyampaikan
informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar
dan indikator pencapaian.
d.
Guru meminta salah
seorang siswa untuk menyebutkan kembali kata-kata dan ungkapan-ungkapan yang
telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
e.
Guru meminta salah
seorang siswa untuk menyebutkan poin-poin yang ditanyakan pada layanan umum dan pekerjaan.
f.
Guru meminta salah
seorang siswa untuk menceritakan pengalaman tentang layanan umum dan pekerjaan
|
|
|
||
2
|
Kegiatan Inti
|
|
60 menit
|
||
|
a.
Menirukan lafal guru
dalam membaca kata/frasa/kalimat
b.
Membaca wacana dengan
nyaring di depan kelas
c.Membuat kelompok diskusi
d.
Menentukan tema wacana
tulis
e. Membaca wacana tulis
f.
Menentukan informasi umum
g.
Menentukan informasi
tertentu dalam kerja kelompok
h. Menyusun guntingan-guntingan kalimat menjadi wacana
dalam kerja kelompok
i.
Menjawab pertanyaan
mengenai informasi rinci dari wacana tulis
|
|
|
||
3
|
Penutup
|
|
15 menit
|
||
|
a. Guru
memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar
b.
Guru memberikan penjelasan dan memberikan
pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat
Guru
bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung,
meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa
|
|
|
||
V. Sumber/Bahan/Alat Belajar:
· Guru
· VCD
· Buku
paket Pelajaran Bahasa Arab
· Ruang multimedia
VI. Penilaian:
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
|
Ø Melafalkan kata/frasa/kalimat dengan
tepat
Ø Membaca nyaring kata/frasa /kalimat
dengan intonasi dan lafal yang tepat
Ø Menentukan tema wacana tulis
Ø Menentukan ide pokok dari wacana
tulis
Ø Menentukan informasi rinci dari
wacana tulis
Ø Menafsirkan makna kata/ungkapan
sesuai konteks
Ø Menjawab pertanyaan mengenai
informasi tertentu dari wacana tulis
Ø Mencocokkan tulisan dengan
gambar/bagan/ denah dsb.
Ø Menjawab pertanyaan mengenai
informasi rinci dari wacana tulis
|
Praktek
(demonstrasi)
Ulangan
harian
Tugas
individu/ kelompok
Test
: praktik
|
Wawancara,
bermain peran dan demonstrasi
|
Mainkan sebuah drama dengan tema sesuai
KONTEKS...?
|
KRITERIA PENILAIAN
- Berbicara
No
|
Nama
|
Kriteria
|
Skor
|
|||
Ketepatan
kata/ungkapan
|
Kelancaran
|
Ketepatan
Intonasi
|
Kontekstual
|
|||
25
|
25
|
20
|
30
|
100
|
||
1
|
Ical
|
20
|
20
|
20
|
25
|
85
|
2
|
Datuk
|
20
|
10
|
20
|
25
|
75
|
3
|
Nasori
|
25
|
20
|
10
|
30
|
85
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui 19 Juli
2010
Kepala MA Jakarta Pusat Guru Mata
Pelajaran Bahasa Arab
Nasrullah Harun Ripki
Atkia, S.Pd.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : MA JAKARTA PUSAT
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Status Pendidikan : Madarasah Aliyah
Kelas / Semester : XII / 2
Alokasi Waktu : 2 jam
pelajaran
Standar Kompetensi:
7.
Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog tentang layanan umum
dan pekerjaan
Kompetensi dasar:
MEMBACA
7.1
Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat dan wacana
tulis dengan tepat dan benar
7.2
Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat dan
benar
7.3
Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana tulis dengan
tepat
I. Tujuan
Pembelajaran :
Setelah Proses
Pembelajaran, diharapkan siswa mampu: Mengidentifikasi dan menangkap makna,
gagasan atau ide dari berbagai wacana lisan secara tepat mengenai layanan umum dan pekerjaan..
II. Materi Pembelajaran :
Wacana tentang:
Wacana dengan Tema :
a) Globalisasi ( العولمة )
هناك من يرى في العولمه دعوة إلى تقسيم العمل، وانتشار الثقافة من مراكزها في
العالم المتقدم اقتصاديا، إلىأقصى أطراف الارض، ومن ثم زيادة الإنتاج. وهو في سبيل
ذلك، مستعد لآن يغفر للعولمة أي تأثير سلبي يمكن أن ينتج عنها على الهوية
الثقافية.بل هو مستعد للقول ، بأنّ هذا
الأثر السلبي على الهوية يسير ، بل قد يذهب إلىالقول ، بأن الهوية الثقافية
سوف تفيد من العولمة.
العربية
بين يديك . كتاب الطالب الثاني
ص : 216
b) Persamaan dalam Islam
المساوة
في الاسلام
قرر الإسلام
مبدأ المساوة، كما قرر مبدأ الحرية ولإخاء في العالم، وقد سبق في ذلك دعاة
المبادىء في العصر الحديث. وإنما دعا الإسلام إلى هذه البادىء طبقها النبي (ص)
وتبعه الصحابة، وعمت المجتمع الإسلامي في أقطار الآرض. ونذكر فيما يلي صورا عملية
للمساوا ة. ا- التكليف الشرعية ب- الصلاة.
ج- تنفذ الحدود. د- يراعى تنفيذ
القصاص بين الناس جميعا.
العربية بين يديك . كتاب الطالب الثالث. ص : 193
III. Metode :
·
Modelling
·
Diskusi
IV. Langkah
Pembelajaran:
NO
|
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
|
1
|
Pendahuluan
|
|
15 menit
|
|
|
a.
Guru mengucapkan salam
sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
b.
Guru mengecek kehadiran siswa
c.
Guru menyampaikan
informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar
dan indikator pencapaian.
d.
Guru meminta salah
seorang siswa untuk menyebutkan layanan umum dan pekerjaan
e.
Guru meminta salah
seorang siswa yang lain untuk menyebutkan beberapa istilah yang berkenaan
dengan layanan umum dan pekerjaan.
f.
Guru memaparkan
istilah-istilah penting yang berkenaan dengan layanan umum dan pekerjaan.
|
Pengalaman
pribadi
Guru
|
|
|
2
|
Kegiatan Inti
|
|
60 menit
|
|
|
a.
Menirukan lafal guru
dalam membaca kata/frasa/kalimat
b.
Membaca wacana dengan
nyaring di depan kelas
c.Membuat kelompok diskusi
d.
Menentukan tema wacana
tulis
e. Membaca wacana tulis
f.
Menentukan informasi
umum
g.
Menentukan informasi
tertentu dalam kerja kelompok
h. Menyusun guntingan-guntingan kalimat menjadi wacana
dalam kerja kelompok
i.
Menjawab pertanyaan
mengenai informasi rinci dari wacana tulis
|
Kitab
Al Arabiah lin Nasyiin
Kitab
Al Arabiah lin Nasyiin
Buku
Nahwu
|
|
|
3
|
Penutup
|
|
15 menit
|
|
|
a.
Guru memberikan
pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar kepada beberapa siswa.
b. Guru
memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang
tepat
c. Guru
bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung,
meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa
|
Instrumen
soal latihan
|
|
|
V. Sumber/Bahan/Alat Belajar :
· Buku
· Ruang
multimedia
· LCD
VI. Penilaian:
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
|
·
Melafalkan kata/frasa/kalimat dengan tepat
·
Membaca nyaring kata/frasa /kalimat dengan intonasi dan
lafal yang tepat
· Menentukan
tema wacana tulis
· Menentukan
ide pokok dari wacana tulis
· Menentukan
informasi rinci dari wacana tulis
· Menafsirkan
makna kata/ungkapan sesuai konteks
· Menjawab
pertanyaan mengenai informasi tertentu dari wacana tulis
·
Mencocokkan tulisan dengan gambar/bagan/ denah dsb.
·
Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari
wacana tulis
|
Tugas individu
Tugas kelompok
|
Membaca nyaring
Test praktek
Diskusi
Diskusi
Test tulis
Memilih dan menjawab
Ulangan harian
|
1.
Tentukan tema wacana tulis
2.
Tentukan ide pokok dari wacana tulis
3.
Tentukan informasi rinci dari wacana tulis
4.
Tafsirkan makna kata/ungkapan sesuai konteks
|
KRITERIA PENILAIAN
- Membaca
No
|
Nama
|
Kriteria
|
Skor
|
|||
Ketepatan/
Kelancaran
|
Menemukan
informasi tersurat
|
Menemukan
ide pokok
|
Menemukan
pesan
|
|||
20
|
25
|
25
|
30
|
100
|
||
1
|
Anwar
|
10
|
10
|
20
|
20
|
60
|
2
|
Bray
|
20
|
10
|
20
|
20
|
70
|
3
|
Awik
|
20
|
20
|
20
|
20
|
80
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui 19 Juli
2010
Kepala MA Jakarta Pusat Guru Mata
Pelajaran Bahasa Arab
Nasrullah Harun Ripki
Atkia, S.Pd.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : MA JAKARTA PUSAT
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Status Pendidikan : Madarasah Aliyah
Kelas / Semester : XII / 2
Alokasi Waktu : 2 jam
pelajaran
Standar Kompetensi:
8. Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk
paparan atau dialog tentang layanan umum dan pekerjaan
Kompetensi dasar:
MENULIS
8.1 Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat
dan benar
8.2 Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis
dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang benar
I. Tujuan
Pembelajaran:
Setelah Proses
Pembelajaran, diharapkan siswa mampu: Mengidentifikasi dan menangkap makna,
gagasan atau ide dari berbagai wacana lisan secara tepat mengenai layanan umum dan pekerjaan.
II. Materi Pembelajaran:
a)
Menulis dikte, misalnya:
-
قراءت قصة مصعب في كتاب الغة العربية
-
كان مصعب رجلا غنيا من أشرف القريش
-
فاحتار النبي مصعبا ليقوم من هذه المهمة
b) Menyusun kata menjadi kalimat yang benar.
مصعب – نشأ – في أسرة كريمة – في
مكة المكرمة.
c) Menyusun kalimat hingga
menjadi wacana misalnya :
كانت العولمة للمتحادثات فرقين :
فريقا يدعو إلى العولمة وفريقا يرفض العولمة . يقول الفريق الأول : سنؤدّي العولمة
إلى تنمية جميع الدول ، خاصة الدول الفقيرة . يقول الفرق الثاني إن العولمة سنؤدّي
إلى هيمنة الدول الغنية على الدول الفقيرة .
d) Menyusun kalimat hingga
menjadi alenia dengan kalimat yang sudah tersedia, misalnya :
-
كانت السيدة خديجة محبوبة لذكائها
- كان النبي
(ص) قبل النبوة ، مشهورا بالأمانة والصدق .
- ذهب ميسرة
مع محمد إلى الشام
- نزلت الآيات
الأولي من القرأن ، في غار حراء
- انطلق محمد
إلى داره
- السيدة
خديجة أول من أمن بالنبي محمد (ص)
e)
Qawaid:
1.
رفع الأسماء
2.
نصب
الاسماء
III. Metode:
·
Modelling
·
Diskusi
IV. Langkah
Pembelajaran:
NO
|
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
1
|
Pendahuluan
|
|
15
|
|
a.
Guru mengucapkan salam
sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
b.
Guru mengecek kehadiran siswa
c.
Guru menyampaikan
informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar
dan indikator pencapaian.
|
Kitab Al Qur’an
Buku panduan kaligrafii
|
|
2
|
Kegiatan Inti
|
|
60 menit
|
|
a.
Menulis kata-kata, frasa
atau kalimat yang didiktekan guru
b.
Melengkapi wacana dengan
kosa kata yang tersedia
c.
Menyusun frasa/kalimat
yang tersedia menjadi sebuah paragraf
d.
Membuat cerita
berdasarkan gambar
e.
Membuat wacana pendek
sesuai tema.
|
Buku kaligrafi
Buku paket
Instrumen latihan
|
|
3
|
Penutup
|
|
15 menit
|
|
a.
Guru memberikan
pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar kepada beberapa siswa.
b. Guru
memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang
tepat
c. Guru
bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung,
meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa
|
Buku paket
|
|
V. Sumber/Bahan/Alat Belajar:
· Guru
· Buku
paket pelajaran Bahasa Arab Program Bahasa Asing
· Ruang kelas
VI. Penilaian:
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
|
·
Menulis kata-kata, frasa atau kalimat yang didiktekan
guru
·
Melengkapi wacana dengan kosa kata yang tersedia
·
Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi sebuah
paragraf
·
Membuat cerita berdasarkan gambar
·
Membuat wacana pendek sesuai tema.
|
Individu (khat), kelompok (membuat
wacana)
|
Tes tulis
|
A. Salinlah tulisan ayat berikut ini ke dalam
khat riq’ah.....?
|
KRITERIA PENILAIAN
- Menulis
No
|
Nama
|
Kriteria
|
Skor
|
|||
Ketepatan
Tulisan
|
Keindahan
|
Ketepatan
kaidah
|
Pengembangan
ide
|
|||
20
|
20
|
30
|
30
|
100
|
||
1
|
Luna
|
15
|
15
|
20
|
20
|
70
|
2
|
Maya
|
15
|
20
|
20
|
15
|
70
|
3
|
Ayu
|
15
|
20
|
15
|
20
|
70
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui 19 Juli
2010
Kepala MA Jakarta Pusat Guru Mata
Pelajaran Bahasa Arab
Nasrullah Harun Ripki
Atkia, S.Pd.I
Tidak ada komentar:
Posting Komentar