RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : MA JAKARTA PUSAT
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Status Pendidikan : Madarasah Aliyah
Kelas / Semester : XI / I
Alokasi Waktu : 2 jam
pelajaran
Standar Kompetensi:
1. Memahami informasi lisan berbentuk
paparan atau dialog tentang remaja dan
kesehatan
Kompetensi dasar:
Menyimak
2.1
Mengidentifikasi bunyi, ujaran
(kata, frasa atau kalimat ) tentang remaja dan
kesehatan dengan tepat pat
2.2
Menangkap makna dan gagasan
atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan tentang remaja dan kesehatan
secara tepat
I.
Tujuan Pembelejaran:
Setelah Proses
Pembelajaran, diharapkan siswa mampu: Mengidentifikasi dan menangkap makna,
gagasan atau ide dari berbagai wacana lisan tentang kesehatan.
II. Materi Pembelajaran:
· Dialog dengan judul:
1. Fase Remaja, misalnya :
مرحلة
الشباب اهم مرحلة في حياة الإنسان، وأغلى ثروة عند الأمة. ومرحلة الشباب هي مرحلة
العطاء والعمل. والإنسان الذي الذي لا يعطي في شبابه، قلما يعطي في بقية عمره.
وكان كثير من أصحاب الرسول صلى الله عليه وسلم من الشباب، وقد ولاهم مسؤوليات
كبيرة؛ حيث ولى كثيرا منهم قيادة الجيش، وفيه شيوخ المهاجرين والأنصار؛ فقد ولى
زيد بن حارثة... إلخ
(أنظر
العربية بين يديك ج 2 ص 273)
2. Berkunjung ke dokter, Misalnya:
لماذا
حضرت اليوم إلى المستشفى؟
حضرت
لزيارة طبيب الأسنان
بم تشعر؟
أشعر بألم
شديد في أسناني. ولماذا حضرت أنت إلى المستشفى؟
حضرت
لزيارة طبيب الأنف والأذن والحنجرة
هل لديك
موعد مع الطبيب؟
نعم،
موعدي الساعة العاشرة
موعدي
الساعة العاشرة أيضا.
الساعة
الآن التاسعة والنصف، الباقي نصف ساعة.
III. Metode:
·
Inkuiri
·
Diskusi
IV. Langkah
Pembelajaran:
NO
|
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
1
|
Pendahuluan
|
|
15 menit
|
|
· Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan
menanyakan kabar siswa.
·
Guru mengecek kehadiran siswa
·
Guru bersama siswa mengecek kesiapan
perangkat pembelajaran
· Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan
disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
|
Pengalaman pribadi
|
|
2
|
Kegiatan Inti
|
|
60 menit
|
|
· Mendengarkan wacana lisan menggunakan berbagai media.
· Menyebutkan kata-kata yang didengar
· Mencocokkan gambar dengan ujaran yang didengar
· Menuliskan beberapa kata yang didengar dengan bantuan
guru
· Menentukan benar atau salah ujaran yang di dengar
· Mendengarkan wacana lisan dengan menggunakan berbagai
media (guru atau tape)
· Mendiskusikan isi wacana lisan
· Menuliskan isi wacana lisan secara umum
· Memaparkan isi wacana lisan secara umum
|
Guru/Buku Paket
Kartu kata
|
|
3
|
Penutup
|
|
15 menit
|
|
· Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil
belajar
· Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan
konsep jika ada yang kurang tepat
· Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang
telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan
yang dihadapi siswa
|
Instrumen latihan
|
|
V. Sumber/Bahan/Alat Belajar:
· Guru
· Buku
paket Pelajaran Bahasa Arab
· Laboratorium
Bahasa
VI. Penilaian:
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
|
·
Mencocokkan tulisan dengan kata, frasa atau kalimat
yang didengar
·
Melengkapi kalimat dengan kata yang disediakan
·
Menentukan benar/salah ujaran yang didengar
·
Menentukan tema dari wacana lisan
·
Menentukan ide pokok dari wacana lisan.
·
Mengungkapkan kembali informasi rinci dari wacana
lisan.
·
Mengidentifikasi kosa kata-kosa kata baru atau sulit
|
Tugas individu
(menyimak dialog)
Tugas Kelompok
(menentukan tema, ide pokok, menulis informasi rinci
dan mengidentifi-kasi kosa kata sulit)
|
Tulis
(Ulangan harian)
|
1.
Lengkapi kalimat dengan kata yang disediakan..?
2.
Tentukan benar/salah ujaran yang didengar
3.
Tentukan tema dari wacana lisan
4.
Tentukan ide pokok dari wacana lisan.
5.
Ungkapkan kembali informasi rinci dari wacana lisan.
|
KRITERIA PENILAIAN
- Menyimak
No
|
Nama
|
Kriteria
Dan Skala Penskoran
|
Skor
|
|||
Mengidentifikasi
tema
|
Menemukan
informasi tersurat
|
Menemukan
pesan
|
Menceritakan
kembali isi wacana
|
|||
1-15
|
1-20
|
1-30
|
1-35
|
100
|
||
1
|
Handoyo
|
15
|
15
|
25
|
30
|
85
|
2
|
Daryono
|
10
|
10
|
25
|
30
|
65
|
3
|
Edor
|
15
|
10
|
25
|
20
|
65
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui 19 Juli
2010
Kepala MA Jakarta Pusat Guru Mata
Pelajaran Bahasa Arab
Nasrullah Harun Ripki
Atkia, S.Pd.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : MA JAKARTA PUSAT
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Status Pendidikan : Madarasah Aliyah
Kelas / Semester : XI / I
Alokasi Waktu : 2 jam
pelajaran
Standar Kompetensi:
2. Mengungkapkan
informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang remaja dan kesehatan
Kompetensi Dasar:
BERBICARA
2.1
Menyampaikan gagasan atau
pendapat secara lisan tentang remaja dan
kesehatan dengan lafal yang tepat
2.2 Melakukan dialog tentang remaja dan kesehatan dengan lafal yang tepat
I.
Tujuan Pembelajaran:
Setelah proses pembelajaran diharapkan
siswa mampu: Menyampaikan gagasan atau
pendapat secara lisan dan melakukan dialog tentang kesehatan dengan lancar dan
tepat.
II. Materi Pembelajaran:
Dialog tentang:
1. Fase Puber, misalnya :
أنا قلق على ابني عمر؛ لقد أصبح يخرج من البيت، متى شاء،
ويرجع متى شاء، ولا يخرجنى ب المكان الذي يذهب إليه، ولا بالأصدقاء الذين يذهب معهم، أنا خائف عليه.
هذا شعور طبيعي، ولكن لا تنس أن ابنك عمر، أتم السادسة عشرة
من عمره. وهو الآن في مرحلة المراهقة، ولا بد أن تعامله بحكمة.
كيف‘ أعامله بحكمة؟
يشعر عمر الآن بأنه رجل يعرف ما ينفعه وما يضره ... إلخ
(أنظر العربية بين يديك ج 2 ص 269)
2. Mengunjungi pasien, misalnya:
هل قابلت الطبيب؟
نعم، وفحص الصدر والقلب والكلية وقاس الضغط
وما النتيجة؟
القلب سليم، والحمد
لله. هناك ارتفاع قليل في الظغط والسكري
ما سبب ذلك؟
زيادة الوزن
زماذا طلب منك الطبيب؟
طلب مني ترك السكاريات؟
وهل طلب منك شيئا آخر؟
نعم، ممارسة الرياضة وتناول الفواكه والخضراوات
شفاك الله
شكرا لك.
(انظر العربية بين يديك ج 1 ص 331)
III. Metode:
·
Modeling
·
Inpairing
IV. Langkah
Pembelajaran:
NO
|
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
||
1
|
Pendahuluan
|
|
15 menit
|
||
|
a.
Guru mengucapkan salam
sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
b.
Guru mengecek kehadiran siswa
c.
Guru menyampaikan
informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar
dan indikator pencapaian.
d.
Guru meminta salah
seorang siswa untuk menyebutkan kembali kata-kata dan ungkapan-ungkapan yang
telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
e.
Guru meminta salah
seorang siswa untuk menyebutkan poin-poin yang ditanyakan pada saat
berkenalan
f.
Guru meminta salah
seorang siswa untuk menceritakan pengalaman saat berkenalan
|
|
|
||
2
|
Kegiatan Inti
|
|
60 menit
|
||
|
a.
Mendengarkan wacana
lisan
b.
Mengulangi/menirukan
ujaran(kata/frasa/kalimat)
c.
Menjawab secara lisan
mengenai isi wacana dengan tepat
d.
Menceritakan kembali isi
wacana
e.
Bercerita sesuai tema
f.
Mengajukan pertanyaan
kepada teman di kelas
g.
Menjawab pertanyaan yang
diajukan lawan bicara
h.
Melakukan percakapan
sederhana dengan teman sekelas/sebaya
i.
Bermain peran
|
|
|
||
3
|
Penutup
|
|
15 menit
|
||
|
a.
Guru memberikan
pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar
b.
Guru memberikan penjelasan dan memberikan
pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat
c.
Guru bersama siswa merefleksi proses
pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan,
perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa
|
|
|
||
V. Sumber/Bahan/Alat Belajar:
· Guru
· VCD
· Buku
paket Pelajaran Bahasa Arab
· Ruang multimedia
VI. Penilaian:
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
|
·
Menirukan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan tepat
·
Melafalkan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan intonasi
yang tepat
·
Menyampaikan informasi sesuai konteks
·
Mengajukan pertanyaan sesuai konteks
·
Menjawab pertanyaan
sesuai konteks
·
Menceritakan keadaan/kegiatan sesuai konteks
·
Melakukan percakapan sesuai konteks
|
Praktek (demonstrasi)
Ulangan harian
Tugas individu/ kelompok
|
wawancara, demons-trasi
|
1. Sampaikan
informasi sesuai konteks
2. Ajukan
pertanyaan sesuai konteks
3. Jawab
pertanyaan sesuai konteks
4. Ceritakan
keadaan/kegiatan sesuai konteks
5. Lakukan
percakapan sesuai konteks
|
KRITERIA PENILAIAN
- Berbicara
No
|
Nama
|
Kriteria
|
Skor
|
|||
Ketepatan
kata/ungkapan
|
Kelancaran
|
Ketepatan
Intonasi
|
Kontekstual
|
|||
25
|
25
|
20
|
30
|
100
|
||
1
|
Heri Darmawan
|
20
|
20
|
20
|
25
|
85
|
2
|
Roby
|
20
|
10
|
20
|
25
|
75
|
3
|
Joni
|
25
|
20
|
10
|
30
|
85
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui 19 Juli
2010
Kepala MA Jakarta Pusat Guru Mata
Pelajaran Bahasa Arab
Nasrullah Harun Ripki
Atkia, S.Pd.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : MA JAKARTA PUSAT
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Status Pendidikan : Madarasah Aliyah
Kelas / Semester : XI / I
Alokasi Waktu : 2 jam
pelajaran
Standar Kompetensi:
3. Memahami
wacana tulis berbentuk paparan atau dialog tentang remaja dan kesehatan
Kompetensi dasar:
MEMBACA
3.1
Membaca nyaring
kata, frasa dan atau kalimat dalam wacana tertulis tentang remaja dan
kesehatan dengan tepat
3.2
Mengidentifikasi
bentuk dan tema wacana secara tepat
3.3
Menemukan makna dan gagasan
atau ide wacana tulis secara tepat
I. Tujuan
Pembelajaran :
Setelah proses
pembelajaran selesai, siswa diharapkan mampu: Membaca nyaring kata, frasa dan atau kalimat,
mengidentifikasi tema wacana,
memperoleh informasi umum, informasi
tertentu dan atau rinci dari wacana tulis tentang kesehatan.
II. Materi Pembelajaran :
Wacana tentang:
a. Remaja dan Problematikanya
يواجه الشباب مشكلات كثيرة في هذا العصر، مثل: محاربة
اللغةوالثقافة والثقات، وفرض اللغات وثقافات أجنبية محلها، كالدعوة التي نادت بترك
اللغة العربية، واستعمل اللهجات المحلية، لتمزيق الأمة، وفصلها عن تراثها، أو
كالدعوة إلى تدريس العلوم في الجامعات العربية باللغات الأجنبية.
وقد تأثر بعض الشباب بهذه الدعوات، وأخذ يقلد اصحاب اللغات
والثقافات الأجنبية في كلامهم، وسلكهم ... إلخ
(انظر العربية بين يديك ج 2 ص 280)
- Kesehatan, Dulu dan Sekarang
كانت علامة الصحة في الماضي أن يكون الإنسان سمينا، كثير
اللحم والشحم، فالإنسان السمين هو الصحيح، والإنسان النحيف هو المريض. وكان الناس
يأكلون كثيرا إذا وجدوا الطعام. وكان الرجال يفضلون الزواج بالمرأة السمينة، ولا
يحبون الزواج بالمرآن النحيفة.
تقدم الطب كثيرا الأن وظهر أن هناك أمراضا يصيب الشخص
السمين، وهي أمراض خطيرة، مثل: أمراض القلب والسكري وضغط الدمي. لقد أصبحت البدن
اليم علامة على المرض، وأخذ الناس يتبعون الحمية، فيتناولون طعاما قليلا، ويبتعدون
عن سكريات والدهون والنشويات... إلخ
·
(نظر العربية بين يديك ج 2 ص 14)
III. Metode:
·
Modelling
·
Diskusi
IV. Langkah
Pembelajaran:
NO
|
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
|
1
|
Pendahuluan
|
|
15 menit
|
|
|
a.
Guru mengucapkan salam
sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
b.
Guru mengecek kehadiran siswa
c.
Guru menyampaikan
informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar
dan indikator pencapaian.
d.
Guru meminta salah
seorang siswa untuk menyebutkan alamat rumahnya
e.
Guru meminta salah
seorang siswa yang lain untuk menyebutkan beberapa istilah yang berkenaan
dengan tempat tinggal
f.
Guru memaparkan
istilah-istilah penting yang berkenaan dengan tempat tinggal
|
Pengalaman
pribadi
Guru
|
|
|
2
|
Kegiatan Inti
|
|
60 menit
|
|
|
a.
Menirukan lafal guru
dalam membaca kata/frasa/kalimat
b.
Membaca wacana dengan
nyaring di depan kelas
c.
Membentuk kelompok
diskusi
d.
Menentukan tema wacana
tulis dalam kerja kelompok
e.
Membaca wacana tulis
f.
Menentukan informasi
umum
g.
Menentukan informasi
tertentu dalam kerja kelompok
h.
Menyusun
guntingan-guntingan kalimat menjadi wacana dalam kerja kelompok
i.
Menjawab pertanyaan
mengenai informasi rinci dari wacana tulis
|
Kitab
Al Arabiah lin Nasyiin
Kitab
Al Arabiah lin Nasyiin
Buku
Nahwu
|
|
|
3
|
Penutup
|
|
15 menit
|
|
|
a.
Guru memberikan
pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar kepada beberapa siswa.
b.
Guru memberikan penjelasan dan memberikan
pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat
c.
Guru bersama siswa merefleksi proses
pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan,
perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa
|
Instrumen
soal latihan
|
|
|
V. Sumber/Bahan/Alat Belajar :
· Buku
· Ruang
multimedia
· LCD
VI. Penilaian:
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
|
·
Melafalkan kata/frasa/kalimat dengan tepat
·
Membaca nyaring kata/frasa /kalimat dengan intonasi dan
lafal yang tepat
·
Menentukan tema wacana tulis
·
Menentukan ide pokok dari wacana tulis
·
Menentukan informasi rinci dari wacana tulis
·
Menafsirkan makna kata/ungkapan sesuai konteks
·
Menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu dari
wacana tulis
·
Mencocokkan tulisan dengan gambar/bagan/ denah dsb.
·
Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari
wacana tulis
|
Tugas individu
Tugas kelompok
Test tulis
|
Membaca nyaring
Memilih dan menja-wab
Ulangan harian
|
1. Bacalah
dengan benar teks berikut!
2. Temukan
ide pokok dari setiap paragraf!
3. Jawablah
pertanyaan berikut dengan benar!
|
KRITERIA PENILAIAN
- Membaca
No
|
Nama
|
Kriteria
|
Skor
|
|||
Ketepatan/
Kelancaran
|
Menemukan
informasi tersurat
|
Menemukan
ide pokok
|
Menemukan
pesan
|
|||
20
|
25
|
25
|
30
|
100
|
||
1
|
Buyung
|
10
|
10
|
20
|
20
|
60
|
2
|
Joy
|
20
|
10
|
20
|
20
|
70
|
3
|
Zulkifli
|
20
|
20
|
20
|
20
|
80
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui 19 Juli
2010
Kepala MA Jakarta Pusat Guru Mata
Pelajaran Bahasa Arab
Nasrullah Harun Ripki
Atkia, S.Pd.I
RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )
Nama Sekolah : MA JAKARTA PUSAT
Mata Pelajaran : Bahasa Arab
Status Pendidikan : Madarasah Aliyah
Kelas / Semester : XI / I
Alokasi Waktu : 2 jam
pelajaran
Standar Kompetensi:
4. Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan
atau dialog tentang remaja dan kesehatan
Kompetensi dasar:
MENULIS
4.1
Menulis kata, frasa,dan
kalimat dengan huruf, ejaan dan tanda
baca yang tepat
4.2
Mengungkapkan gagasan atau
pendapat secara tertulis dalam kalimat
dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang benar
I. Tujuan
Pembelajaran:
Setelah selesai
proses pembelajaran, siswa diharapkan mampu menulis kata, frasa dan kalimat
dengan menggunakan khat riq’ah serta dapat menyusun paragraf sesuai tema
II. Materi Pembelajaran:
Menulis Khat riq’ah
قال الله
تعالى: ولا تلقوا بأيديكم إلى التهلكة.
ولا
تقتلوا أنفسكم إن الله كان بكم رحيما
Menulis
dikte, misalnya:
يواجه، ثقافات، العصر، نادت، المحلية، أمراضا، الحمية، طعاما، يبتعدون، ضغط
Melengkapi
wacana:
... الشباب
مشكلات كثيرة في هذا ...، مثل: محاربة اللغةوالثقافة والثقات، وفرض اللغات و...
أجنبية نادت، كالدعوة التي ... بترك اللغة العربية، واستعمل اللهجات ...، لتمزيق
الأمة.
تقدم الطب كثيرا الأن وظهر أن هناك ... يصيب الشخص السمين،
وهي أمراض خطيرة، مثل: أمراض القلب والسكري و... الدمي. لقد أصبحت البدن اليوم
علامة على المرض، وأخذ الناس يتبعون ...، فيتناولون ... قليلا، و... عن سكريات
والدهون والنشويات
Membuat
wacana dengan pilihan tema remaja dan kesehatan
Qawaid:
· النعت والمنعوت
· الإضافة
III. Metode:
·
Modelling
·
Diskusi
IV. Langkah
Pembelajaran:
NO
|
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
|
MEDIA/SUMBER
|
WAKTU
|
1
|
Pendahuluan
|
|
15
|
|
a.
Guru mengucapkan salam
sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
b.
Guru mengecek kehadiran siswa
c.
Guru menyampaikan
informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar
dan indikator pencapaian.
d.
2 orang siswa menulis
ayat ke dua dari surat al Fatihah dengan khat riq’ah di papan tulis.
e.
Guru menulis kembali
ayat tersebut dengan khat riq’ah
|
Kitab Al Qur’an
Buku panduan kaligrafii
|
|
2
|
Kegiatan Inti
|
|
60 menit
|
|
a.
Menyalin khat riq’ah
yang dicontohkan oleh guru
b.
Menulis kata-kata, frasa
atau kalimat yang didiktekan guru
c.
Melengkapi wacana dengan
kosa kata yang tersedia
d.
Menyusun frasa/kalimat
yang tersedia menjadi sebuah paragraf
e.
Membuat cerita
berdasarkan gambar
f.
Membuat wacana pendek
sesuai tema.
|
Buku kaligrafi
Buku paket
Instrumen latihan
|
|
3
|
Penutup
|
|
15 menit
|
|
a.
Guru memberikan
pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar kepada beberapa siswa.
b. Guru
memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat
c. Guru
bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung,
meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa
|
Buku paket
|
|
V. Sumber/Bahan/Alat Belajar:
· Guru
· Buku
paket pelajaran Bahasa Arab Program Bahasa Asing
· Ruang kelas
VI. Penilaian:
Indikator
Pencapaian Kompetensi
|
Penilaian
|
||
Teknik
|
Bentuk
Instrumen
|
Instrumen
|
|
·
Menulis kalimat dengan khat riq’ah
·
Menulis kata-kata, frasa atau kalimat yang didektekan
oleh guru
·
Menyusun kata / frasa menjadi kalimat dengan struktur
yang tepat
·
Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi wacana
·
Membuat wacana/cerita sederhana sesuai tema
|
Tugas individu
|
Tes tulis
uraian
Ulangan harian
|
1. Menyusun
kata / frasa menjadi kalimat dengan struktur yang tepat
2. Menyusun
frasa/kalimat yang tersedia menjadi wacana
3.
Membuat wacana/cerita sederhana sesuai tema
|
KRITERIA PENILAIAN
- Menulis
No
|
Nama
|
Kriteria
|
Skor
|
|||
Ketepatan
Tulisan
|
Keindahan
|
Ketepatan
kaidah
|
Pengembangan
ide
|
|||
20
|
20
|
30
|
30
|
100
|
||
1
|
Deni
|
15
|
15
|
20
|
20
|
70
|
2
|
Fauzan
|
15
|
20
|
20
|
15
|
70
|
3
|
Oji
|
15
|
20
|
15
|
20
|
70
|
|
|
|
|
|
|
|
Mengetahui 19 Juli
2010
Kepala MA Jakarta Pusat Guru Mata
Pelajaran Bahasa Arab
Nasrullah Harun Ripki
Atkia, S.Pd.I
LaBet Review - Online Casino - Canada-friendly Online
BalasHapusLaBet クイーンカジノ review. ⭐ Online Casino Canada Review ☝ Comprehensive overview of online casinos ✓ Sports Betting, 카지노사이트 Jackpots, Live Casino, Promotions, Rating: 4.2 · Review by 코인카지노 CanadianBet