RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : MA JAKARTA PUSAT
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Status Pendidikan : Madarasah Aliyah
Kelas / Semester : X / 2
Alokasi Waktu : 2 jam
pelajaran
Standar Kompetensi:
·
Memahami informasi lisan, Mengungkapkan
informasi secara lisan, Memahami wacana tulis dan
Mengungkapkan
informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang Hobi (
الهواية ) dengan struktur kalimat yang
tepat dan benar
Kompetensi
dasar:
- Mengidentifikasi kata, frasa atau kalimat dalam suatu konteks secara tepat tentang Hobi (الهواية)
- Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan tentang Hobi (الهواية) secara tepat
- Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan dengan lafal yang tepat tentang hobi
- Melakukan dialog sederhana dengan tepat dan lancar
Indikator:
§
Mencocokkan tulisan dengan
kata, frasa atau kalimat yang didengar
§
Melengkapi kalimat dengan kata
yang disediakan
§
Menentukan benar/salah ujaran
yang didengar
§
Menirukan ujaran (kata,frasa,
kalimat) dengan tepat
§
Melafalkan ujaran (kata,frasa,
kalimat) dengan intonasi yang tepat
§
Menyampaikan informasi sesuai
konteks
§
Menirukan
ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan tepat
§
Melafalkan
ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan intonasi yang tepat
§
Menyampaikan
informasi sesuai konteks
§
Mengajukan
pertanyaan sesuai konteks
§
Menjawab
pertanyaan
§
sesuai konteks
§
Menceritakan
keadaan/kegiatan sesuai konteks
§
Melakukan
percakapan sesuai konteks
I Tujuan
Pembelejaran:
Setelah Proses Pembelajaran,
diharapkan siswa mampu: Mengungkapkan kembali isi wacana lisan secara rinci
II Materi
Pembelajaran:
·
Hobi ( الهواية )
III Metode:
·
Inkuiri
·
Diskusi
IV Langkah Pembelajaran:
NO
|
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
1
|
Pendahuluan
|
|
15
menit
|
|
a.
Guru mengucapkan salam
sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
b.
Guru mengecek kehadiran siswa
c.
Guru bersama siswa mengecek
kesiapan perangkat pembelajaran
d.
Guru menyampaikan informasi
tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan
indikator pencapaian.
e.
Siswa menyebutkan kata-kata
yang biasa dipakai dalam mengungkapkan hobi
f.
Siswa menyebutkan
ungkapan-ungkapan yang biasa dipakai dalam mengungkapkan hobi
|
Pengalaman pribadi
|
|
2
|
Kegiatan
Inti
|
|
60
menit
|
|
a.
Siswa mendengarkan wacana
lisan yang dibacakan guru (diulang 3x)
b.
Siswa menyebutkan kata-kata
yang didengar
c.
Siswa mencocokkan gambar
dengan ujaran yang didengar
d.
Siswa menuliskan beberapa
kata yang didengar dari guru
e.
Guru bersama siswa
mengoreksi hasil kerja yang telah dilaksanakan
f.
Siswa dibagi dalam
kelompok-kelompok kecil
g.
Tiap kelompok terdiri dari
3-4 orang
h.
Tiap kelompok mendiskusikan
isi wacana lisan yang dibacakan guru.
|
Guru/Buku Paket
Kartu kata
|
|
3
|
Penutup
|
|
15
menit
|
|
a. Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan
hasil belajar
b. Guru memberikan
penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat
c. Guru bersama siswa
merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan
dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa
|
Instrumen
latihan
|
|
V
Sumber/Bahan/Alat Belajar:
·
Guru
·
Buku paket Pelajaran Bahasa Arab Kurikulum 2008
·
Laboratorium Bahasa
VI
Penilaian:
·
Proses ( saat
KBM berlangsung )
a.
teknik : menulis
dan unjuk kerja
b.
Bentuk :
UH, UTS, UKK
c.
Aspek : menyimak
dan berbicara
d.
Contoh soal :
Simaklah
dialog berikut kemudian jawablah pertanyaan berikut;
1. Apa
tema dialog tersebut
2. Ceritakan
kembali isi dialog dalam bentuk narasi
·
Hasil
(tes tulis)
Mengetahui 19
Juli 2010
Kepala MA Jakarta Pusat Guru
Mata Pelajaran Bahasa Arab
Nasrullah Harun Ripki Atkia, S.Pd.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : MA JAKARTA PUSAT
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Status Pendidikan : Madarasah Aliyah
Kelas / Semester : X / 2
Alokasi Waktu : 3 jam pelajaran
Standar
Kompetensi:
·
Memahami informasi lisan, Mengungkapkan
informasi secara lisan, Memahami wacana tulis dan
Mengungkapkan
informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang Hobi (
الهواية ) dengan
struktur kalimat yang tepat dan benar
Kompetensi
dasar:
1. Membaca nyaring kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana
tertulis dengan tepat dan benar tentang hobi
2. Mengidentifikasi bentuk dan tema
wacana secara tepat dan benar tentang hobi
3. Menemukan makna dan gagasan atau ide
wacana tertulis secara tepat tentang hobi
Indikator:
§ Melafalkan kata/frasa/kalimat dengan
tepat
§ Membaca nyaring kata/frasa /kalimat
dengan intonasi dan lafal yang tepat
§ Menentukan tema wacana tulis
§ Menentukan ide pokok dari wacana
tulis
§ Menentukan informasi rinci dari
wacana tulis
§ Menafsirkan makna kata/ungkapan
sesuai konteks
§ Menjawab pertanyaan mengenai
informasi tertentu dari wacana tulis
§ Mencocokkan tulisan dengan
gambar/bagan/ denah dsb.
§ Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana
tulis
I
Tujuan Pembelajaran:
Setelah proses pembelajaran
diharapkan siswa mampu: Membaca, mengindentifikasi dan menemukan makna dari
bahan bacaan
II
Materi Pembelajaran:
·
Hobi ( الهواية )
III
Metode:
·
Modeling
·
Drill
IV Langkah Pembelajaran:
NO
|
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
|
1
|
Pendahuluan
|
|
15
menit
|
|
|
a.
Guru mengucapkan salam
sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
b.
Guru mengecek kehadiran siswa
c.
Guru menyampaikan informasi
tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan
indikator pencapaian.
d.
Guru meminta salah seorang
siswa untuk menyebutkan kembali kata-kata dan ungkapan-ungkapan yang telah
dipelajari pada pertemuan sebelumnya
e.
Guru meminta salah seorang
siswa untuk menyebutkan poin-poin yang ditanyakan pada saat berkenalan
f.
Guru meminta salah seorang
siswa untuk menceritakan pengalaman saat berkenalan
|
|
|
|
2
|
Kegiatan Inti
|
|
60
menit
|
|
|
a.
Seluruh siswa mendengarkan
contoh dialog yang diperagakan oleh guru (diulang 3x)
b.
Seluruh siswa menirukan
kata, frasa atau ungkapan yang diucapkan guru
c.
Seluruh siswa secara
bersama-sama menjadi partner guru dalam berdialog
d.
5 orang siswa maju ke depan
untuk mempraktekkan dialog yang telah diprogramkan guru
e.
Setiap siswa mengajukan
pertanyaan kepada teman di kelas
f.
Setiap siswa menjawab
pertanyaan yang diajukan lawan bicara
g.
Setiap siswa melakukan
percakapan dengan teman sekelas/sebaya
|
Guru
VCD
Buku Paket
|
|
|
3
|
Penutup
|
|
15
menit
|
|
|
a. Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan
hasil belajar
b. Guru memberikan
penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat
c. Guru bersama siswa
merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan
dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa
|
|
|
|
V Sumber/Bahan/Alat Belajar:
·
Guru
·
VCD
·
Buku paket Pelajaran Bahasa Arab Kurikulum 2008
·
Ruang
multimedia
VI Penilaian:
§ Proses ( saat KBM berlangsung )
a.
Teknik :
menulis dan unjuk kerja
b.
Bentuk :
UH, UTS, UKK
c.
Aspek : membaca
d.
Contoh soal : Mainkan
sebuah drama dengan tema hobi
Kriteria
Penilaian meliputi:
·
Kesesuaian tema
·
Ketepatan intonasi dan makhroj
·
Kekompakan
·
Kelancaran
·
Hasil
(ujian praktek lisan)
Mengetahui 19
Juli 2010
Kepala MA Jakarta Pusat Guru
Mata Pelajaran Bahasa Arab
Nasrullah Harun Ripki Atkia, S.Pd.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : MA JAKARTA PUSAT
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Status Pendidikan : Madarasah Aliyah
Kelas / Semester : X / 2
Alokasi Waktu : 3 jam pelajaran
Standar
Kompetensi:
·
Memahami informasi lisan, Mengungkapkan
informasi secara lisan, Memahami wacana tulis dan
Mengungkapkan
informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang Hobi (
الهواية ) dengan struktur kalimat yang
tepat dan benar
Kompetensi
dasar:
·
Menulis kata,
frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan
dan tanda baca yang tepat tentang hobi
·
Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur
yang benar tentang hobi
Indikator:
·
Menulis kalimat dengan khat riq’ah
·
Menulis
kata-kata, frasa atau kalimat yang didektekan oleh guru
·
Menyusun kata /
frasa menjadi kalimat dengan struktur yang tepat
·
Menyusun
frasa/kalimat yang tersedia menjadi wacana
·
Membuat
wacana/cerita sederhana sesuai temas
I Tujuan Pembelajaran :
·
Setelah proses pembelajaran selesai, siswa diharapkan
mampu:
Membaca wacana tulis dengan
tepat dan menyimpulkan wacana tulis dengan benar
II Materi Pembelajaran :
·
Hobi ( الهواية )
III Metode :
·
Modelling
·
Diskusi
Langkah Pembelajaran:
NO
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
|
1
|
Pendahuluan
|
|
15 menit
|
|
|
a.
Guru mengucapkan salam
sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
b.
Guru mengecek kehadiran siswa
c.
Guru menyampaikan informasi
tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan
indikator pencapaian.
d.
Guru meminta salah seorang
siswa untuk menyebutkan alamat rumahnya
e.
Guru meminta salah seorang
siswa yang lain untuk menyebutkan beberapa istilah yang berkenaan dengan
tempat tinggal
f.
Guru memaparkan
istilah-istilah penting yang berkenaan dengan tempat tinggal
|
Pengalaman pribadi
Guru
|
|
|
2
|
Kegiatan Inti
|
|
60 menit
|
|
|
a.
Seluruh siswa mendengarkan
lafal guru dalam membaca kata, frasa atau kalimat
b.
Seluruh siswa menirukan
lafal guru dalam membaca kata, frasa atau kalimat
c.
Seluruh siswa mendengarkan
lafal guru dalam membaca wacana
d.
Seluruh siswa menirukan
lafal guru dalam membaca wacana
e.
1 orang siswa memimpin
teman-temannya membaca nyaring wacana tulis.
f.
Siswa dibagi dalam kelompok
kecil.
g.
Setiap kelompok terdiri dari
2-3 orang.
h.
Setiap kelompok
mengidentifikasi kata-kata atau istilah-istilah yang sulit.
i.
Setiap kelompok mengutus
perwakilannya untuk menulis kata-kata atau istilah-istilah yang sulit
tersebut di papan tulis.
j.
Setiap kelompok berdiskusi
untuk menentukan tema dan ide pokok dari setiap paragraf.
k.
Setiap kelompok membuat
rangkuman dari isi wacana tulis tersebut.
l.
Setiap kelompok membacakan
hasil rangkumannya di depan kelas.
m.
Guru membuat klasifikasi kata-kata
yang ada di dalam wacana tulis ke dalam huruf jar
n.
Guru mengklasifikasi macam-macam
huruf jar
o.
Siswa membuat contoh kalimat
dengan menggunakan huruf jar
|
Buku Paket Bahasa Arab
Buku Nahwu
|
|
|
3
|
Penutup
|
|
15 menit
|
|
|
a.
Guru memberikan pertanyaan
lisan/ soal latihan hasil belajar kepada beberapa siswa.
b.
Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan
konsep jika ada yang kurang tepat
c.
Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang
telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan
yang dihadapi siswa
|
Instrumen soal latihan
|
|
|
V Sumber/Bahan/Alat Belajar :
·
Buku paket Pelajaran Bahasa Arab Kurikulum 2008
·
Ruang multimedia
·
LCD
VI Penilaian:
·
Proses (pada saat KBM berlangsung)
a. Teknik
: Individu dan kelompok
b. Bentuk : Performa dan unjuk kerja
c. Aspek : mennulis dan membaca
d. Contoh :
1.
Bacalah dengan benar teks berikut!
2.
Temukan ide pokok dari setiap paragraf!
3.
Tulislah kembali bahan bacaan dengan khat riq’ah
·
Hasil
(tes tulis, ulangan harian)
Mengetahui 19
Juli 2010
Kepala MA Jakarta Pusat Guru
Mata Pelajaran Bahasa Arab
Nasrullah Harun Ripki Atkia, S.Pd.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : MA JAKARTA PUSAT
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Status Pendidikan : Madarasah Aliyah
Kelas / Semester : X / 2
Alokasi Waktu : 2 jam
pelajaran
Standar Kompetensi :
·
Memahami informasi lisan, Mengungkapkan
informasi secara lisan, Memahami wacana tulis dan
Mengungkapkan
informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang Pekerjaan (
المهنة ) dengan struktur kalimat yang
tepat dan benar
Kompetensi
dasar :
1.
Mengidentifikasi
bunyi, ujaran ( kata, frasa atau kalimat) dalam suatu konteks secara tepat
tentang pekerjaan
2.
Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan tentang secara tepat tentang pekerjaan
3.
Menyampaikan
gagasan atau pendapat secara lisan dengan lafal yang tepat tentang pekerjaan
4.
Melakukan
dialog sederhana dengan tepat dan lancar
Indikator :
·
Mencocokkan tulisan dengan
kata, frasa atau kalimat yang didengar
·
Melengkapi kalimat dengan kata
yang disediakan
·
Menentukan benar/salah ujaran
yang didengar
·
Menirukan ujaran (kata,frasa,
kalimat) dengan tepat
·
Melafalkan ujaran (kata,frasa,
kalimat) dengan intonasi yang tepat
·
Menyampaikan informasi sesuai
konteks
·
Menirukan
ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan tepat
·
Melafalkan
ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan intonasi yang tepat
·
Menyampaikan
informasi sesuai konteks
·
Mengajukan
pertanyaan sesuai konteks
·
Menjawab
pertanyaansesuai konteks
·
Menceritakan
keadaan/kegiatan sesuai konteks
·
Melakukan
percakapan sesuai konteks
I Tujuan Pembelejaran:
Setelah Proses Pembelajaran,
diharapkan siswa mampu: Mengungkapkan kembali isi wacana lisan secara rinci
II Materi
Pembelajaran:
·
Pekerjaan ( المهنة )
III Metode:
·
Inkuiri
·
Diskusi
IV Langkah Pembelajaran:
NO
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
1
|
Pendahuluan
|
|
15 menit
|
|
a.
Guru mengucapkan salam
sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
b.
Guru mengecek kehadiran siswa
c.
Guru bersama siswa mengecek
kesiapan perangkat pembelajaran
d.
Guru menyampaikan informasi
tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan
indikator pencapaian.
e.
Siswa menyebutkan kata-kata
yang biasa dipakai dalam mengungkapkan hobi
f.
Siswa menyebutkan
ungkapan-ungkapan yang biasa dipakai dalam mengungkapkan hobi
|
Pengalaman pribadi
|
|
2
|
Kegiatan Inti
|
|
60 menit
|
|
a.
Siswa mendengarkan wacana
lisan yang dibacakan guru (diulang 3x)
b.
Siswa menyebutkan kata-kata
yang didengar
c.
Siswa mencocokkan gambar
dengan ujaran yang didengar
d.
Siswa menuliskan beberapa
kata yang didengar dari guru
e.
Guru bersama siswa
mengoreksi hasil kerja yang telah dilaksanakan
f.
Siswa dibagi dalam
kelompok-kelompok kecil
g.
Tiap kelompok terdiri dari
3-4 orang
h.
Tiap kelompok mendiskusikan
isi wacana lisan yang dibacakan guru
i.
Tiap kelompok menuliskan isi
wacana lisan secara umum
j.
Tiap kelompok mendelegasikan
perwakilannya untuk mempresentasikan hasil pekerjaannya di depan laboratorium
bahasa.
|
Guru/Buku Paket
Kartu kata
|
|
3
|
Penutup
|
|
15 menit
|
|
a.
Guru memberikan pertanyaan
lisan/ soal latihan hasil belajar
b.
Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan
konsep jika ada yang kurang tepat
c.
Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang
telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan
yang dihadapi siswa
|
Instrumen latihan
|
|
V Sumber/Bahan/Alat Belajar:
·
Guru
·
Buku paket Pelajaran Bahasa Arab Kurikulum 2008
·
Laboratorium Bahasa
VI Penilaian:
·
Proses ( saat
KBM berlangsung )
a.
teknik :
menulis dan unjuk kerja
b.
Bentuk :
UH, UTS, UKK
c.
Aspek : menyimak
dan berbicara
d.
Contoh soal :
Simaklah
dialog berikut kemudian jawablah pertanyaan berikut;
3. Apa
tema dialog tersebut
4. Ceritakan
kembali isi dialog dalam bentuk narasi
·
Hasil
(tes tulis)
Mengetahui 19
Juli 2010
Kepala MA Jakarta Pusat Guru
Mata Pelajaran Bahasa Arab
Nasrullah Harun Ripki Atkia, S.Pd.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : MA JAKARTA PUSAT
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Status Pendidikan : Madarasah Aliyah
Kelas / Semester : X / 2
Alokasi Waktu : 3 jam pelajaran
Standar Kompetensi:
·
Memahami informasi lisan, Mengungkapkan
informasi secara lisan, Memahami wacana tulis dan
Mengungkapkan
informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang Pekerjaan
(
المهنة ) dengan
struktur kalimat yang tepat dan benar
Kompetensi
dasar:
1. Membaca nyaring kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana
tertulis dengan tepat dan benar tentang pekerjaan
2. Mengidentifikasi bentuk dan tema
wacana secara tepat dan benar tentang pekerjaan
3. Menemukan makna dan gagasan atau ide
wacana tertulis secara tepat tentang hobi
Indikator:
·
Melafalkan
kata/frasa/kalimat dengan tepat
·
Membaca nyaring
kata/frasa /kalimat dengan intonasi dan lafal yang tepat
·
Menentukan tema
wacana tulis
·
Menentukan ide
pokok dari wacana tulis
·
Menentukan
informasi rinci dari wacana tulis
·
Menafsirkan
makna kata/ungkapan sesuai konteks
·
Menjawab
pertanyaan mengenai informasi tertentu dari wacana tulis
·
Mencocokkan
tulisan dengan gambar/bagan/ denah dsb.
·
Menjawab
pertanyaan mengenai informasi rinci
dari wacana tulis
I Tujuan Pembelajaran:
Setelah
proses pembelajaran diharapkan siswa mampu: Membaca, mengindentifikasi dan
menemukan makna dari bahan bacaan
II Materi Pembelajaran:
·
Pekerjaan ( المهنة )
III Metode:
·
Modeling
·
Drill
IV Langkah Pembelajaran:
NO
|
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
|
1
|
Pendahuluan
|
|
15 menit
|
|
|
a.
Guru mengucapkan salam
sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
b.
Guru mengecek kehadiran siswa
c.
Guru menyampaikan informasi
tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan
indikator pencapaian.
d.
Guru meminta salah seorang
siswa untuk menyebutkan kembali kata-kata dan ungkapan-ungkapan yang telah
dipelajari pada pertemuan sebelumnya
e.
Guru meminta salah seorang
siswa untuk menyebutkan poin-poin yang ditanyakan pada saat berkenalan
f.
Guru meminta salah seorang
siswa untuk menceritakan pengalaman saat berkenalan
|
|
|
|
2
|
Kegiatan Inti
|
|
60 menit
|
|
|
a.
Seluruh siswa mendengarkan
contoh dialog yang diperagakan oleh guru (diulang 3x)
b.
Seluruh siswa menirukan
kata, frasa atau ungkapan yang diucapkan guru
c.
Seluruh siswa secara
bersama-sama menjadi partner guru dalam berdialog
d.
5 orang siswa maju ke depan
untuk mempraktekkan dialog yang telah diprogramkan guru
e.
Setiap siswa mengajukan
pertanyaan kepada teman di kelas
f.
Setiap siswa menjawab
pertanyaan yang diajukan lawan bicara
g.
Setiap siswa melakukan
percakapan dengan teman sekelas/sebaya
|
Guru
VCD
Buku Paket
|
|
|
3
|
Penutup
|
|
15 menit
|
|
|
a.
Guru memberikan pertanyaan
lisan/ soal latihan hasil belajar
b.
Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan
konsep jika ada yang kurang tepat
c.
Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang
telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan
yang dihadapi siswa
|
|
|
|
V Sumber/Bahan/Alat Belajar:
·
Guru
·
VCD
·
Buku paket Pelajaran Bahasa Arab Kurikulum 2008
·
Ruang
multimedia
VI Penilaian:
§ Proses ( saat KBM berlangsung )
e.
Teknik :
menulis dan unjuk kerja
f.
Bentuk :
UH, UTS, UKK
g.
Aspek : membaca
h.
Contoh soal : Mainkan
sebuah drama dengan tema hobi
Kriteria
Penilaian meliputi:
·
Kesesuaian tema
·
Ketepatan intonasi dan makhroj
·
Kekompakan
·
Kelancaran
·
Hasil
(ujian praktek lisan)
Mengetahui 19
Juli 2010
Kepala MA Jakarta Pusat Guru
Mata Pelajaran Bahasa Arab
Nasrullah Harun Ripki Atkia, S.Pd.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : MA JAKARTA PUSAT
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Status Pendidikan : Madarasah Aliyah
Kelas / Semester : X / 2
Alokasi Waktu : 2 jam
pelajaran
Standar Kompetensi:
·
Memahami informasi lisan, Mengungkapkan
informasi secara lisan, Memahami wacana tulis dan
Mengungkapkan
informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang Pekerjaan ( المهنة ) dengan
struktur kalimat yang tepat dan benar
Kompetensi
dasar:
1.
Menulis kata,
frasa,dan kalimat dengan huruf, ejaan
dan tanda baca yang tepat tentang pekerjaan
2. Mengungkapkan
gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur
yang benar tentang
pekerjaan
Indikator:
·
Menulis kalimat dengan khat riq’ah
·
Menulis
kata-kata, frasa atau kalimat yang didektekan oleh guru
·
Menyusun kata /
frasa menjadi kalimat dengan struktur yang tepat
·
Menyusun
frasa/kalimat yang tersedia menjadi wacana
·
Membuat
wacana/cerita sederhana sesuai temas
I Tujuan Pembelajaran :
·
Setelah proses pembelajaran selesai, siswa diharapkan
mampu:
Membaca wacana tulis dengan
tepat dan menyimpulkan wacana tulis dengan benar
II Materi Pembelajaran :
·
Pekerjaan ( المهنة
)
III Metode :
·
Modelling
·
Diskusi
IV Langkah
Pembelajaran:
NO
|
LANGKAH-LANGKAH
KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
|
1
|
Pendahuluan
|
|
15 menit
|
|
|
a.
Guru mengucapkan salam
sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
b.
Guru mengecek kehadiran siswa
c.
Guru menyampaikan informasi
tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan
indikator pencapaian.
d.
Guru meminta salah seorang
siswa untuk menyebutkan alamat rumahnya
e.
Guru meminta salah seorang
siswa yang lain untuk menyebutkan beberapa istilah yang berkenaan dengan
tempat tinggal
f.
Guru memaparkan
istilah-istilah penting yang berkenaan dengan tempat tinggal
|
Pengalaman pribadi
Guru
|
|
|
2
|
Kegiatan Inti
|
|
60 menit
|
|
|
a.
Seluruh siswa mendengarkan
lafal guru dalam membaca kata, frasa atau kalimat
b.
Seluruh siswa menirukan
lafal guru dalam membaca kata, frasa atau kalimat
c.
Seluruh siswa mendengarkan
lafal guru dalam membaca wacana
d.
Seluruh siswa menirukan
lafal guru dalam membaca wacana
e.
1 orang siswa memimpin
teman-temannya membaca nyaring wacana tulis.
f.
Siswa dibagi dalam kelompok
kecil.
g. Setiap kelompok terdiri dari 2-3 orang.
h.
Setiap kelompok
mengidentifikasi kata-kata atau istilah-istilah yang sulit.
i.
Setiap kelompok mengutus
perwakilannya untuk menulis kata-kata atau istilah-istilah yang sulit
tersebut di papan tulis.
j.
Setiap kelompok berdiskusi
untuk menentukan tema dan ide pokok dari setiap paragraf.
k.
Setiap kelompok membuat
rangkuman dari isi wacana tulis tersebut.
l.
Setiap kelompok membacakan
hasil rangkumannya di depan kelas.
m.
Guru membuat klasifikasi
kata-kata yang ada di dalam wacana tulis ke dalam huruf jar
n.
Guru mengklasifikasi
macam-macam huruf jar
o.
Siswa membuat contoh kalimat
dengan menggunakan huruf jar
|
Buku Paket Bahasa Arab
Buku Nahwu
|
|
|
3
|
Penutup
|
|
15 menit
|
|
|
a.
Guru memberikan pertanyaan
lisan/ soal latihan hasil belajar kepada beberapa siswa.
b.
Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan
konsep jika ada yang kurang tepat
c.
Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang
telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan
yang dihadapi siswa
|
Instrumen soal latihan
|
|
|
V Sumber/Bahan/Alat Belajar :
·
Buku paket Pelajaran Bahasa Arab Kurikulum 2008
·
Ruang multimedia
·
LCD
VI Penilaian:
·
Proses (pada saat KBM berlangsung)
a. Teknik
: Individu dan kelompok
b. Bentuk : Performa dan unjuk kerja
c. Aspek : mennulis dan membaca
d. Contoh :
1.
Bacalah dengan benar teks berikut!
2.
Temukan ide pokok dari setiap paragraf!
3.
Tulislah kembali bahan bacaan dengan khat riq’ah
·
Hasil
(tes tulis, ulangan harian)
Mengetahui 19
Juli 2010
Kepala MA Jakarta Pusat Guru
Mata Pelajaran Bahasa Arab
Nasrullah Harun Ripki Atkia, S.Pd.I
Tidak ada komentar:
Posting Komentar