RENCANA PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : MA JAKARTA PUSAT
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Status Pendidikan : Madarasah Aliyah
Kelas / Semester : X / I
Alokasi Waktu : 3 jam pelajaran
Standar Kompetensi:
Memahami
informasi lisan, Mengungkapkan
informasi secara lisan, Memahami wacana tulis dan Mengungkapkan informasi
secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan
dengan struktur kalimat yang tepat dan benar
Kompetensi
dasar:
1. Menyimak
1.1 Mengidentifikasi
kata, frasa atau kalimat dalam suatu konteks secara tepat
1.2 Menangkap makna dan
gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan tentang
perkenalan
secara tepat
2.
Berbicara
2.1
Menyampaikan gagasan atau
pendapat secara lisan sesuai konteks tentang ta'aruf
2.2
Melakukan dialog dengan lancar sesuai
konteks tentang ta'aruf
Indikator:
1. Menyimak
§ Mencocokkan tulisan dengan kata, frasa atau kalimat
yang didengar
§ Melengkapi kalimat dengan kata yang disediakan
· Menentukan benar/salah ujaran yang didengar
·
Menentukan tema dari wacana
lisan
·
Menentukan ide pokok dari
wacana lisan.
·
Mengungkapkan kembali
informasi rinci dari wacana lisan.
2. Berbicara
· Menirukan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan tepat
· Melafalkan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan
intonasi yang tepat
· Menyampaikan informasi sesuai konteks
§ Mengajukan pertanyaan sesuai konteks
§ Menjawab pertanyaan sesuai konteks
· Menceritakan keadaan/kegiatan sesuai konteks
· Melakukan percakapan sesuai konteks
I. Tujuan
Pembelejaran:
Setelah Proses Pembelajaran,
diharapkan siswa mampu: Mengungkapkan kembali isi wacana lisan secara rinci dan siswa mampu melakukan
perkenalan dengan tepat
II. Materi Pembelajaran:
·
Perkenalan (التعارف)
الوحدة الاولى :
البيانات الشحصية
الموظف : هل أنت طالب ؟
الطالب : نعم يا أستاذ
الموظف : ما اسمك ؟
الطالب : أذكياء
الموظف : ما اسمك بالكامل ؟
الطالب : أذكياء محرم البنتانى
الموظف : أريد بياناتك الشخصية
الطالب : هذه هى بطاقتى, تفضل !
الموظف : شكرا
الطالب : عفوا
الموظف : يا فاطمة, هل أنت طالبة فى المدرسة
الثانوية الاسلامية الحكومية ؟
الطالب : لا يا أستاذ أنا أدرس فى المدرسة الثانوية
الاسلامية الاهلية
الموظف : هل معك بطاقة شخصية
الطالب : نعم هذه هى البطاقة
III. Metode:
·
Inkuiri
·
Diskusi
IV. Langkah
Pembelajaran:
NO
|
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
1
|
Pendahuluan
|
15 menit
|
|
a.
Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar
siswa.
b.
Guru mengecek
kehadiran siswa
c.
Guru bersama siswa
mengecek kesiapan perangkat pembelajaran
d.
Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan,
meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
e.
Siswa menyebutkan kata-kata yang biasa dipakai dalam perkenalan
f.
Siswa menyebutkan ungkapan-ungkapan yang biasa dipakai dalam perkenalan
|
Pengalaman pribadi
|
||
2
|
Kegiatan Inti
|
60 menit
|
|
a.
Siswa mendengarkan wacana lisan yang dibacakan guru (diulang 3x)
b.
Siswa menyebutkan kata-kata yang didengar
c.
Siswa mencocokkan gambar dengan ujaran yang didengar
d.
Siswa menuliskan beberapa kata yang didengar dari guru
e.
Guru bersama siswa mengoreksi hasil kerja yang telah dilaksanakan
f.
Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok kecil
g.
Tiap kelompok terdiri dari 3-4 orang
h.
Tiap kelompok mendiskusikan isi wacana lisan yang dibacakan guru
i.
Tiap kelompok menuliskan isi wacana lisan secara umum
j.
Tiap kelompok mendelegasikan perwakilannya untuk membaca hasil
pekerjaannya di depan ruangan laboratorium bahasa.
|
Guru/Buku Paket
Kartu kata
|
||
3
|
Penutup
|
15 menit
|
|
a. Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan
hasil belajar
b. Guru
memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang
tepat
c. Guru
bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung,
meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa
|
Instrumen latihan
|
V. Sumber/Bahan/Alat Belajar:
· Guru
· Buku
paket Pelajaran Bahasa Arab Kurikulum 2008
· Kamus
Bahasa Arab
· Laboratorium
Bahasa Terpadu
· Buku
Al Arobiyah Baina Yadaik
VI. Penilaian:
·
Proses (pada saat KBM berlangsung)
a. Jenis : Individu dan Kelompok
b. Bentuk : UH, UTS, UKK
c. Contoh :
Simaklah
dialog berikut kemudian jawablah pertanyaan berikut;
1. Apa
tema dialog tersebut
2. Ceritakan
kembali isi dialog dalam bentuk narasi
·
Hasil
(tes tulis)
Mengetahui 19
Juli 2010
Kepala MA Jakarta Pusat Guru
Mata Pelajaran Bahasa Arab
Nasrullah Harun Ripki Atkia, S.Pd.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : MA JAKARTA PUSAT
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Status Pendidikan : Madarasah Aliyah
Kelas / Semester : X / I
Alokasi Waktu : 3 jam pelajaran
Standar Kompetensi:
Memahami
informasi lisan, Mengungkapkan
informasi secara lisan, Memahami wacana tulis dan Mengungkapkan informasi
secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan
dengan struktur kalimat yang tepat dan benar
Kompetensi
dasar:
3. MEMBACA
3.1
Membaca nyaring kata, frasa dan atau
kalimat dalam wacana tertulis dengan
tepat
3.2
Mengidentifikasi tema wacana secara
tepat
3.3
Memperoleh informasi umum, informasi
tertentu dan atau rinci dari wacana tulis
4. MENULIS
4.1 Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat
Indikator:
3 Membaca
§ Melafalkan kata/frasa/kalimat
dengan tepat
§ Membaca nyaring kata/frasa
/kalimat dengan intonasi dan lafal yang tepat
§ Menentukan tema wacana tulis
§ Menentukan ide pokok dari
wacana tulis
§ Menentukan informasi rinci
dari wacana tulis
§ Menafsirkan makna
kata/ungkapan sesuai konteks
§ Menjawab pertanyaan mengenai
informasi tertentu dari wacana tulis
§ Mencocokkan tulisan dengan
gambar/bagan/ denah dsb.
§ Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana
tulis
4. Menulis
- Menulis kalimat dengan khat riq’ah
- Menulis kata-kata, frasa atau kalimat yang didektekan oleh guru
- Menyusun kata / frasa menjadi kalimat dengan struktur yang tepat
I. Tujuan
Pembelajaran:
Setelah
proses pembelajaran diharapkan siswa mampu: Membaca Nas qiro'ah dengan makhroj
serta intonasi secara baik dan benar serta siswa dapat menyusun kata-kata acak
menjadi kalimat dengan tulisan khot rith'ih.
II. Materi Pembelajaran:
·
Membaca : بطاقة
شخصية
Terlampir
III. Metode:
·
Muthola'ah
·
Modeling
IV. Langkah
Pembelajaran:
NO
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
||
1
|
Pendahuluan
|
15
menit
|
|||
a.
Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar
siswa.
b.
Guru mengecek
kehadiran siswa
c.
Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan,
meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
d.
Guru meminta salah seorang siswa untuk menyebutkan kembali kata-kata dan
ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
e.
Guru meminta salah seorang siswa untuk menyebutkan poin-poin yang
ditanyakan pada saat berkenalan
f.
Guru meminta salah seorang siswa untuk menceritakan pengalaman saat
berkenalan
|
|||||
2
|
Kegiatan
Inti
|
60
menit
|
|||
a.
Seluruh siswa mendengarkan contoh dialog yang diperagakan oleh guru
(diulang 3x)
b.
Seluruh siswa menirukan kata, frasa atau ungkapan yang diucapkan guru
c.
Seluruh siswa secara bersama-sama menjadi partner guru dalam berdialog
d.
5 orang siswa maju ke depan untuk mempraktekkan dialog yang telah
diprogramkan guru
e.
Setiap siswa mengajukan pertanyaan kepada teman di kelas
f.
Setiap siswa menjawab pertanyaan yang diajukan lawan bicara
g.
Setiap siswa melakukan percakapan dengan teman sekelas/sebaya
h.
setiap siswa menyalin khat riq’ah yang dicontohkan oleh guru
i.
Setiap siswa menulis kata-kata, frasa atau kalimat yang didiktekan guru
|
Buku
kaligrafi
Buku
paket
|
||||
3
|
Penutup
|
15 menit
|
|||
a. Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan
hasil belajar
b. Guru
memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang
tepat
c. Guru
bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung,
meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa
|
|||||
V. Sumber/Bahan/Alat Belajar:
· Guru
· VCD
· Buku
paket Pelajaran Bahasa Arab
· Ruang
multimedia
· Buku
Kaligrafi
VI. Penilaian:
·
Proses (pada saat KBM berlangsung)
a.
Jenis: kelompok
b.
Bentuk:
c.
Contoh:
·
Mainkan sebuah drama dengan tema perkenalan di sekolah
Kriteria
Penilaian meliputi:
·
Kesesuaian tema
·
Ketepatan intonasi dan makhroj
·
Kekompakan
·
kelancaran
·
Hasil
(ujian praktek lisan)
Mengetahui 19
Juli 2010
Kepala MA Jakarta Pusat Guru
Mata Pelajaran Bahasa Arab
Nasrullah Harun Ripki Atkia, S.Pd.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : MA JAKARTA PUSAT
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Status Pendidikan : Madarasah Aliyah
Kelas / Semester : X / I
Alokasi Waktu : 3 jam pelajaran
Standar Kompetensi:
Memahami informasi lisan, Mengungkapkan
informasi secara lisan, Memahami wacana tulis dan Mengungkapkan informasi
secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan
dengan struktur kalimat yang tepat dan benar
Kompetensi
dasar:
- Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat
- Mengungkapkan informasi secara tertulis sesuai konteks yang dengan menggunakan kata,frasa dengan huruf, ejaan , tanda baca dan struktur yang tepat
Indikator:
4. Menulis
- Menulis kalimat dengan khat riq’ah
- Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi wacana
- Membuat wacana/cerita sesuai tema
I.
Tujuan Pembelajaran :
Setelah proses pembelajaran
selesai, siswa diharapkan mampu:
Menulis wacana tulis dengan
tepat dan menyimpulkan wacana tulis dengan benar
II. Materi Pembelajaran :
·
Menyusun Kalimat, Imla' serta
Qowaid
III. Metode :
·
Modelling
·
Diskusi
IV. Langkah
Pembelajaran:
NO
|
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
|
1
|
Pendahuluan
|
15 menit
|
||
a.
Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar
siswa.
b. Guru mengecek kehadiran siswa
c.
Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan,
meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
a.
2 orang siswa menulis ayat ke dua dari surat al Fatihah dengan khat
riq’ah di papan tulis.
d.
Guru menulis kembali ayat tersebut dengan khat riq’ah Guru memaparkan
istilah-istilah penting yang berkenaan dengan tempat tinggal
|
Kitab Al Qur’an
Buku panduan kaligrafii
|
|||
2
|
Kegiatan Inti
|
60 menit
|
||
a.
setiap siswa menyalin khat riq’ah yang dicontohkan oleh guru.
b.
Setiap siswa menulis kata-kata, frasa atau kalimat yang didiktekan guru
c.
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
d.
Setiap kelompok terdiri dari 5-6 orang
e.
Guru memberikan lembaran kertas kepada setiap kelompok berisikan:
1. wacana tulis yang
masih belum legkap.
2. Kalimat-kalimat acak dari satu wacana.
f.
Setiap kelompok melengkapi wacana dengan kosa kata yang tersedia dan
menyusun kalimat-kalimat tersebut menjadi sebuah wacana yang utuh.
g.
Hasil kerja kelompok dibacakan oleh perwakilan masing-masing kelompok.
h.
Setiap kelompok memberi masukan kepada kelompok lain.
a.
Setiap kelompok membuat wacana sesuai tema dengan memasukkan unsur kaidah
tentang النكرة والمعرفة
|
Buku kaligrafi
Buku paket
Instrumen latihan
|
|||
3
|
Penutup
|
15 menit
|
||
a.
Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar kepada
beberapa siswa.
b. Guru
memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang
tepat
c. Guru
bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung,
meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa
|
Instrumen soal latihan
|
|||
V. Sumber/Bahan/Alat Belajar :
· Buku
Kaligrafi
· Ruang
multimedia
· LCD
VI. Penilaian:
·
Proses (pada saat KBM berlangsung)
a. Jenis:
Individu dan kelompok
b. Bentuk:
Performa dan unjuk kerja
c. Contoh:
1. Tulislah
dengan benar teks berikut!
2. Temukan
ide pokok dari setiap paragraf!
3. Jawablah
pertanyaan berikut dengan benar!
·
Hasil
(tes tulis, ulangan harian)
Mengetahui 19
Juli 2010
Kepala MA Jakarta Pusat Guru
Mata Pelajaran Bahasa Arab
Nasrullah Harun Ripki Atkia, S.Pd.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : MA JAKARTA PUSAT
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Status Pendidikan : Madarasah Aliyah
Kelas / Semester : X / I
Alokasi Waktu : 3 jam pelajaran
Standar Kompetensi:
· Memahami
informasi lisan, Mengungkapkan
informasi secara lisan, Memahami wacana tulis dan Mengungkapkan informasi
secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan
II dengan struktur kalimat yang tepat dan benar
Kompetensi
dasar:
1. Menyimak
1.1 Mengidentifikasi
kata, frasa atau kalimat dalam suatu konteks secara tepat
1.2 Menangkap makna dan
gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan tentang
perkenalan
secara tepat
2.
Berbicara
2.1
Menyampaikan gagasan atau
pendapat secara lisan sesuai konteks tentang ta'aruf
2.2
Melakukan dialog dengan lancar sesuai
konteks tentang ta'aruf
I. Tujuan
Pembelajaran:
Setelah Proses Pembelajaran,
diharapkan siswa mampu: Mengungkapkan kembali isi wacana lisan secara rinci dan siswa mampu melakukan
perkenalan dengan tepat
II. Materi Pembelajaran:
Terlampir
:
III. Metode:
·
Modelling
·
Diskusi
IV. Langkah
Pembelajaran:
NO
|
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
1
|
Pendahuluan
|
15 menit
|
|
a.
Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar
siswa.
b.
Guru mengecek kehadiran siswa
c.
Guru bersama siswa mengecek kesiapan perangkat pembelajaran
d.
Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan,
meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
e.
Siswa menyebutkan kata-kata yang biasa dipakai dalam perkenalan
f.
Siswa menyebutkan ungkapan-ungkapan yang biasa dipakai dalam perkenalan
|
Pengalaman pribadi
|
||
2
|
Kegiatan Inti
|
60 menit
|
|
a.
Siswa mendengarkan wacana lisan yang dibacakan guru (diulang 3x)
b.
Siswa menyebutkan kata-kata yang didengar
c.
Siswa mencocokkan gambar dengan ujaran yang didengar
d.
Siswa menuliskan beberapa kata yang didengar dari guru
e.
Guru bersama siswa mengoreksi hasil kerja yang telah dilaksanakan
f.
Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok kecil
g.
Tiap kelompok terdiri dari 3-4 orang
h.
Tiap kelompok mendiskusikan isi wacana lisan yang dibacakan guru
i.
Tiap kelompok menuliskan isi wacana lisan secara umum
j.
Tiap kelompok mendelegasikan perwakilannya untuk membaca hasil
pekerjaannya di depan ruangan laboratorium bahasa.
|
Guru/Buku Paket
Kartu kata
|
||
3
|
Penutup
|
15 menit
|
|
a.
Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar
b.
Guru memberikan penjelasan dan memberikan
pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat
c.
Guru bersama siswa merefleksi proses
pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan,
perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa
|
Instrumen latihan
|
V. Sumber/Bahan/Alat Belajar:
· Guru
· Buku
paket Pelajaran Bahasa Arab Kurikulum 2008
· Kamus
Bahasa Arab
· Laboratorium
Bahasa Terpadu
· Buku
Al Arobiyah Baina Yadaik
VI. Penilaian:
·
Proses (pada saat KBM berlangsung)
a. Jenis : Individu dan Kelompok
b. Bentuk : UH, UTS, UKK
c. Contoh :
Simaklah
dialog berikut kemudian jawablah pertanyaan berikut;
- Apa tema dialog tersebut
- Ceritakan kembali isi dialog dalam bentuk narasi
·
Hasil
(tes tulis)
·
Hasil
(ulangan harian)
Mengetahui 19
Juli 2010
Kepala MA Jakarta Pusat Guru
Mata Pelajaran Bahasa Arab
Nasrullah Harun Ripki Atkia, S.Pd.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : MA JAKARTA PUSAT
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Status Pendidikan : Madarasah Aliyah
Kelas / Semester : X / I
Alokasi Waktu : 3 jam pelajaran
Standar Kompetensi:
Memahami
informasi lisan, Mengungkapkan
informasi secara lisan, Memahami wacana tulis dan Mengungkapkan informasi
secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan
II dengan struktur kalimat yang tepat dan benar
Kompetensi
dasar:
3. MEMBACA
3.4
Membaca nyaring kata, frasa dan atau
kalimat dalam wacana tertulis dengan
tepat
3.5
Mengidentifikasi tema wacana secara
tepat
3.6
Memperoleh informasi umum, informasi
tertentu dan atau rinci dari wacana tulis
4. MENULIS
4.1 Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat
Indikator:
3 Membaca
§ Melafalkan kata/frasa/kalimat
dengan tepat
§ Membaca nyaring kata/frasa
/kalimat dengan intonasi dan lafal yang tepat
§ Menentukan tema wacana tulis
§ Menentukan ide pokok dari
wacana tulis
§ Menentukan informasi rinci
dari wacana tulis
§ Menafsirkan makna
kata/ungkapan sesuai konteks
§ Menjawab pertanyaan mengenai
informasi tertentu dari wacana tulis
§ Mencocokkan tulisan dengan
gambar/bagan/ denah dsb.
§ Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana
tulis
4. Menulis
- Menulis kalimat dengan khat Naskhi
- Menulis kata-kata, frasa atau kalimat yang didektekan oleh guru
- Menyusun kata / frasa menjadi kalimat dengan struktur yang tepat
II. Tujuan
Pembelajaran:
Setelah
proses pembelajaran diharapkan siswa mampu: Membaca Nas qiro'ah dengan makhroj
serta intonasi secara baik dan benar serta siswa dapat menyusun kata-kata acak
menjadi kalimat dengan tulisan khot Naskhi.
II. Materi Pembelajaran:
·
Membaca : المرافق
العامة
Terlampir
III. Metode:
·
Muthola'ah
·
Modeling
IV. Langkah
Pembelajaran:
NO
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
||
1
|
Pendahuluan
|
15 menit
|
|||
a.
Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar
siswa.
b. Guru mengecek kehadiran siswa
c.
Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan,
meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
d.
Guru meminta salah seorang siswa untuk menyebutkan kembali kata-kata dan
ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
e.
Guru meminta salah seorang siswa untuk menyebutkan poin-poin yang
ditanyakan pada saat berkenalan
f.
Guru meminta salah seorang siswa untuk menceritakan pengalaman saat
berkenalan
|
|||||
2
|
Kegiatan
Inti
|
60 menit
|
|||
a. Seluruh siswa
mendengarkan contoh dialog yang diperagakan oleh guru (diulang 3x)
b. Seluruh siswa
menirukan kata, frasa atau ungkapan yang diucapkan guru
c. Seluruh siswa secara
bersama-sama menjadi partner guru dalam berdialog
d. orang siswa maju ke
depan untuk mempraktekkan dialog yang telah diprogramkan guru
e. Setiap siswa
mengajukan pertanyaan kepada teman di kelas
f.
Setiap siswa menjawab pertanyaan yang diajukan lawan bicara
g. Setiap siswa
melakukan percakapan dengan teman sekelas/sebaya
h. setiap siswa menyalin
khat naskhi yang dicontohkan oleh guru
i.
Setiap siswa menulis kata-kata, frasa atau kalimat yang didiktekan guru
|
Buku kaligrafi
Buku paket
|
||||
3
|
Penutup
|
15 menit
|
|||
a. Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan
hasil belajar
b. Guru
memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang
tepat
c. Guru
bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung,
meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa
|
|||||
V. Sumber/Bahan/Alat Belajar:
· Guru
· VCD
· Buku
paket Pelajaran Bahasa Arab
· Ruang
multimedia
· Buku
Kaligrafi
· Puzle
· Kartu
VI. Penilaian:
·
Proses (pada saat KBM berlangsung)
a. Jenis:
kelompok
b. Bentuk:
UH, UTS, UAS
c. Contoh:
·
Mainkan sebuah drama dengan tema perkenalan di sekolah
Kriteria
Penilaian meliputi:
·
Kesesuaian tema
·
Ketepatan intonasi dan makhroj
·
Kekompakan
·
kelancaran
·
Hasil
(ujian praktek lisan)
Mengetahui 19
Juli 2010
Kepala MA Jakarta Pusat Guru
Mata Pelajaran Bahasa Arab
Nasrullah Harun Ripki Atkia, S.Pd.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : MA JAKARTA PUSAT
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Status Pendidikan : Madarasah Aliyah
Kelas / Semester : X / I
Alokasi Waktu : 3 jam pelajaran
Standar Kompetensi:
Memahami informasi lisan, Mengungkapkan
informasi secara lisan, Memahami wacana tulis dan Mengungkapkan informasi
secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang perkenalan
II dengan
struktur kalimat yang tepat dan benar
Kompetensi
dasar:
- Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat
- Mengungkapkan informasi secara tertulis sesuai konteks yang dengan menggunakan kata,frasa dengan huruf, ejaan , tanda baca dan struktur yang tepat
Indikator:
4. Menulis
- Menulis kalimat dengan khat Naskhi
- Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi wacana
- Membuat wacana/cerita sesuai tema
I.
Tujuan Pembelajaran :
Setelah proses pembelajaran
selesai, siswa diharapkan mampu:
Menulis wacana tulis dengan
tepat dan menyimpulkan wacana tulis dengan benar
II. Materi Pembelajaran :
·
Menyusun Kalimat, Imla' serta
Qowaid
III. Metode :
·
Modelling
·
Diskusi
IV. Langkah
Pembelajaran:
NO
|
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
|
1
|
Pendahuluan
|
15 menit
|
||
a. Guru mengucapkan
salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
b. Guru mengecek kehadiran siswa
c. Guru menyampaikan
informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar
dan indikator pencapaian.
d. 2 orang siswa menulis
ayat ke dua dari surat al Fatihah dengan khat riq’ah di papan tulis.
e. Guru menulis kembali
ayat tersebut dengan khat riq’ah Guru memaparkan istilah-istilah penting yang
berkenaan dengan tempat tinggal
|
Kitab Al Qur’an
Buku panduan kaligrafii
|
|||
2
|
Kegiatan Inti
|
60 menit
|
||
a. setiap siswa menyalin
khat Naskhi yang dicontohkan oleh guru.
b. Setiap siswa menulis
kata-kata, frasa atau kalimat yang didiktekan guru
c. Siswa dibagi menjadi
beberapa kelompok.
d. Setiap kelompok
terdiri dari 5-6 orang
e. Guru memberikan
lembaran kertas kepada setiap kelompok berisikan:
i.
wacana tulis yang masih belum legkap.
ii.
Kalimat-kalimat acak dari satu wacana.
f.
Setiap kelompok melengkapi wacana dengan kosa kata yang tersedia dan
menyusun kalimat-kalimat tersebut menjadi sebuah wacana yang utuh.
g. Hasil kerja kelompok
dibacakan oleh perwakilan masing-masing kelompok.
h. Setiap kelompok
memberi masukan kepada kelompok lain.
i.
Setiap kelompok membuat wacana sesuai tema dengan memasukkan unsur kaidah
tentang مبتدأ و خبر
|
Buku kaligrafi
Buku paket
Instrumen latihan
|
|||
3
|
Penutup
|
15 menit
|
||
a.
Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar kepada
beberapa siswa.
b. Guru
memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang
tepat
c. Guru
bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung,
meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa
|
Instrumen soal latihan
|
|||
V. Sumber/Bahan/Alat Belajar :
· Buku
Kaligrafi
· Ruang
multimedia
· LCD
VI. Penilaian:
·
Proses (pada saat KBM berlangsung)
a. Jenis:
Individu dan kelompok
b.
Bentuk: Performa dan unjuk kerja
c. Contoh:
1. Tulislah
dengan benar teks berikut!
2. Temukan
ide pokok dari setiap paragraf!
3. Jawablah
pertanyaan berikut dengan benar!
·
Hasil
(tes tulis, ulangan harian)
Mengetahui 19
Juli 2010
Kepala MA Jakarta Pusat Guru
Mata Pelajaran Bahasa Arab
Nasrullah Harun Ripki Atkia, S.Pd.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : MA JAKARTA PUSAT
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Status Pendidikan : Madarasah Aliyah
Kelas / Semester : X / I
Alokasi Waktu : 2 jam
pelajaran
Standar Kompetensi:
Memahami
informasi lisan, Mengungkapkan
informasi secara lisan, Memahami wacana tulis dan Mengungkapkan informasi
secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang Kehidupan
Berkeluarga dengan struktur kalimat yang
tepat dan benar
Kompetensi
dasar:
1. Menyimak
1.1 Mengidentifikasi
kata, frasa atau kalimat dalam suatu konteks secara tepat
1.2 Menangkap makna dan
gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan tentang Kehidupan
Berkeluarga
secara tepat
2.
Berbicara
2.1
Menyampaikan gagasan atau
pendapat secara lisan sesuai konteks tentang kehidupan berkeluarga
2.2
Melakukan dialog dengan lancar sesuai
konteks tentang kehidupan berkeluarga
Indikator:
1. Menyimak
§ Mencocokkan tulisan dengan kata, frasa atau kalimat
yang didengar
§ Melengkapi kalimat dengan kata yang disediakan
· Menentukan benar/salah ujaran yang didengar
·
Menentukan tema dari wacana
lisan
·
Menentukan ide pokok dari
wacana lisan.
·
Mengungkapkan kembali
informasi rinci dari wacana lisan.
2. Berbicara
· Menirukan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan tepat
· Melafalkan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan
intonasi yang tepat
· Menyampaikan informasi sesuai konteks
§ Mengajukan pertanyaan sesuai konteks
§ Menjawab pertanyaan sesuai konteks
· Menceritakan keadaan/kegiatan sesuai konteks
· Melakukan percakapan sesuai konteks
II.Tujuan
Pembelejaran:
Setelah Proses Pembelajaran,
diharapkan siswa mampu: Mengungkapkan kembali isi wacana lisan secara rinci dan siswa mampu menirukan
wacana dengan tepat
II. Materi Pembelajaran:
·
Perkenalan فى البيت
Terlampir
III. Metode:
·
Inkuiri
·
Diskusi
IV. Langkah
Pembelajaran:
NO
|
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
1
|
Pendahuluan
|
15 menit
|
|
a. Guru mengucapkan
salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
b. Guru mengecek kehadiran siswa
c. Guru bersama siswa mengecek kesiapan perangkat
pembelajaran
d. Guru menyampaikan
informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar
dan indikator pencapaian.
e. Siswa menyebutkan
kata-kata yang biasa dipakai dalam perkenalan
f.
Siswa menyebutkan ungkapan-ungkapan yang biasa dipakai dalam perkenalan
|
Pengalaman pribadi
|
||
2
|
Kegiatan Inti
|
60 menit
|
|
a. Siswa mendengarkan
wacana lisan yang dibacakan guru (diulang 3x)
b. Siswa menyebutkan kata-kata
yang didengar
c. Siswa mencocokkan gambar
dengan ujaran yang didengar
d. Siswa menuliskan beberapa
kata yang didengar dari guru
e. Guru bersama siswa
mengoreksi hasil kerja yang telah dilaksanakan
f.
Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok kecil
g. Tiap kelompok terdiri
dari 3-4 orang
h. Tiap kelompok
mendiskusikan isi wacana lisan yang dibacakan guru
i.
Tiap kelompok menuliskan isi wacana lisan secara umum .
|
Guru/Buku Paket
Kartu kata
|
||
3
|
Penutup
|
15 menit
|
|
a.
Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar
b.
Guru memberikan penjelasan dan memberikan
pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat
c.
Guru bersama siswa merefleksi proses
pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan,
perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa
|
Instrumen latihan
|
V. Sumber/Bahan/Alat Belajar:
· Guru
· Buku
paket Pelajaran Bahasa Arab Kurikulum 2008
· Kamus
Bahasa Arab
· Laboratorium
Bahasa Terpadu
· Buku
Al Arobiyah Baina Yadaik
VI. Penilaian:
·
Proses (pada saat KBM berlangsung)
a. Jenis : Individu dan Kelompok
b. Bentuk : UH, UTS, UKK
c. Contoh :
Simaklah
dialog berikut kemudian jawablah pertanyaan berikut;
3. Apa
tema dialog tersebut
4. Ceritakan
kembali isi dialog dalam bentuk narasi
·
Hasil
(tes tulis)
Mengetahui 19
Juli 2010
Kepala MA Jakarta Pusat Guru
Mata Pelajaran Bahasa Arab
Nasrullah Harun Ripki Atkia, S.Pd.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : MA JAKARTA PUSAT
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Status Pendidikan : Madarasah Aliyah
Kelas / Semester : X / I
Alokasi Waktu : 3 jam pelajaran
Standar Kompetensi:
Memahami
informasi lisan, Mengungkapkan
informasi secara lisan, Memahami wacana tulis dan Mengungkapkan informasi
secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang Kehidupan
Berkeluarga dengan struktur kalimat yang
tepat dan benar
Kompetensi
dasar:
3. MEMBACA
3.7
Membaca nyaring kata, frasa dan atau
kalimat dalam wacana tertulis dengan
tepat
3.8
Mengidentifikasi tema wacana secara
tepat
3.9
Memperoleh informasi umum, informasi
tertentu dan atau rinci dari wacana tulis
4. MENULIS
4.1 Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat
Indikator:
3 Membaca
§ Melafalkan kata/frasa/kalimat
dengan tepat
§ Membaca nyaring kata/frasa
/kalimat dengan intonasi dan lafal yang tepat
§ Menentukan tema wacana tulis
§ Menentukan ide pokok dari
wacana tulis
§ Menentukan informasi rinci
dari wacana tulis
§ Menafsirkan makna
kata/ungkapan sesuai konteks
§ Menjawab pertanyaan mengenai
informasi tertentu dari wacana tulis
§ Mencocokkan tulisan dengan
gambar/bagan/ denah dsb.
§ Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana
tulis
4. Menulis
- Menulis kalimat dengan khat Tsulusi
III. Tujuan
Pembelajaran:
Setelah
proses pembelajaran diharapkan siswa mampu: Membaca Nas qiro'ah dengan makhroj
serta intonasi secara baik dan benar serta siswa dapat menyusun kata-kata acak
menjadi kalimat dengan tulisan khot Tsulusi
II. Materi Pembelajaran:
·
Membaca : فى
البيت
Terlampir
III. Metode:
·
Muthola'ah
·
Modeling
IV. Langkah
Pembelajaran:
NO
|
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
|
1
|
Pendahuluan
|
15 menit
|
||
a. Guru mengucapkan
salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
b. Guru mengecek kehadiran siswa
c. Guru menyampaikan
informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar
dan indikator pencapaian.
d. Guru meminta salah
seorang siswa untuk menyebutkan kembali kata-kata dan ungkapan-ungkapan yang
telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
e. Guru meminta salah
seorang siswa untuk menyebutkan poin-poin yang ditanyakan pada saat
berkenalan
f.
Guru meminta salah seorang siswa untuk menceritakan pengalaman saat
berkenalan
|
||||
2
|
Kegiatan Inti
|
60 menit
|
||
a. Seluruh siswa
mendengarkan contoh dialog yang diperagakan oleh guru (diulang 3x)
b. Seluruh siswa
menirukan kata, frasa atau ungkapan yang diucapkan guru
c. Seluruh siswa secara
bersama-sama menjadi partner guru dalam berdialog
d. orang siswa maju ke
depan untuk mempraktekkan dialog yang telah diprogramkan guru
e. Setiap siswa
mengajukan pertanyaan kepada teman di kelas
f.
Setiap siswa menjawab pertanyaan yang diajukan lawan bicara
g. Setiap siswa
melakukan percakapan dengan teman sekelas/sebaya
|
Buku kaligrafi
Buku paket
|
|||
3
|
Penutup
|
15 menit
|
||
a. Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan
hasil belajar
b. Guru
memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang
tepat
c. Guru
bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung,
meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa
|
||||
V. Sumber/Bahan/Alat Belajar:
· Guru
· VCD
· Buku
paket Pelajaran Bahasa Arab
· Ruang
multimedia
· Buku
Kaligrafi
· Puzle
· Kartu
VI. Penilaian:
·
Proses (pada saat KBM berlangsung)
a.
Jenis: kelompok
b.
Bentuk:
c.
Contoh:
·
Mainkan sebuah drama dengan tema Kehidupan di keluarga di
sekolah
Kriteria
Penilaian meliputi:
·
Kesesuaian tema
·
Ketepatan intonasi dan makhroj
·
Kekompakan
·
kelancaran
·
Hasil
(ujian praktek lisan)
Mengetahui 19
Juli 2010
Kepala MA Jakarta Pusat Guru
Mata Pelajaran Bahasa Arab
Nasrullah Harun Ripki Atkia, S.Pd.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : MA JAKARTA PUSAT
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Status Pendidikan : Madarasah Aliyah
Kelas / Semester : X / I
Alokasi Waktu : 3 jam pelajaran
Standar Kompetensi:
Memahami
informasi lisan, Mengungkapkan
informasi secara lisan, Memahami wacana tulis dan Mengungkapkan informasi
secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang Kehidupan
Berkeluarga dengan struktur kalimat yang
tepat dan benar
Kompetensi
dasar:
- Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat
- Mengungkapkan informasi secara tertulis sesuai konteks yang dengan menggunakan kata,frasa dengan huruf, ejaan , tanda baca dan struktur yang tepat
Indikator:
4. Menulis
- Menulis kalimat dengan khat Reka
- Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi wacana
- Membuat wacana/cerita sesuai tema
I.
Tujuan Pembelajaran :
Setelah proses pembelajaran
selesai, siswa diharapkan mampu:
Menulis wacana tulis dengan
tepat dan menyimpulkan wacana tulis dengan benar
II. Materi Pembelajaran :
·
Menyusun Kalimat, Imla' serta
Qowaid
III. Metode :
·
Modelling
·
Diskusi
IV. Langkah
Pembelajaran:
NO
|
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
|
1
|
Pendahuluan
|
15 menit
|
||
a. Guru mengucapkan
salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
b. Guru mengecek kehadiran siswa
c. Guru menyampaikan
informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar
dan indikator pencapaian.
d. 2 orang siswa menulis
ayat ke dua dari surat al Fatihah dengan khat riq’ah di papan tulis.
e. Guru menulis kembali
ayat tersebut dengan khat riq’ah Guru memaparkan istilah-istilah penting yang
berkenaan dengan tempat tinggal
|
Kitab Al Qur’an
Buku panduan kaligrafii
|
|||
2
|
Kegiatan Inti
|
60 menit
|
||
a. setiap siswa menyalin
khat Reka yang dicontohkan oleh guru.
b. Setiap siswa menulis
kata-kata, frasa atau kalimat yang didiktekan guru
c. Siswa dibagi menjadi
beberapa kelompok.
d. Setiap kelompok
terdiri dari 5-6 orang
e. Guru memberikan
lembaran kertas kepada setiap kelompok berisikan:
i.
wacana tulis yang masih belum legkap.
ii.
Kalimat-kalimat acak dari satu wacana.
f.
Setiap kelompok melengkapi wacana dengan kosa kata yang tersedia dan
menyusun kalimat-kalimat tersebut menjadi sebuah wacana yang utuh.
g. Hasil kerja kelompok
dibacakan oleh perwakilan masing-masing kelompok.
h. Setiap kelompok
memberi masukan kepada kelompok lain.
i.
Setiap kelompok membuat wacana sesuai tema dengan memasukkan unsur kaidah
tentang مبتدأ و خبر
|
Buku kaligrafi
Buku paket
Instrumen latihan
|
|||
3
|
Penutup
|
15 menit
|
||
a.
Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar kepada
beberapa siswa.
b. Guru
memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang
tepat
c. Guru
bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung,
meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa
|
Instrumen soal latihan
|
|||
V. Sumber/Bahan/Alat Belajar :
· Buku
Kaligrafi
· Ruang
multimedia
· LCD
VI. Penilaian:
·
Proses (pada saat KBM berlangsung)
d. Jenis:
Individu dan kelompok
e. Bentuk:
Performa dan unjuk kerja
f. Contoh:
4. Tulislah
dengan benar teks berikut!
5. Temukan
ide pokok dari setiap paragraf!
6. Jawablah
pertanyaan berikut dengan benar!
·
Hasil
(tes tulis, ulangan harian)
Mengetahui 19
Juli 2010
Kepala MA Jakarta Pusat Guru
Mata Pelajaran Bahasa Arab
Nasrullah Harun Ripki Atkia, S.Pd.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : MA JAKARTA PUSAT
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Status Pendidikan : Madarasah Aliyah
Kelas / Semester : X / I
Alokasi Waktu : 3 jam pelajaran
Standar Kompetensi:
Memahami
informasi lisan, Mengungkapkan
informasi secara lisan, Memahami wacana tulis dan Mengungkapkan informasi
secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang Kehidupan
Berkeluarga dengan struktur kalimat yang
tepat dan benar
Kompetensi
dasar:
1. Menyimak
1.1 Mengidentifikasi
kata, frasa atau kalimat dalam suatu konteks secara tepat
1.2 Menangkap makna dan
gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan tentang Kehidupan
Berkeluarga
secara tepat
2.
Berbicara
2.1
Menyampaikan gagasan atau
pendapat secara lisan sesuai konteks tentang kehidupan berkeluarga
2.2
Melakukan dialog dengan lancar sesuai
konteks tentang kehidupan berkeluarga
Indikator:
1. Menyimak
§ Mencocokkan tulisan dengan kata, frasa atau kalimat
yang didengar
§ Melengkapi kalimat dengan kata yang disediakan
· Menentukan benar/salah ujaran yang didengar
·
Menentukan tema dari wacana
lisan
·
Menentukan ide pokok dari
wacana lisan.
·
Mengungkapkan kembali
informasi rinci dari wacana lisan.
2. Berbicara
· Menirukan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan tepat
· Melafalkan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan
intonasi yang tepat
· Menyampaikan informasi sesuai konteks
§ Mengajukan pertanyaan sesuai konteks
§ Menjawab pertanyaan sesuai konteks
· Menceritakan keadaan/kegiatan sesuai konteks
· Melakukan percakapan sesuai konteks
III.
Tujuan Pembelejaran:
Setelah Proses Pembelajaran,
diharapkan siswa mampu: Mengungkapkan kembali isi wacana lisan secara rinci dan siswa mampu menirukan
wacana dengan tepat
II. Materi Pembelajaran:
·
Perkenalan فى
السكن
Terlampir
III. Metode:
·
Inkuiri
·
Diskusi
IV. Langkah
Pembelajaran:
NO
|
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
1
|
Pendahuluan
|
15 menit
|
|
a.
Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar
siswa.
b. Guru mengecek kehadiran siswa
c. Guru bersama siswa mengecek kesiapan perangkat
pembelajaran
d.
Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan,
meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
e.
Siswa menyebutkan kata-kata yang biasa dipakai dalam perkenalan
f.
Siswa menyebutkan ungkapan-ungkapan yang biasa dipakai dalam perkenalan
|
Pengalaman pribadi
|
||
2
|
Kegiatan Inti
|
60 menit
|
|
a.
Siswa mendengarkan wacana lisan yang dibacakan guru (diulang 3x)
b.
Siswa menyebutkan kata-kata yang didengar
c.
Siswa mencocokkan gambar dengan ujaran yang didengar
d.
Siswa menuliskan beberapa kata yang didengar dari guru
e.
Guru bersama siswa mengoreksi hasil kerja yang telah dilaksanakan
f.
Siswa dibagi dalam kelompok-kelompok kecil
g.
Tiap kelompok terdiri dari 3-4 orang
h.
Tiap kelompok mendiskusikan isi wacana lisan yang dibacakan guru
|
Guru/Buku Paket
Kartu kata
|
||
3
|
Penutup
|
15 menit
|
|
a. Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan
hasil belajar
b. Guru
memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang
tepat
c. Guru
bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung,
meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa
|
Instrumen latihan
|
V. Sumber/Bahan/Alat Belajar:
· Guru
· Buku
paket Pelajaran Bahasa Arab Kurikulum 2008
· Kamus
Bahasa Arab
· Laboratorium
Bahasa Terpadu
· Buku
Al Arobiyah Baina Yadaik
VI. Penilaian:
·
Proses (pada saat KBM berlangsung)
a. Jenis : Individu dan Kelompok
b. Bentuk : UH, UTS, UKK
c. Contoh :
Simaklah
dialog berikut kemudian jawablah pertanyaan berikut;
5. Apa
tema dialog tersebut
6. Ceritakan
kembali isi dialog dalam bentuk narasi
·
Hasil
(tes tulis)
Mengetahui 19
Juli 2010
Kepala MA Jakarta Pusat Guru
Mata Pelajaran Bahasa Arab
Nasrullah Harun Ripki Atkia, S.Pd.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : MA JAKARTA PUSAT
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Status Pendidikan : Madarasah Aliyah
Kelas / Semester : X / I
Alokasi Waktu : 3 jam pelajaran
Standar Kompetensi:
Memahami
informasi lisan, Mengungkapkan
informasi secara lisan, Memahami wacana tulis dan Mengungkapkan informasi
secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang Kehidupan
Berkeluarga dengan struktur kalimat yang
tepat dan benar
Kompetensi
dasar:
3. MEMBACA
3.10 Membaca nyaring kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana
tertulis dengan tepat
3.11 Mengidentifikasi tema wacana secara tepat
3.12 Memperoleh informasi umum, informasi tertentu dan atau
rinci dari wacana tulis
4. MENULIS
4.1 Menulis kata, frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat
Indikator:
3 Membaca
§ Melafalkan kata/frasa/kalimat
dengan tepat
§ Membaca nyaring kata/frasa
/kalimat dengan intonasi dan lafal yang tepat
§ Menentukan tema wacana tulis
§ Menentukan ide pokok dari
wacana tulis
§ Menentukan informasi rinci
dari wacana tulis
§ Menafsirkan makna
kata/ungkapan sesuai konteks
§ Menjawab pertanyaan mengenai
informasi tertentu dari wacana tulis
§ Mencocokkan tulisan dengan
gambar/bagan/ denah dsb.
§ Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana
tulis
4. Menulis
- Menulis kalimat dengan khat Tsulusi
IV. Tujuan
Pembelajaran:
Setelah
proses pembelajaran diharapkan siswa mampu: Membaca Nas qiro'ah dengan makhroj
serta intonasi secara baik dan benar serta siswa dapat menyusun kata-kata acak
menjadi kalimat dengan tulisan khot Tsulusi
II. Materi Pembelajaran:
·
Membaca : فى
السكن
Terlampir
III. Metode:
·
Muthola'ah
·
Modeling
IV. Langkah
Pembelajaran:
NO
|
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
|
1
|
Pendahuluan
|
15 menit
|
||
a.
Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar
siswa.
b. Guru mengecek kehadiran siswa
c.
Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan,
meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
d.
Guru meminta salah seorang siswa untuk menyebutkan kembali kata-kata dan
ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
e.
Guru meminta salah seorang siswa untuk menyebutkan poin-poin yang
ditanyakan pada saat berkenalan
f.
Guru meminta salah seorang siswa untuk menceritakan pengalaman saat
berkenalan
|
||||
2
|
Kegiatan Inti
|
60 menit
|
||
a.
Seluruh siswa mendengarkan contoh dialog yang diperagakan oleh guru
(diulang 3x)
b.
Seluruh siswa menirukan kata, frasa atau ungkapan yang diucapkan guru
c.
Seluruh siswa secara bersama-sama menjadi partner guru dalam berdialog
d.
orang siswa maju ke depan untuk mempraktekkan dialog yang telah diprogramkan
guru
e.
Setiap siswa mengajukan pertanyaan kepada teman di kelas
f.
Setiap siswa menjawab pertanyaan yang diajukan lawan bicara
g.
Setiap siswa melakukan percakapan dengan teman sekelas/sebaya
h.
setiap siswa menyalin khat Tsulusi yang dicontohkan oleh guru
|
Buku kaligrafi
Buku paket
|
|||
3
|
Penutup
|
15 menit
|
||
a. Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan
hasil belajar
b. Guru
memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang
tepat
c. Guru
bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung,
meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa
|
||||
V. Sumber/Bahan/Alat Belajar:
· Guru
· VCD
· Buku
paket Pelajaran Bahasa Arab
· Buku
Kaligrafi
· Puzle
VI. Penilaian:
·
Proses (pada saat KBM berlangsung)
a.
Jenis: kelompok
d.
Bentuk:
e.
Contoh:
·
Mainkan sebuah drama dengan tema Kehidupan di keluarga di
sekolah
Kriteria
Penilaian meliputi:
·
Kesesuaian tema
·
Ketepatan intonasi dan makhroj
·
Kekompakan
·
kelancaran
·
Hasil
(ujian praktek lisan)
Mengetahui 19
Juli 2010
Kepala MA Jakarta Pusat Guru
Mata Pelajaran Bahasa Arab
Nasrullah Harun Ripki Atkia, S.Pd.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : MA JAKARTA PUSAT
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Status Pendidikan : Madarasah Aliyah
Kelas / Semester : X / I
Alokasi Waktu : 2 jam
pelajaran
Standar Kompetensi:
Memahami
informasi lisan, Mengungkapkan
informasi secara lisan, Memahami wacana tulis dan Mengungkapkan informasi
secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang Kehidupan
Berkeluarga dengan struktur kalimat yang
tepat dan benar
Kompetensi
dasar:
1.
Menulis kata, frasa,dan kalimat
dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat
2.
Mengungkapkan informasi secara tertulis sesuai konteks yang dengan
menggunakan kata,frasa dengan huruf,
ejaan , tanda baca dan struktur yang tepat
Indikator:
4. Menulis
- Menulis kalimat dengan khat Dewani
- Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi wacana
- Membuat wacana/cerita sesuai tema
I.
Tujuan Pembelajaran :
Setelah proses pembelajaran
selesai, siswa diharapkan mampu:
Menulis wacana tulis dengan
tepat dan menyimpulkan wacana tulis dengan benar
II. Materi Pembelajaran :
·
Menyusun Kalimat, Imla' serta
Qowaid
III. Metode :
·
Modelling
·
Diskusi
IV. Langkah
Pembelajaran:
NO
|
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
|
1
|
Pendahuluan
|
15 menit
|
||
a.
Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar
siswa.
b. Guru mengecek kehadiran siswa
c.
Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan,
meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
d.
2 orang siswa menulis ayat ke dua dari surat al Fatihah dengan khat
riq’ah di papan tulis.
e.
Guru menulis kembali ayat tersebut dengan khat riq’ah Guru memaparkan
istilah-istilah penting yang berkenaan dengan tempat tinggal
|
Kitab Al Qur’an
Buku panduan kaligrafii
|
|||
2
|
Kegiatan Inti
|
60 menit
|
||
a.
setiap siswa menyalin khat riq’ah yang dicontohkan oleh guru.
b.
Setiap siswa menulis kata-kata, frasa atau kalimat yang didiktekan guru
c.
Siswa dibagi menjadi beberapa kelompok.
d.
Setiap kelompok terdiri dari 5-6 orang
e.
Guru memberikan lembaran kertas kepada setiap kelompok berisikan:
a.
wacana tulis yang masih belum legkap.
b.
Kalimat-kalimat acak dari satu wacana.
f.
Setiap kelompok melengkapi wacana dengan kosa kata yang tersedia dan
menyusun kalimat-kalimat tersebut menjadi sebuah wacana yang utuh.
g.
Hasil kerja kelompok dibacakan oleh perwakilan masing-masing kelompok.
h.
Setiap kelompok memberi masukan kepada kelompok lain.
i.
Setiap kelompok membuat wacana sesuai tema dengan memasukkan unsur kaidah
tentang خبر مقدم
|
Buku kaligrafi
Buku paket
Instrumen latihan
|
|||
3
|
Penutup
|
15 menit
|
||
a.
Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar kepada
beberapa siswa.
b. Guru
memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang
tepat
c. Guru
bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung,
meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa
|
Instrumen soal latihan
|
|||
V. Sumber/Bahan/Alat Belajar :
· Buku
Kaligrafi
· Ruang
multimedia
· LCD
VI. Penilaian:
·
Proses (pada saat KBM berlangsung)
a.
Jenis: Individu dan kelompok
b.
Bentuk: Performa dan unjuk kerja
c.
Contoh:
Tulislah dengan benar teks
berikut!
Temukan ide pokok dari setiap
paragraf!
Jawablah pertanyaan berikut
dengan benar!
·
Hasil
(tes tulis, ulangan harian)
Mengetahui 19
Juli 2010
Kepala MA Jakarta Pusat Guru
Mata Pelajaran Bahasa Arab
Nasrullah Harun Ripki Atkia, S.Pd.I
Tidak ada komentar:
Posting Komentar