Rabu, 12 Desember 2012

RPP Bahasa Arab kelas X

bismillah...



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah         :     MA JAKARTA PUSAT
Mata Pelajaran        :     Bahasa Arab
Status Pendidikan :     Madarasah Aliyah
Kelas / Semester    :     X / I
Alokasi Waktu         :     3  jam pelajaran


Standar Kompetensi:
Memahami informasi lisan, Mengungkapkan informasi secara lisan, Memahami wacana tulis dan Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dengan struktur kalimat yang tepat dan benar
Kompetensi dasar:
1. Menyimak
1.1 Mengidentifikasi kata, frasa atau kalimat dalam suatu konteks secara tepat
1.2 Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan tentang perkenalan secara  tepat
2. Berbicara
2.1 Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan sesuai konteks tentang ta'aruf
2.2 Melakukan dialog  dengan lancar  sesuai konteks tentang ta'aruf

Indikator:
1. Menyimak
§ Mencocokkan tulisan dengan kata, frasa atau kalimat yang didengar
§ Melengkapi kalimat dengan kata yang disediakan
·   Menentukan benar/salah ujaran yang didengar
·    Menentukan tema dari wacana lisan
·    Menentukan ide pokok dari wacana lisan.
·    Mengungkapkan kembali informasi rinci dari wacana lisan.
2. Berbicara
·   Menirukan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan tepat
·   Melafalkan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan intonasi yang tepat
·   Menyampaikan informasi sesuai konteks
§ Mengajukan pertanyaan sesuai konteks
§ Menjawab pertanyaan sesuai konteks
·   Menceritakan keadaan/kegiatan sesuai konteks
·   Melakukan percakapan sesuai konteks

I.  Tujuan Pembelejaran:
Setelah Proses Pembelajaran, diharapkan siswa mampu: Mengungkapkan kembali isi wacana lisan secara rinci dan siswa mampu melakukan perkenalan dengan tepat

II. Materi Pembelajaran:
·   Perkenalan (التعارف)
الوحدة الاولى : البيانات الشحصية
الموظف         : هل أنت طالب ؟
الطالب  : نعم يا أستاذ
الموظف         : ما اسمك ؟
الطالب  : أذكياء
الموظف         : ما اسمك بالكامل ؟
الطالب  : أذكياء محرم البنتانى
الموظف         : أريد بياناتك الشخصية
الطالب  : هذه هى بطاقتى, تفضل !
الموظف         : شكرا
الطالب  : عفوا
الموظف         : يا فاطمة, هل أنت طالبة فى المدرسة الثانوية الاسلامية الحكومية ؟
الطالب  : لا يا أستاذ أنا أدرس فى المدرسة الثانوية الاسلامية الاهلية
الموظف         : هل معك بطاقة شخصية
الطالب  : نعم هذه هى البطاقة
III. Metode:
·   Inkuiri
·   Diskusi
IV. Langkah Pembelajaran:
NO
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/SUMBER
WAKTU
1
Pendahuluan

15 menit

a.         Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
b.         Guru mengecek kehadiran siswa
c.         Guru bersama siswa mengecek kesiapan perangkat pembelajaran
d.         Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
e.         Siswa menyebutkan kata-kata yang biasa dipakai dalam perkenalan
f.           Siswa menyebutkan ungkapan-ungkapan yang biasa dipakai dalam perkenalan






Pengalaman pribadi

2
Kegiatan Inti

60 menit

a.         Siswa mendengarkan wacana lisan yang dibacakan guru (diulang 3x)
b.         Siswa menyebutkan kata-kata yang didengar
c.         Siswa mencocokkan gambar dengan ujaran yang didengar
d.         Siswa menuliskan beberapa kata yang didengar dari guru
e.         Guru bersama siswa mengoreksi hasil kerja yang telah dilaksanakan
f.           Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok kecil
g.         Tiap kelompok terdiri dari 3-4 orang
h.         Tiap kelompok mendiskusikan isi wacana lisan yang dibacakan guru
i.           Tiap kelompok menuliskan isi wacana lisan secara umum
j.           Tiap kelompok mendelegasikan perwakilannya untuk membaca hasil pekerjaannya di depan ruangan laboratorium bahasa.
Guru/Buku Paket

Kartu kata

3
Penutup

15 menit

a.   Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar
b.   Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat
c.   Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa

Instrumen latihan


V. Sumber/Bahan/Alat Belajar:
·   Guru
·   Buku paket Pelajaran Bahasa Arab Kurikulum 2008
·   Kamus Bahasa Arab
·   Laboratorium Bahasa Terpadu
·   Buku Al Arobiyah Baina Yadaik
VI. Penilaian:
·    Proses (pada saat KBM berlangsung)
a. Jenis    : Individu dan Kelompok
b. Bentuk  : UH, UTS, UKK
c. Contoh  :
Simaklah dialog berikut kemudian jawablah pertanyaan berikut;
1.       Apa tema dialog tersebut
2.       Ceritakan kembali isi dialog dalam bentuk narasi
·    Hasil (tes tulis)

Mengetahui                                                                               19     Juli      2010
Kepala MA  Jakarta Pusat                                                          Guru Mata Pelajaran Bahasa Arab



Nasrullah Harun                                                                         Ripki Atkia, S.Pd.I


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah         :     MA JAKARTA PUSAT
Mata Pelajaran        :     Bahasa Arab
Status Pendidikan :     Madarasah Aliyah
Kelas / Semester    :     X / I
Alokasi Waktu         :     3  jam pelajaran


Standar Kompetensi:
Memahami informasi lisan, Mengungkapkan informasi secara lisan, Memahami wacana tulis dan Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dengan struktur kalimat yang tepat dan benar
Kompetensi dasar:
3. MEMBACA
3.1     Membaca nyaring  kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana tertulis dengan  tepat
3.2     Mengidentifikasi  tema wacana secara tepat
3.3     Memperoleh  informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis

4. MENULIS
4.1 Menulis kata, frasa,dan kalimat  dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat

Indikator:
     3 Membaca
§  Melafalkan kata/frasa/kalimat dengan tepat
§  Membaca nyaring kata/frasa /kalimat dengan intonasi dan lafal yang tepat
§  Menentukan tema wacana tulis
§  Menentukan ide pokok dari wacana tulis
§  Menentukan informasi rinci dari wacana tulis
§  Menafsirkan makna kata/ungkapan sesuai konteks
§  Menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu dari wacana tulis
§ Mencocokkan tulisan dengan gambar/bagan/ denah dsb.
§ Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana tulis

     4. Menulis
  • Menulis kalimat dengan khat riq’ah
  • Menulis kata-kata, frasa atau kalimat yang didektekan oleh guru
  • Menyusun kata / frasa menjadi kalimat dengan struktur yang tepat

I.  Tujuan Pembelajaran:
Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa mampu: Membaca Nas qiro'ah dengan makhroj serta intonasi secara baik dan benar serta siswa dapat menyusun kata-kata acak menjadi kalimat dengan tulisan khot rith'ih.

II. Materi Pembelajaran:
·   Membaca : بطاقة شخصية
   Terlampir

III. Metode:
·   Muthola'ah
·   Modeling

IV. Langkah Pembelajaran:
NO
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/SUMBER
WAKTU
1
Pendahuluan

15 menit

a.       Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
b.       Guru mengecek kehadiran siswa
c.       Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
d.       Guru meminta salah seorang siswa untuk menyebutkan kembali kata-kata dan ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
e.       Guru meminta salah seorang siswa untuk menyebutkan poin-poin yang ditanyakan pada saat berkenalan
f.        Guru meminta salah seorang siswa untuk menceritakan pengalaman saat berkenalan


2
Kegiatan Inti

60 menit

a.       Seluruh siswa mendengarkan contoh dialog yang diperagakan oleh guru (diulang 3x)
b.       Seluruh siswa menirukan kata, frasa atau ungkapan yang diucapkan guru
c.       Seluruh siswa secara bersama-sama menjadi partner guru dalam berdialog
d.       5 orang siswa maju ke depan untuk mempraktekkan dialog yang telah diprogramkan guru
e.       Setiap siswa mengajukan pertanyaan kepada teman di kelas
f.        Setiap siswa menjawab pertanyaan yang diajukan lawan bicara
g.       Setiap siswa melakukan percakapan dengan teman sekelas/sebaya
h.       setiap siswa menyalin khat riq’ah yang dicontohkan oleh guru
i.         Setiap siswa menulis kata-kata, frasa atau kalimat yang didiktekan guru
















Buku kaligrafi
Buku paket


3
Penutup

15 menit

a.     Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar
b.    Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat
c.     Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa









V. Sumber/Bahan/Alat Belajar:
·   Guru
·   VCD
·   Buku paket Pelajaran Bahasa Arab
·   Ruang multimedia
·   Buku Kaligrafi

VI. Penilaian:
·    Proses (pada saat KBM berlangsung)
a.       Jenis: kelompok
b.       Bentuk:
c.       Contoh:
·   Mainkan sebuah drama dengan tema perkenalan di sekolah
Kriteria Penilaian meliputi:
·   Kesesuaian tema
·   Ketepatan intonasi dan makhroj
·   Kekompakan
·   kelancaran
·    Hasil (ujian praktek lisan)

Mengetahui                                                                              19   Juli   2010
Kepala MA  Jakarta Pusat                                                          Guru Mata Pelajaran Bahasa Arab

 

Nasrullah Harun                                                                         Ripki Atkia, S.Pd.I


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah         :     MA JAKARTA PUSAT
Mata Pelajaran        :     Bahasa Arab
Status Pendidikan :     Madarasah Aliyah
Kelas / Semester    :     X / I
Alokasi Waktu         :     3  jam pelajaran


Standar Kompetensi:
Memahami informasi lisan, Mengungkapkan informasi secara lisan, Memahami wacana tulis dan Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan dengan struktur kalimat yang tepat dan benar
Kompetensi dasar:
  1. Menulis kata, frasa,dan kalimat  dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat
  2. Mengungkapkan informasi secara tertulis sesuai konteks yang dengan menggunakan kata,frasa  dengan huruf, ejaan , tanda baca dan struktur yang tepat

Indikator:
4. Menulis
  • Menulis kalimat dengan khat riq’ah
  • Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi wacana
  • Membuat wacana/cerita sesuai tema

I. Tujuan Pembelajaran            :                                                                    
Setelah proses pembelajaran selesai, siswa diharapkan mampu:
Menulis wacana tulis dengan tepat dan menyimpulkan wacana tulis dengan benar

II. Materi Pembelajaran            :
·   Menyusun Kalimat, Imla' serta Qowaid

III. Metode                    :
·   Modelling
·   Diskusi

IV. Langkah Pembelajaran:
NO
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/SUMBER
WAKTU
1
Pendahuluan

15 menit

a.       Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
b.       Guru mengecek kehadiran siswa
c.       Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
a.       2 orang siswa menulis ayat ke dua dari surat al Fatihah dengan khat riq’ah di papan tulis.
d.       Guru menulis kembali ayat tersebut dengan khat riq’ah Guru memaparkan istilah-istilah penting yang berkenaan dengan tempat tinggal




Kitab Al Qur’an
Buku panduan kaligrafii

2
Kegiatan Inti

60 menit

a.       setiap siswa menyalin khat riq’ah yang dicontohkan oleh guru.
b.       Setiap siswa menulis kata-kata, frasa atau kalimat yang didiktekan guru
c.       Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
d.       Setiap kelompok terdiri dari 5-6 orang
e.       Guru memberikan lembaran kertas kepada setiap kelompok berisikan:
1. wacana tulis yang masih belum legkap.
2. Kalimat-kalimat acak dari satu wacana.
f.        Setiap kelompok melengkapi wacana dengan kosa kata yang tersedia dan menyusun kalimat-kalimat tersebut menjadi sebuah wacana yang utuh.
g.       Hasil kerja kelompok dibacakan oleh perwakilan masing-masing kelompok.
h.       Setiap kelompok memberi masukan kepada kelompok lain.
a.       Setiap kelompok membuat wacana sesuai tema dengan memasukkan unsur kaidah tentang النكرة والمعرفة
Buku kaligrafi
Buku paket


Instrumen latihan

3
Penutup

15 menit

a.    Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar kepada beberapa siswa.
b.    Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat
c.     Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa
Instrumen soal latihan







V. Sumber/Bahan/Alat Belajar :
·   Buku Kaligrafi
·   Ruang multimedia
·   LCD
VI. Penilaian:
·    Proses (pada saat KBM berlangsung)
a. Jenis: Individu dan kelompok
b. Bentuk: Performa dan unjuk kerja
c. Contoh:
1. Tulislah dengan benar teks berikut!
2. Temukan ide pokok dari setiap paragraf!
3. Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!
·    Hasil (tes tulis, ulangan harian)


Mengetahui                                                                              19   Juli   2010
Kepala MA  Jakarta Pusat                                                          Guru Mata Pelajaran Bahasa Arab

 

Nasrullah Harun                                                                         Ripki Atkia, S.Pd.I


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah         :     MA JAKARTA PUSAT
Mata Pelajaran        :     Bahasa Arab
Status Pendidikan :     Madarasah Aliyah
Kelas / Semester    :     X / I
Alokasi Waktu         :     3  jam pelajaran


Standar Kompetensi:
·   Memahami informasi lisan, Mengungkapkan informasi secara lisan, Memahami wacana tulis dan Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan II dengan struktur kalimat yang tepat dan benar

Kompetensi dasar:
1. Menyimak
1.1 Mengidentifikasi kata, frasa atau kalimat dalam suatu konteks secara tepat
1.2 Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan tentang perkenalan secara  tepat

2. Berbicara
2.1 Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan sesuai konteks tentang ta'aruf
2.2 Melakukan dialog  dengan lancar  sesuai konteks tentang ta'aruf

I.  Tujuan Pembelajaran:
Setelah Proses Pembelajaran, diharapkan siswa mampu: Mengungkapkan kembali isi wacana lisan secara rinci dan siswa mampu melakukan perkenalan dengan tepat

II. Materi Pembelajaran:
            Terlampir :

III. Metode:
·   Modelling
·   Diskusi

IV. Langkah Pembelajaran:

NO
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/SUMBER
WAKTU
1
Pendahuluan

15 menit

a.    Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
b.    Guru mengecek kehadiran siswa
c.    Guru bersama siswa mengecek kesiapan perangkat pembelajaran
d.    Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
e.    Siswa menyebutkan kata-kata yang biasa dipakai dalam perkenalan
f.      Siswa menyebutkan ungkapan-ungkapan yang biasa dipakai dalam perkenalan






Pengalaman pribadi

2
Kegiatan Inti

60 menit

a.    Siswa mendengarkan wacana lisan yang dibacakan guru (diulang 3x)
b.    Siswa menyebutkan kata-kata yang didengar
c.    Siswa mencocokkan gambar dengan ujaran yang didengar
d.    Siswa menuliskan beberapa kata yang didengar dari guru
e.    Guru bersama siswa mengoreksi hasil kerja yang telah dilaksanakan
f.      Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok kecil
g.    Tiap kelompok terdiri dari 3-4 orang
h.    Tiap kelompok mendiskusikan isi wacana lisan yang dibacakan guru
i.      Tiap kelompok menuliskan isi wacana lisan secara umum
j.      Tiap kelompok mendelegasikan perwakilannya untuk membaca hasil pekerjaannya di depan ruangan laboratorium bahasa.
Guru/Buku Paket

Kartu kata

3
Penutup

15 menit

a.   Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar
b.   Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat
c.   Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa

Instrumen latihan


V. Sumber/Bahan/Alat Belajar:
·   Guru
·   Buku paket Pelajaran Bahasa Arab Kurikulum 2008
·   Kamus Bahasa Arab
·   Laboratorium Bahasa Terpadu
·   Buku Al Arobiyah Baina Yadaik
VI. Penilaian:
·    Proses (pada saat KBM berlangsung)
a. Jenis    : Individu dan Kelompok
b. Bentuk  : UH, UTS, UKK
c. Contoh  :
Simaklah dialog berikut kemudian jawablah pertanyaan berikut;
  1. Apa tema dialog tersebut
  2. Ceritakan kembali isi dialog dalam bentuk narasi

·    Hasil (tes tulis)
·    Hasil (ulangan harian)

Mengetahui                                                                              19   Juli   2010
Kepala MA  Jakarta Pusat                                                          Guru Mata Pelajaran Bahasa Arab

 

Nasrullah Harun                                                                         Ripki Atkia, S.Pd.I


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah         :     MA JAKARTA PUSAT
Mata Pelajaran        :     Bahasa Arab
Status Pendidikan :     Madarasah Aliyah
Kelas / Semester    :     X / I
Alokasi Waktu         :     3  jam pelajaran


Standar Kompetensi:
Memahami informasi lisan, Mengungkapkan informasi secara lisan, Memahami wacana tulis dan Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan II dengan struktur kalimat yang tepat dan benar

Kompetensi dasar:
3. MEMBACA
3.4     Membaca nyaring  kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana tertulis dengan  tepat
3.5     Mengidentifikasi  tema wacana secara tepat
3.6     Memperoleh  informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis

4. MENULIS
4.1 Menulis kata, frasa,dan kalimat  dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat

Indikator:
3 Membaca
§  Melafalkan kata/frasa/kalimat dengan tepat
§  Membaca nyaring kata/frasa /kalimat dengan intonasi dan lafal yang tepat
§  Menentukan tema wacana tulis
§  Menentukan ide pokok dari wacana tulis
§  Menentukan informasi rinci dari wacana tulis
§  Menafsirkan makna kata/ungkapan sesuai konteks
§  Menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu dari wacana tulis
§ Mencocokkan tulisan dengan gambar/bagan/ denah dsb.
§ Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana tulis

4. Menulis
  • Menulis kalimat dengan khat Naskhi
  • Menulis kata-kata, frasa atau kalimat yang didektekan oleh guru
  • Menyusun kata / frasa menjadi kalimat dengan struktur yang tepat

II.      Tujuan Pembelajaran:
Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa mampu: Membaca Nas qiro'ah dengan makhroj serta intonasi secara baik dan benar serta siswa dapat menyusun kata-kata acak menjadi kalimat dengan tulisan khot Naskhi.

II. Materi Pembelajaran:
·   Membaca : المرافق العامة
   Terlampir

III. Metode:
·   Muthola'ah
·   Modeling

IV. Langkah Pembelajaran:
NO
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/SUMBER
WAKTU
1
Pendahuluan

15 menit

a.       Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
b.       Guru mengecek kehadiran siswa
c.       Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
d.       Guru meminta salah seorang siswa untuk menyebutkan kembali kata-kata dan ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
e.       Guru meminta salah seorang siswa untuk menyebutkan poin-poin yang ditanyakan pada saat berkenalan
f.        Guru meminta salah seorang siswa untuk menceritakan pengalaman saat berkenalan


2
Kegiatan Inti

60 menit

a.  Seluruh siswa mendengarkan contoh dialog yang diperagakan oleh guru (diulang 3x)
b.  Seluruh siswa menirukan kata, frasa atau ungkapan yang diucapkan guru
c.  Seluruh siswa secara bersama-sama menjadi partner guru dalam berdialog
d.  orang siswa maju ke depan untuk mempraktekkan dialog yang telah diprogramkan guru
e.  Setiap siswa mengajukan pertanyaan kepada teman di kelas
f.    Setiap siswa menjawab pertanyaan yang diajukan lawan bicara
g.  Setiap siswa melakukan percakapan dengan teman sekelas/sebaya
h.  setiap siswa menyalin khat naskhi yang dicontohkan oleh guru
i.    Setiap siswa menulis kata-kata, frasa atau kalimat yang didiktekan guru
















Buku kaligrafi
Buku paket


3
Penutup

15 menit

a.  Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar
b. Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat
c.  Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa








V. Sumber/Bahan/Alat Belajar:
·   Guru
·   VCD
·   Buku paket Pelajaran Bahasa Arab
·   Ruang multimedia
·   Buku Kaligrafi
·   Puzle
·   Kartu

VI. Penilaian:
·    Proses (pada saat KBM berlangsung)
a.    Jenis: kelompok
b.    Bentuk: UH, UTS, UAS
c.    Contoh:
·   Mainkan sebuah drama dengan tema perkenalan di sekolah
Kriteria Penilaian meliputi:
·   Kesesuaian tema
·   Ketepatan intonasi dan makhroj
·   Kekompakan
·   kelancaran
·    Hasil (ujian praktek lisan)

Mengetahui                                                                              19   Juli   2010
Kepala MA  Jakarta Pusat                                                          Guru Mata Pelajaran Bahasa Arab

 

Nasrullah Harun                                                                         Ripki Atkia, S.Pd.I


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah         :     MA JAKARTA PUSAT
Mata Pelajaran        :     Bahasa Arab
Status Pendidikan :     Madarasah Aliyah
Kelas / Semester    :     X / I
Alokasi Waktu         :     3  jam pelajaran


Standar Kompetensi:
Memahami informasi lisan, Mengungkapkan informasi secara lisan, Memahami wacana tulis dan Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan II dengan struktur kalimat yang tepat dan benar

Kompetensi dasar:
  1. Menulis kata, frasa,dan kalimat  dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat
  2. Mengungkapkan informasi secara tertulis sesuai konteks yang dengan menggunakan kata,frasa  dengan huruf, ejaan , tanda baca dan struktur yang tepat

Indikator:
4. Menulis
  • Menulis kalimat dengan khat Naskhi
  • Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi wacana
  • Membuat wacana/cerita sesuai tema

I. Tujuan Pembelajaran            :                                                                    
Setelah proses pembelajaran selesai, siswa diharapkan mampu:
Menulis wacana tulis dengan tepat dan menyimpulkan wacana tulis dengan benar

II. Materi Pembelajaran            :
·   Menyusun Kalimat, Imla' serta Qowaid

III. Metode                    :
·   Modelling
·   Diskusi

IV. Langkah Pembelajaran:
NO
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/SUMBER
WAKTU
1
Pendahuluan

15 menit

a.  Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
b.  Guru mengecek kehadiran siswa
c.  Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
d.  2 orang siswa menulis ayat ke dua dari surat al Fatihah dengan khat riq’ah di papan tulis.
e.  Guru menulis kembali ayat tersebut dengan khat riq’ah Guru memaparkan istilah-istilah penting yang berkenaan dengan tempat tinggal




Kitab Al Qur’an
Buku panduan kaligrafii

2
Kegiatan Inti

60 menit

a.  setiap siswa menyalin khat Naskhi yang dicontohkan oleh guru.
b.  Setiap siswa menulis kata-kata, frasa atau kalimat yang didiktekan guru
c.  Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
d.  Setiap kelompok terdiri dari 5-6 orang
e.  Guru memberikan lembaran kertas kepada setiap kelompok berisikan:
                i.      wacana tulis yang masih belum legkap.
               ii.      Kalimat-kalimat acak dari satu wacana.
f.    Setiap kelompok melengkapi wacana dengan kosa kata yang tersedia dan menyusun kalimat-kalimat tersebut menjadi sebuah wacana yang utuh.
g.  Hasil kerja kelompok dibacakan oleh perwakilan masing-masing kelompok.
h.  Setiap kelompok memberi masukan kepada kelompok lain.
i.    Setiap kelompok membuat wacana sesuai tema dengan memasukkan unsur kaidah tentang مبتدأ و خبر
Buku kaligrafi
Buku paket


Instrumen latihan

3
Penutup

15 menit

a. Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar kepada beberapa siswa.
b. Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat
c.  Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa
Instrumen soal latihan







V. Sumber/Bahan/Alat Belajar :
·   Buku Kaligrafi
·   Ruang multimedia
·   LCD
VI. Penilaian:
·    Proses (pada saat KBM berlangsung)
a. Jenis: Individu dan kelompok
b.       Bentuk: Performa dan unjuk kerja
c. Contoh:
1.       Tulislah dengan benar teks berikut!
2.       Temukan ide pokok dari setiap paragraf!
3.       Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!
·    Hasil (tes tulis, ulangan harian)

Mengetahui                                                                              19   Juli   2010
Kepala MA  Jakarta Pusat                                                          Guru Mata Pelajaran Bahasa Arab

 

Nasrullah Harun                                                                         Ripki Atkia, S.Pd.I


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah         :     MA JAKARTA PUSAT
Mata Pelajaran        :     Bahasa Arab
Status Pendidikan :     Madarasah Aliyah
Kelas / Semester    :     X / I
Alokasi Waktu         :     2  jam pelajaran


Standar Kompetensi:
Memahami informasi lisan, Mengungkapkan informasi secara lisan, Memahami wacana tulis dan Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang Kehidupan Berkeluarga dengan struktur kalimat yang tepat dan benar

Kompetensi dasar:
1. Menyimak
1.1 Mengidentifikasi kata, frasa atau kalimat dalam suatu konteks secara tepat
1.2 Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan tentang Kehidupan Berkeluarga secara  tepat

2. Berbicara
2.1 Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan sesuai konteks tentang kehidupan berkeluarga
2.2 Melakukan dialog  dengan lancar  sesuai konteks tentang kehidupan berkeluarga

Indikator:
1. Menyimak
§ Mencocokkan tulisan dengan kata, frasa atau kalimat yang didengar
§ Melengkapi kalimat dengan kata yang disediakan
·   Menentukan benar/salah ujaran yang didengar
·    Menentukan tema dari wacana lisan
·    Menentukan ide pokok dari wacana lisan.
·    Mengungkapkan kembali informasi rinci dari wacana lisan.
2. Berbicara
·   Menirukan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan tepat
·   Melafalkan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan intonasi yang tepat
·   Menyampaikan informasi sesuai konteks
§ Mengajukan pertanyaan sesuai konteks
§ Menjawab pertanyaan sesuai konteks
·   Menceritakan keadaan/kegiatan sesuai konteks
·   Melakukan percakapan sesuai konteks

II.Tujuan Pembelejaran:
Setelah Proses Pembelajaran, diharapkan siswa mampu: Mengungkapkan kembali isi wacana lisan secara rinci dan siswa mampu menirukan wacana dengan tepat

II. Materi Pembelajaran:
·   Perkenalan فى البيت
Terlampir

III. Metode:
·   Inkuiri
·   Diskusi

IV. Langkah Pembelajaran:
NO
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/SUMBER
WAKTU
1
Pendahuluan

15 menit

a.  Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
b.  Guru mengecek kehadiran siswa
c.  Guru bersama siswa mengecek kesiapan perangkat pembelajaran
d.  Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
e.  Siswa menyebutkan kata-kata yang biasa dipakai dalam perkenalan
f.    Siswa menyebutkan ungkapan-ungkapan yang biasa dipakai dalam perkenalan






Pengalaman pribadi

2
Kegiatan Inti

60 menit

a.  Siswa mendengarkan wacana lisan yang dibacakan guru (diulang 3x)
b.  Siswa menyebutkan kata-kata yang didengar
c.  Siswa mencocokkan gambar dengan ujaran yang didengar
d.  Siswa menuliskan beberapa kata yang didengar dari guru
e.  Guru bersama siswa mengoreksi hasil kerja yang telah dilaksanakan
f.    Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok kecil
g.  Tiap kelompok terdiri dari 3-4 orang
h.  Tiap kelompok mendiskusikan isi wacana lisan yang dibacakan guru
i.    Tiap kelompok menuliskan isi wacana lisan secara umum .
Guru/Buku Paket

Kartu kata

3
Penutup

15 menit

a.  Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar
b. Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat
c.  Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa

Instrumen latihan


V. Sumber/Bahan/Alat Belajar:
·   Guru
·   Buku paket Pelajaran Bahasa Arab Kurikulum 2008
·   Kamus Bahasa Arab
·   Laboratorium Bahasa Terpadu
·   Buku Al Arobiyah Baina Yadaik
VI. Penilaian:
·    Proses (pada saat KBM berlangsung)
a. Jenis    : Individu dan Kelompok
b. Bentuk  : UH, UTS, UKK
c. Contoh  :
Simaklah dialog berikut kemudian jawablah pertanyaan berikut;
3.       Apa tema dialog tersebut
4.       Ceritakan kembali isi dialog dalam bentuk narasi
·    Hasil (tes tulis)

Mengetahui                                                                              19   Juli   2010
Kepala MA  Jakarta Pusat                                                          Guru Mata Pelajaran Bahasa Arab

 

Nasrullah Harun                                                                         Ripki Atkia, S.Pd.I


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah         :     MA JAKARTA PUSAT
Mata Pelajaran        :     Bahasa Arab
Status Pendidikan :     Madarasah Aliyah
Kelas / Semester    :     X / I
Alokasi Waktu         :     3  jam pelajaran


Standar Kompetensi:
Memahami informasi lisan, Mengungkapkan informasi secara lisan, Memahami wacana tulis dan Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang Kehidupan Berkeluarga dengan struktur kalimat yang tepat dan benar

Kompetensi dasar:
3. MEMBACA
3.7     Membaca nyaring  kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana tertulis dengan  tepat
3.8     Mengidentifikasi  tema wacana secara tepat
3.9     Memperoleh  informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis

4. MENULIS
4.1 Menulis kata, frasa,dan kalimat  dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat

Indikator:
3 Membaca
§  Melafalkan kata/frasa/kalimat dengan tepat
§  Membaca nyaring kata/frasa /kalimat dengan intonasi dan lafal yang tepat
§  Menentukan tema wacana tulis
§  Menentukan ide pokok dari wacana tulis
§  Menentukan informasi rinci dari wacana tulis
§  Menafsirkan makna kata/ungkapan sesuai konteks
§  Menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu dari wacana tulis
§ Mencocokkan tulisan dengan gambar/bagan/ denah dsb.
§ Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana tulis
4. Menulis
  • Menulis kalimat dengan khat Tsulusi

III.    Tujuan Pembelajaran:
Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa mampu: Membaca Nas qiro'ah dengan makhroj serta intonasi secara baik dan benar serta siswa dapat menyusun kata-kata acak menjadi kalimat dengan tulisan khot Tsulusi

II. Materi Pembelajaran:
·   Membaca : فى البيت
   Terlampir

III. Metode:
·   Muthola'ah
·   Modeling

IV. Langkah Pembelajaran:
NO
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/SUMBER
WAKTU
1
Pendahuluan

15 menit

a.  Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
b.  Guru mengecek kehadiran siswa
c.  Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
d.  Guru meminta salah seorang siswa untuk menyebutkan kembali kata-kata dan ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
e.  Guru meminta salah seorang siswa untuk menyebutkan poin-poin yang ditanyakan pada saat berkenalan
f.    Guru meminta salah seorang siswa untuk menceritakan pengalaman saat berkenalan


2
Kegiatan Inti

60 menit

a.  Seluruh siswa mendengarkan contoh dialog yang diperagakan oleh guru (diulang 3x)
b.  Seluruh siswa menirukan kata, frasa atau ungkapan yang diucapkan guru
c.  Seluruh siswa secara bersama-sama menjadi partner guru dalam berdialog
d.  orang siswa maju ke depan untuk mempraktekkan dialog yang telah diprogramkan guru
e.  Setiap siswa mengajukan pertanyaan kepada teman di kelas
f.    Setiap siswa menjawab pertanyaan yang diajukan lawan bicara
g.  Setiap siswa melakukan percakapan dengan teman sekelas/sebaya








Buku kaligrafi
Buku paket


3
Penutup

15 menit

a.  Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar
b. Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat
c.  Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa







V. Sumber/Bahan/Alat Belajar:
·   Guru
·   VCD
·   Buku paket Pelajaran Bahasa Arab
·   Ruang multimedia
·   Buku Kaligrafi
·   Puzle
·   Kartu

VI. Penilaian:
·    Proses (pada saat KBM berlangsung)
a.       Jenis: kelompok
b.       Bentuk:
c.       Contoh:
·   Mainkan sebuah drama dengan tema Kehidupan di keluarga di sekolah
Kriteria Penilaian meliputi:
·   Kesesuaian tema
·   Ketepatan intonasi dan makhroj
·   Kekompakan
·   kelancaran
·    Hasil (ujian praktek lisan)

Mengetahui                                                                              19   Juli   2010
Kepala MA  Jakarta Pusat                                                          Guru Mata Pelajaran Bahasa Arab

 

Nasrullah Harun                                                                         Ripki Atkia, S.Pd.I


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah         :     MA JAKARTA PUSAT
Mata Pelajaran        :     Bahasa Arab
Status Pendidikan :     Madarasah Aliyah
Kelas / Semester    :     X / I
Alokasi Waktu         :     3  jam pelajaran


Standar Kompetensi:
Memahami informasi lisan, Mengungkapkan informasi secara lisan, Memahami wacana tulis dan Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang Kehidupan Berkeluarga dengan struktur kalimat yang tepat dan benar

Kompetensi dasar:
  1. Menulis kata, frasa,dan kalimat  dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat
  2. Mengungkapkan informasi secara tertulis sesuai konteks yang dengan menggunakan kata,frasa  dengan huruf, ejaan , tanda baca dan struktur yang tepat

Indikator:
4. Menulis
  • Menulis kalimat dengan khat Reka
  • Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi wacana
  • Membuat wacana/cerita sesuai tema

I. Tujuan Pembelajaran            :                                                                    
Setelah proses pembelajaran selesai, siswa diharapkan mampu:
Menulis wacana tulis dengan tepat dan menyimpulkan wacana tulis dengan benar

II. Materi Pembelajaran            :
·   Menyusun Kalimat, Imla' serta Qowaid

III. Metode                    :
·   Modelling
·   Diskusi

IV. Langkah Pembelajaran:
NO
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/SUMBER
WAKTU
1
Pendahuluan

15 menit

a.  Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
b.  Guru mengecek kehadiran siswa
c.  Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
d.  2 orang siswa menulis ayat ke dua dari surat al Fatihah dengan khat riq’ah di papan tulis.
e.  Guru menulis kembali ayat tersebut dengan khat riq’ah Guru memaparkan istilah-istilah penting yang berkenaan dengan tempat tinggal




Kitab Al Qur’an
Buku panduan kaligrafii

2
Kegiatan Inti

60 menit

a.  setiap siswa menyalin khat Reka yang dicontohkan oleh guru.
b.  Setiap siswa menulis kata-kata, frasa atau kalimat yang didiktekan guru
c.  Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
d.  Setiap kelompok terdiri dari 5-6 orang
e.  Guru memberikan lembaran kertas kepada setiap kelompok berisikan:
                i.      wacana tulis yang masih belum legkap.
               ii.      Kalimat-kalimat acak dari satu wacana.
f.    Setiap kelompok melengkapi wacana dengan kosa kata yang tersedia dan menyusun kalimat-kalimat tersebut menjadi sebuah wacana yang utuh.
g.  Hasil kerja kelompok dibacakan oleh perwakilan masing-masing kelompok.
h.  Setiap kelompok memberi masukan kepada kelompok lain.
i.    Setiap kelompok membuat wacana sesuai tema dengan memasukkan unsur kaidah tentang مبتدأ و خبر
Buku kaligrafi
Buku paket


Instrumen latihan

3
Penutup

15 menit

a. Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar kepada beberapa siswa.
b. Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat
c.  Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa
Instrumen soal latihan







V. Sumber/Bahan/Alat Belajar :
·   Buku Kaligrafi
·   Ruang multimedia
·   LCD
VI. Penilaian:
·    Proses (pada saat KBM berlangsung)
d. Jenis: Individu dan kelompok
e. Bentuk: Performa dan unjuk kerja
f.  Contoh:
4. Tulislah dengan benar teks berikut!
5. Temukan ide pokok dari setiap paragraf!
6. Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!
·    Hasil (tes tulis, ulangan harian)

Mengetahui                                                                              19   Juli   2010
Kepala MA  Jakarta Pusat                                                          Guru Mata Pelajaran Bahasa Arab

 

Nasrullah Harun                                                                         Ripki Atkia, S.Pd.I


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah         :     MA JAKARTA PUSAT
Mata Pelajaran        :     Bahasa Arab
Status Pendidikan :     Madarasah Aliyah
Kelas / Semester    :     X / I
Alokasi Waktu         :     3  jam pelajaran


Standar Kompetensi:
Memahami informasi lisan, Mengungkapkan informasi secara lisan, Memahami wacana tulis dan Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang Kehidupan Berkeluarga dengan struktur kalimat yang tepat dan benar

Kompetensi dasar:
1. Menyimak
1.1 Mengidentifikasi kata, frasa atau kalimat dalam suatu konteks secara tepat
1.2 Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan tentang Kehidupan Berkeluarga secara  tepat

2. Berbicara
2.1 Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan sesuai konteks tentang kehidupan berkeluarga
2.2 Melakukan dialog  dengan lancar  sesuai konteks tentang kehidupan berkeluarga

Indikator:
1. Menyimak
§ Mencocokkan tulisan dengan kata, frasa atau kalimat yang didengar
§ Melengkapi kalimat dengan kata yang disediakan
·   Menentukan benar/salah ujaran yang didengar
·    Menentukan tema dari wacana lisan
·    Menentukan ide pokok dari wacana lisan.
·    Mengungkapkan kembali informasi rinci dari wacana lisan.
2. Berbicara
·   Menirukan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan tepat
·   Melafalkan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan intonasi yang tepat
·   Menyampaikan informasi sesuai konteks
§ Mengajukan pertanyaan sesuai konteks
§ Menjawab pertanyaan sesuai konteks
·   Menceritakan keadaan/kegiatan sesuai konteks
·   Melakukan percakapan sesuai konteks

III.                Tujuan Pembelejaran:
Setelah Proses Pembelajaran, diharapkan siswa mampu: Mengungkapkan kembali isi wacana lisan secara rinci dan siswa mampu menirukan wacana dengan tepat

II. Materi Pembelajaran:
·   Perkenalan فى السكن
Terlampir

III. Metode:
·   Inkuiri
·   Diskusi

IV. Langkah Pembelajaran:
NO
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/SUMBER
WAKTU
1
Pendahuluan

15 menit

a.    Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
b.    Guru mengecek kehadiran siswa
c.    Guru bersama siswa mengecek kesiapan perangkat pembelajaran
d.    Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
e.    Siswa menyebutkan kata-kata yang biasa dipakai dalam perkenalan
f.      Siswa menyebutkan ungkapan-ungkapan yang biasa dipakai dalam perkenalan






Pengalaman pribadi

2
Kegiatan Inti

60 menit

a.    Siswa mendengarkan wacana lisan yang dibacakan guru (diulang 3x)
b.    Siswa menyebutkan kata-kata yang didengar
c.    Siswa mencocokkan gambar dengan ujaran yang didengar
d.    Siswa menuliskan beberapa kata yang didengar dari guru
e.    Guru bersama siswa mengoreksi hasil kerja yang telah dilaksanakan
f.      Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok kecil
g.    Tiap kelompok terdiri dari 3-4 orang
h.    Tiap kelompok mendiskusikan isi wacana lisan yang dibacakan guru
Guru/Buku Paket

Kartu kata

3
Penutup

15 menit

a.   Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar
b.   Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat
c.   Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa

Instrumen latihan


V. Sumber/Bahan/Alat Belajar:
·   Guru
·   Buku paket Pelajaran Bahasa Arab Kurikulum 2008
·   Kamus Bahasa Arab
·   Laboratorium Bahasa Terpadu
·   Buku Al Arobiyah Baina Yadaik
VI. Penilaian:
·    Proses (pada saat KBM berlangsung)
a. Jenis    : Individu dan Kelompok
b. Bentuk  : UH, UTS, UKK
c. Contoh  :
Simaklah dialog berikut kemudian jawablah pertanyaan berikut;
5.       Apa tema dialog tersebut
6.       Ceritakan kembali isi dialog dalam bentuk narasi
·    Hasil (tes tulis)

Mengetahui                                                                              19   Juli   2010
Kepala MA  Jakarta Pusat                                                          Guru Mata Pelajaran Bahasa Arab

 

Nasrullah Harun                                                                         Ripki Atkia, S.Pd.I


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah         :     MA JAKARTA PUSAT
Mata Pelajaran        :     Bahasa Arab
Status Pendidikan :     Madarasah Aliyah
Kelas / Semester    :     X / I
Alokasi Waktu         :     3  jam pelajaran


Standar Kompetensi:
Memahami informasi lisan, Mengungkapkan informasi secara lisan, Memahami wacana tulis dan Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang Kehidupan Berkeluarga dengan struktur kalimat yang tepat dan benar

Kompetensi dasar:
3. MEMBACA
3.10  Membaca nyaring  kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana tertulis dengan  tepat
3.11  Mengidentifikasi  tema wacana secara tepat
3.12  Memperoleh  informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis

4. MENULIS
4.1 Menulis kata, frasa,dan kalimat  dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat

Indikator:
3 Membaca
§  Melafalkan kata/frasa/kalimat dengan tepat
§  Membaca nyaring kata/frasa /kalimat dengan intonasi dan lafal yang tepat
§  Menentukan tema wacana tulis
§  Menentukan ide pokok dari wacana tulis
§  Menentukan informasi rinci dari wacana tulis
§  Menafsirkan makna kata/ungkapan sesuai konteks
§  Menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu dari wacana tulis
§ Mencocokkan tulisan dengan gambar/bagan/ denah dsb.
§ Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana tulis
4. Menulis
  • Menulis kalimat dengan khat Tsulusi

IV.    Tujuan Pembelajaran:
Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa mampu: Membaca Nas qiro'ah dengan makhroj serta intonasi secara baik dan benar serta siswa dapat menyusun kata-kata acak menjadi kalimat dengan tulisan khot Tsulusi

II. Materi Pembelajaran:
·   Membaca : فى السكن
   Terlampir

III. Metode:
·   Muthola'ah
·   Modeling

IV. Langkah Pembelajaran:
NO
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/SUMBER
WAKTU
1
Pendahuluan

15 menit

a.    Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
b.    Guru mengecek kehadiran siswa
c.    Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
d.    Guru meminta salah seorang siswa untuk menyebutkan kembali kata-kata dan ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
e.    Guru meminta salah seorang siswa untuk menyebutkan poin-poin yang ditanyakan pada saat berkenalan
f.      Guru meminta salah seorang siswa untuk menceritakan pengalaman saat berkenalan


2
Kegiatan Inti

60 menit

a.    Seluruh siswa mendengarkan contoh dialog yang diperagakan oleh guru (diulang 3x)
b.    Seluruh siswa menirukan kata, frasa atau ungkapan yang diucapkan guru
c.    Seluruh siswa secara bersama-sama menjadi partner guru dalam berdialog
d.    orang siswa maju ke depan untuk mempraktekkan dialog yang telah diprogramkan guru
e.    Setiap siswa mengajukan pertanyaan kepada teman di kelas
f.      Setiap siswa menjawab pertanyaan yang diajukan lawan bicara
g.    Setiap siswa melakukan percakapan dengan teman sekelas/sebaya
h.    setiap siswa menyalin khat Tsulusi  yang dicontohkan oleh guru











Buku kaligrafi
Buku paket


3
Penutup

15 menit

a.   Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar
b.   Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat
c.   Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa









V. Sumber/Bahan/Alat Belajar:
·   Guru
·   VCD
·   Buku paket Pelajaran Bahasa Arab
·   Buku Kaligrafi
·   Puzle

VI. Penilaian:
·    Proses (pada saat KBM berlangsung)
a.       Jenis: kelompok
d.       Bentuk:
e.       Contoh:
·   Mainkan sebuah drama dengan tema Kehidupan di keluarga di sekolah
Kriteria Penilaian meliputi:
·   Kesesuaian tema
·   Ketepatan intonasi dan makhroj
·   Kekompakan
·   kelancaran
·    Hasil (ujian praktek lisan)

Mengetahui                                                                              19   Juli   2010
Kepala MA  Jakarta Pusat                                                          Guru Mata Pelajaran Bahasa Arab

 

Nasrullah Harun                                                                         Ripki Atkia, S.Pd.I


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah         :     MA JAKARTA PUSAT
Mata Pelajaran        :     Bahasa Arab
Status Pendidikan :     Madarasah Aliyah
Kelas / Semester    :     X / I
Alokasi Waktu         :     2  jam pelajaran


Standar Kompetensi:
Memahami informasi lisan, Mengungkapkan informasi secara lisan, Memahami wacana tulis dan Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang Kehidupan Berkeluarga dengan struktur kalimat yang tepat dan benar

Kompetensi dasar:
1.        Menulis kata, frasa,dan kalimat  dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat
2.        Mengungkapkan informasi secara tertulis sesuai konteks yang dengan menggunakan kata,frasa  dengan huruf, ejaan , tanda baca dan struktur yang tepat

Indikator:
4. Menulis
  • Menulis kalimat dengan khat Dewani
  • Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi wacana
  • Membuat wacana/cerita sesuai tema

I. Tujuan Pembelajaran            :                                                                    
Setelah proses pembelajaran selesai, siswa diharapkan mampu:
Menulis wacana tulis dengan tepat dan menyimpulkan wacana tulis dengan benar

II. Materi Pembelajaran            :
·   Menyusun Kalimat, Imla' serta Qowaid

III. Metode                    :
·   Modelling
·   Diskusi

IV. Langkah Pembelajaran:
NO
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/SUMBER
WAKTU
1
Pendahuluan

15 menit

a.    Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
b.    Guru mengecek kehadiran siswa
c.    Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
d.    2 orang siswa menulis ayat ke dua dari surat al Fatihah dengan khat riq’ah di papan tulis.
e.    Guru menulis kembali ayat tersebut dengan khat riq’ah Guru memaparkan istilah-istilah penting yang berkenaan dengan tempat tinggal




Kitab Al Qur’an
Buku panduan kaligrafii

2
Kegiatan Inti

60 menit

a.    setiap siswa menyalin khat riq’ah yang dicontohkan oleh guru.
b.    Setiap siswa menulis kata-kata, frasa atau kalimat yang didiktekan guru
c.    Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
d.    Setiap kelompok terdiri dari 5-6 orang
e.    Guru memberikan lembaran kertas kepada setiap kelompok berisikan:
a.       wacana tulis yang masih belum legkap.
b.       Kalimat-kalimat acak dari satu wacana.
f.      Setiap kelompok melengkapi wacana dengan kosa kata yang tersedia dan menyusun kalimat-kalimat tersebut menjadi sebuah wacana yang utuh.
g.    Hasil kerja kelompok dibacakan oleh perwakilan masing-masing kelompok.
h.    Setiap kelompok memberi masukan kepada kelompok lain.
i.      Setiap kelompok membuat wacana sesuai tema dengan memasukkan unsur kaidah tentang خبر مقدم
Buku kaligrafi
Buku paket


Instrumen latihan

3
Penutup

15 menit

a.  Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar kepada beberapa siswa.
b.   Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat
c.   Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa
Instrumen soal latihan







V. Sumber/Bahan/Alat Belajar :
·   Buku Kaligrafi
·   Ruang multimedia
·   LCD
VI. Penilaian:
·    Proses (pada saat KBM berlangsung)
a.  Jenis: Individu dan kelompok
b.  Bentuk: Performa dan unjuk kerja
c.  Contoh:
Tulislah dengan benar teks berikut!
Temukan ide pokok dari setiap paragraf!
Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!
·    Hasil (tes tulis, ulangan harian)

Mengetahui                                                                              19   Juli   2010
Kepala MA  Jakarta Pusat                                                          Guru Mata Pelajaran Bahasa Arab

 

Nasrullah Harun                                                                         Ripki Atkia, S.Pd.I



Tidak ada komentar:

Posting Komentar