Jumat, 21 Desember 2012

RPP kelas XII



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah         :     MA JAKARTA PUSAT
Mata Pelajaran        :     Bahasa Arab
Status Pendidikan :     Madarasah Aliyah
Kelas / Semester    :     XII / I
Alokasi Waktu         :     2  jam pelajaran


Standar Kompetensi:
1.        Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang hobi dan wisata

Kompetensi dasar:
Menyimak
2.1     Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan tepat
2.2     Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara  tepat


I.      Tujuan Pembelejaran:
Setelah Proses Pembelajaran, diharapkan siswa mampu: Mengidentifikasi dan menangkap makna, gagasan atau ide dari berbagai wacana lisan tentang hobi dan wisata.

II. Materi Pembelajaran:


a) Dialog dengan  judul : makanan, misalnya :
المضيفة : صباح الخير كيف حالك ؟
المسافرة :أنا بخير والحمد لله
المضيفة : ماذا تطلبين من الطعام ؟
المسافرة : بعض السمك والاءرز من فضلك.
المضيفة : وماذا تطلبين من الشراب
المسافرة : ماء من فضلك.
المضيفة : وماذا تفضلين من الفكهة ؟
المسافرة : التمر ، أو العنب.
المضيفة : هل تشربين الشاي ؟
المسافرة : لا. أفضل القهوة.
المضيفة : القهوة بالحليب ؟
المسافرة : نعم ،  القهوة بالحليب
المسافرة : شكرا .
المضيفة : عفوا





b) Wacana dengan judul :
عمر بن الخطاب
كان عمر بن الخطاب (ض) رجلا شجاعا ، وعندما أراد الهجرة من مكة إلى المدينة ، حمل سيفه وذهب إلى الكعبة وطاوف حول البيت سبعة أشواط ثم صلي الله بعد الصلاة اتجه عمر إلى الكفار وكانوا يجلسون أمام الكعبة وأخبرهم بأنه مهاجر وقال لهم ، من أراد أن تفقده أمه أو زوجته أو أولاده فليقابله خلف الوادي خاف الكفار من عمر ولم يذهب أحد لمقابلته.
III. Metode:
·   Inkuiri
·   Diskusi

IV. Langkah Pembelajaran:
NO
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/SUMBER
WAKTU
1
Pendahuluan

15 menit

·   Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
·   Guru mengecek kehadiran siswa
·   Guru bersama siswa mengecek kesiapan perangkat pembelajaran
·   Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.




Pengalaman pribadi

2
Kegiatan Inti

60 menit


·     Mendengarkan wacana lisan menggunakan berbagai media.
·     Menyebutkan kata-kata yang didengar
·     Mencocokkan gambar dengan ujaran yang didengar
·     Menuliskan beberapa kata yang didengar dengan bantuan guru
·     Menentukan benar atau salah ujaran yang di dengar
·     Mendengarkan wacana lisan dengan menggunakan berbagai media (guru atau tape)
·     Mendiskusikan isi wacana lisan
·     Menuliskan isi wacana lisan secara umum
·     Memaparkan isi wacana lisan secara umum

Guru/Buku Paket

Kartu kata

3
Penutup

15 menit

·   Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar
·   Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat
·   Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa

Instrumen latihan



V. Sumber/Bahan/Alat Belajar:
·   Guru
·   Buku paket Pelajaran Bahasa Arab
·   Laboratorium Bahasa

VI. Penilaian:

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen

·         Mencocokkan tulisan dengan kata, frasa atau kalimat yang didengar
·         Mencocokkan tulisan dengan kata, frasa atau kalimat yang didengar
·         Melengkapi kalimat dengan kata yang disediakan
·         Menentukan benar/salah ujaran yang didengar
·         Menentukan tema dari wacana lisan
·         Menentukan ide pokok dari wacana lisan.
·         Mengungkapkan kembali informasi rinci dari wacana lisan.
·         Mengidentifikasi kosa kata-kosa kata baru atau sulit


Tugas individu
(menyimak dialog)
Tugas Kelompok
(menentukan tema, ide pokok, menulis informasi rinci dan mengidentifi-kasi kosa kata sulit)


Tulis
(Ulangan harian)

1.    Lengkapi kalimat dengan kata yang disediakan..?
2.    Tentukan benar/salah ujaran yang didengar
3.    Tentukan tema dari wacana lisan
4.    Tentukan ide pokok dari wacana lisan.
5.    Ungkapkan kembali informasi rinci dari wacana lisan.












KRITERIA PENILAIAN
  1. Menyimak

No
Nama
Kriteria Dan Skala Penskoran
Skor
Mengidentifikasi tema
Menemukan informasi tersurat
Menemukan pesan
Menceritakan kembali isi wacana
1-15
1-20
1-30
1-35
100
1
Handoyo
15
15
25
30
85
2
Daryono
10
10
25
30
65
3
Edor
15
10
25
20
65









Mengetahui                                                              19   Juli   2010
Kepala MA  Jakarta Pusat                                      Guru Mata Pelajaran Bahasa Arab

 

Nasrullah Harun                                                      Ripki Atkia, S.Pd.I































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah         :     MA JAKARTA PUSAT
Mata Pelajaran        :     Bahasa Arab
Status Pendidikan :     Madarasah Aliyah
Kelas / Semester    :     XII / I
Alokasi Waktu         :     2  jam pelajaran


Standar Kompetensi:
2.      Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang hobi dan wisata

Kompetensi Dasar:
      BERBICARA
2.1     Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan sesuai konteks dengan lafal yang tepat
2.2     Melakukan dialog  sesuai konteks dengan tepat dan lancar

I.      Tujuan Pembelajaran:
Setelah proses pembelajaran diharapkan siswa mampu: Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan dan melakukan dialog tentang hobi dan wisata dengan lancar dan tepat.

II. Materi Pembelajaran:



- Dialog tentang, makan .  misalnya :
قاسم : كم وحبة تاءكل فى اليوم ؟
سالم  : أكل ثلاث وجبات : الفطور، والغداء ، والعشاء.
قاسم  : هذا كشير جدّا. انا اكل وجبة واحدة
سالم  : هذا قليل جدّا.
قاسم  : ماذا تاءكل فى الغداء ؟
سالم  : اكلُ اللحم والدجاج والآرز والخبز .
وماذا تاءكل أنت ؟
قاسم  : أكل السمك والسلطة والفكهة
سالم  :ما وزنك ؟
قاسم  : ستون كيلا. وما وؤنك أنت ؟
سالم  : مئة  كيلا .
قاسم  : أنت سمينٌ جدّا
سالم  : وأنت نحيفٌ جدّا.


III. Metode:
·   Modeling
·   Inpairing



IV. Langkah Pembelajaran:
NO
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/SUMBER
WAKTU
1
Pendahuluan

15 menit

a.    Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
b.    Guru mengecek kehadiran siswa
c.    Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
d.    Guru meminta salah seorang siswa untuk menyebutkan kembali kata-kata dan ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
e.    Guru meminta salah seorang siswa untuk menyebutkan poin-poin yang ditanyakan pada saat berkenalan
f.     Guru meminta salah seorang siswa untuk menceritakan pengalaman saat berkenalan


2
Kegiatan Inti

60 menit

a.    Mendengarkan wacana lisan
b.    Mendengarkan wacana lisan
c.    Mengulangi/menirukan ujaran(kata/frasa/kalimat)
d.    Menjawab secara lisan mengenai isi wacana dengan tepat
e.    Menceritakan kembali isi wacana
f.     Bercerita sesuai tema
g.    Mengajukan pertanyaan kepada teman di kelas
h.    Menjawab pertanyaan yang diajukan lawan bicara
i.      Melakukan percakapan sederhana dengan teman sekelas/sebaya 
j.      Bermain peran



3
Penutup

15 menit

a.    Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar
b.    Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat
c.    Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa










V. Sumber/Bahan/Alat Belajar:
·   Guru
·   VCD
·   Buku paket Pelajaran Bahasa Arab
·   Ruang multimedia

VI. Penilaian:

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen

·         Menirukan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan tepat
·         Melafalkan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan intonasi yang tepat
·         Menyampaikan informasi sederhana sesuai konteks
·         Mengajukan pertanyaan sesuai konteks
·         Menjawab pertanyaan     sesuai konteks
·         Menceritakan keadaan/kegiatan sesuai konteks
·         Melakukan percakapan sesuai konteks


Praktek (demonstra-si)
Ulangan harian
Tugas individu/ kelompok


wawancara, demons-trasi

1.    Sampaikan informasi sesuai konteks
2.    Ajukan pertanyaan sesuai konteks
3.    Jawab pertanyaan     sesuai konteks
4.    Ceritakan keadaan/kegiatan sesuai konteks
5.    Lakukan percakapan sesuai konteks








KRITERIA PENILAIAN

  1. Berbicara
No
Nama
Kriteria
Skor
Ketepatan kata/ungkapan
Kelancaran
Ketepatan Intonasi
Kontekstual
25
25
20
30
100
1
Heri Darmawan
20
20
20
25
85
2
Roby
20
10
20
25
75
3
Joni
25
20
10
30
85









Mengetahui                                                              19   Juli   2010
Kepala MA  Jakarta Pusat                                      Guru Mata Pelajaran Bahasa Arab

 

Nasrullah Harun                                                      Ripki Atkia, S.Pd.I


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah         :     MA JAKARTA PUSAT
Mata Pelajaran        :     Bahasa Arab
Status Pendidikan :     Madarasah Aliyah
Kelas / Semester    :     XII / I
Alokasi Waktu         :     2  jam pelajaran


Standar Kompetensi:
   3.      Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog tentang kebudayaan dan tokoh-tokoh Islam

Kompetensi dasar:
MEMBACA
3.1     Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat dan wacana tulis dengan benar
3.2     Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat dan benar
3.3     Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana tulis secara tepat


I. Tujuan Pembelajaran    :                                                                    
Setelah proses pembelajaran selesai, siswa diharapkan mampu: Membaca nyaring  kata, frasa dan atau kalimat, mengidentifikasi  tema wacana, memperoleh  informasi umum, informasi tertentu dan atau rinci dari wacana tulis tentang hobi dan wisata.

II. Materi Pembelajaran     :


- Wacana tentangُ : busana, misalnya :
راشد يريد أن يذهب إلىالسوق. رشيد يريد أن ييع قميصا. هذه قمصان جميلة : هذا قميص الابيض،  و هذا قميص أصفر،  هذا قميص أحمر، و هذا قميص الابيض بعشرين ريالا، قميص الأصفر بثلاثين ريالا, والقميص الاحمر, بأربعين ريالا، راشد يريد قميص الابيض، راشد يحب ا للون الابيض،  ولا يحب اللون الاحمر.
- Wacana  tentang القاضى العادل 
أراد أحمد أن يذهب إلى مكة لاداء الحج، فجمع ماله وكان دنانبر من الذهب. وضع أحمد تلك الدنانير الذهبية في كيس وذهب إلى أحد التجار وطلب منه أن يحفظ له الكيس إلى أن يعود من مكة.
مهارة القرأة. الكتاب الثاني، ص : 29


- Wacana dengan judul
الطالب الذكي :
أستيقض أحمد من نومه ميكرا ، بعد ليلة طويلة، لم ينم فيها كثيرا . نظر أحمد إلى ساعته، كانت تقترب من الثالثة صباحا. بعد قليل إرتفع صوت المؤذن عاليا،  فى القرية فشعر أحمد بالاطمئنان ثم وثب من فراشه وتوضاء ثم صلى الفجر . بعد الصلاة ، دعا أحمد ربه قائلا :  يارب ....... النجاح .
عاد أحمد إلى فراشه مرة ثانية ، ينتظر طلوع الشمس ، ليذهب إلى المدينة ، في أول سيارة ، فاليوم ستعلن نتائج كلية الطب .
·   أخذ أحمد يفكر فى الماضي . كان تلميذا في المدرسة المتوسطة وكان يحب المدرسة كثيرا وفحاة مات والده ، فحزن عليه ثم ترك المدرسة ، ليساعد أمه وإخوته وأخوانه.

III. Metode:
·   Modelling
·   Diskusi

IV. Langkah Pembelajaran:
NO
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/SUMBER
WAKTU
1
Pendahuluan

15 menit

a.    Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
b.    Guru mengecek kehadiran siswa
c.    Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
d.    Guru meminta salah seorang siswa untuk menyebutkan hobi dan wisata
e.    Guru meminta salah seorang siswa yang lain untuk menyebutkan beberapa istilah yang berkenaan dengan hobi dan wisata
f.     Guru memaparkan istilah-istilah penting yang berkenaan dengan hobi dan wisata






Pengalaman pribadi
Guru

2
Kegiatan Inti

60 menit


a.    Menirukan lafal guru dalam membaca kata/frasa/kalimat
b.    Membaca wacana dengan nyaring di depan kelas
c.    Membentuk diskusi kelompok
d.    Menentukan tema wacana tulis
e.    Membaca wacana tulis
f.     Menentukan informasi umum
g.    Menentukan informasi tertentu dalam kerja kelompok
h.    Menyusun guntingan-guntingan kalimat menjadi wacana dalam kerja kelompok
i.      Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana tulis

Kitab Al Arabiah lin Nasyiin

Kitab Al Arabiah lin Nasyiin


Buku Nahwu

3
Penutup

15 menit

a.    Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar kepada beberapa siswa.
b.    Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat
c.    Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa
Instrumen soal latihan







V. Sumber/Bahan/Alat Belajar    :
·   Buku
·   Ruang multimedia
·   LCD

VI. Penilaian:

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen

·         Melafalkan kata/frasa/kalimat dengan tepat
·         Melafalkan kata/frasa/kalimat dengan tepat
·         Membaca nyaring kata/frasa /kalimat dengan intonasi dan lafal yang tepat
·         Menentukan tema wacana tulis
·         Menentukan ide pokok dari wacana tulis
·         Menentukan informasi rinci dari wacana tulis
·         Menafsirkan makna kata/ungkapan sesuai konteks
·         Menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu dari wacana tulis
·         Mencocokkan tulisan dengan gambar/bagan/ denah dsb.
·         Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana tulis


Tugas individu

Tugas kelompok
Test tulis

Membaca nyaring

Memilih dan menja-wab

Ulangan harian


1.    Bacalah dengan benar teks berikut!

2.    Temukan ide pokok dari setiap paragraf!

3.    Jawablah pertanyaan berikut dengan benar!


KRITERIA PENILAIAN


  1. Membaca
No
Nama
Kriteria
Skor
Ketepatan/
Kelancaran
Menemukan informasi tersurat
Menemukan ide pokok
Menemukan pesan
20
25
25
30
100
1
Buyung
10
10
20
20
60
2
Joy
20
10
20
20
70
3
Zulkifli
20
20
20
20
80









Mengetahui                                                              19   Juli   2010
Kepala MA  Jakarta Pusat                                      Guru Mata Pelajaran Bahasa Arab

 

Nasrullah Harun                                                      Ripki Atkia, S.Pd.I



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah         :     MA JAKARTA PUSAT
Mata Pelajaran        :     Bahasa Arab
Status Pendidikan :     Madarasah Aliyah
Kelas / Semester    :     XII / I
Alokasi Waktu         :     2  jam pelajaran


Standar Kompetensi:
         4.      Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang kebudayaan dan tokoh-tokoh Islam

Kompetensi dasar:
MENULIS
4.1      Menulis kata, frasa,dan kalimat  dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat dan benar
4.2      Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang benar

I.  Tujuan Pembelajaran:
Setelah selesai proses pembelajaran, siswa diharapkan mampu menulis kata, frasa dan kalimat dengan menggunakan khat riq’ah serta dapat menyusun paragraf sesuai tema hobi dan wisata

II. Materi Pembelajaran:


-           Menyusun kata menjadi kalimat yang benar, misalnya :
a)
راشد - قميصا -  أن يذهب -  أن ييع  رشيد – إلىالسوق -  يريد ا- يريد
b)
أحمد- من نومه - بعد– أستيقض – ميكرا - ليلة طويلة.
-           Menulis dikte, misalnya:
قميص الابيض -   قميص أصفر -  قميص أحمر
 -          Melengkapi wacana, misalnya :
اريد ... بلباس الاحمر
- أن بلبس
- أن ياءكل
-           Menyusun kalimat hingga menjadi wacana dengan menggunakan kalimat di bawah ini :
-  استيقظ أحمد من نومه مبكرا
-  نظر أحمد إلى ساعته .
-  كان أحمد ينتظر طلوع الشمس
-  أخذ أحمد يفكر في الماضي
-  ترك أحمد المدرسة ليساعد أمه .
-  كان في السيارة راكب واحد .
-           Qawaid:
أ) ألفعل المضارع المنصوب
·    ب) ألفعل المضارع المخزوم

III. Metode:
·   Modelling
·   Diskusi


IV. Langkah Pembelajaran:
NO
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/SUMBER
WAKTU
1
Pendahuluan

15

a.    Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
b.    Guru mengecek kehadiran siswa
c.    Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
d.    2 orang siswa menulis ayat ke dua dari surat al Fatihah dengan khat riq’ah di papan tulis.
e.    Guru menulis kembali ayat tersebut dengan khat riq’ah




Kitab Al Qur’an
Buku panduan kaligrafii

2
Kegiatan Inti

60 menit


a.    Menyalin khat riq’ah yang dicontohkan oleh guru
b.    Menulis kata-kata, frasa atau kalimat yang didiktekan guru
c.    Melengkapi wacana dengan kosa kata yang tersedia
d.    Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi sebuah paragraf
e.    Membuat cerita berdasarkan gambar
f.     Membuat wacana pendek sesuai tema.

Buku kaligrafi
Buku paket


Instrumen latihan

3
Penutup

15 menit

a.    Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar kepada beberapa siswa.
b.    Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat
c.     Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa

Buku paket


V. Sumber/Bahan/Alat Belajar:
·   Guru
·   Buku paket pelajaran Bahasa Arab Program Bahasa Asing
·   Ruang kelas

VI. Penilaian:

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen

·         Menulis kalimat dengan khat riq’ah
·         Menulis kata-kata, frasa atau kalimat yang didektekan oleh guru
·         Menyusun kata / frasa menjadi kalimat dengan struktur yang tepat
·         Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi wacana
·         Membuat wacana/cerita sesuai tema

Tugas individu


Tes tulis
uraian
Ulangan harian

1.    Menyusun kata / frasa menjadi kalimat dengan struktur yang tepat
2.    Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi wacana
3.    Membuat wacana/cerita sederhana sesuai tema

KRITERIA PENILAIAN
  1. Menulis
No
Nama
Kriteria
Skor
Ketepatan Tulisan
Keindahan
Ketepatan kaidah
Pengembangan ide
20
20
30
30
100
1
Deni
15
15
20
20
70
2
Fauzan
15
20
20
15
70
3
Oji
15
20
15
20
70








Mengetahui                                                              19   Juli   2010
Kepala MA  Jakarta Pusat                                      Guru Mata Pelajaran Bahasa Arab

 

Nasrullah Harun                                                      Ripki Atkia, S.Pd.I












RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah         :     MA JAKARTA PUSAT
Mata Pelajaran        :     Bahasa Arab
Status Pendidikan :     Madarasah Aliyah
Kelas / Semester    :     XII / 2
Alokasi Waktu         :     2  jam pelajaran


Standar Kompetensi:
5.    Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang layanan umum dan pekerjaan

Kompetensi dasar:
      Menyimak
5.1.    Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan tepat
5.2.    Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan tentang wawasan Islam secara  tepat

I.      Tujuan Pembelejaran:
Setelah Proses Pembelajaran, diharapkan siswa mampu: Mengidentifikasi dan menangkap makna, gagasan atau ide dari berbagai wacana lisan secara  tepat mengenai layanan umum dan pekerjaan.


II. Materi Pembelajaran:



Dialog dengan cara Menjodohkan bagian A dan bagian B. Misalnya :

القائمة (أ)
أ- عمر بن الخطاب والدرّه .
ب- تنفذ القوانين على العامة فحسب .
ج- المخزومية التي سرقت .
د- من صور المساواة عند المسلمين .
هـ قبّل عمر عليا بعد أن حكم بينه وبين خصمه
و- وليت عليكم ولست بخيكم .

القائمة (ب)
أ- علي بن أبي طالب والخصم
ب- أسامة بن زيد .
ج- عندما ولي أبو بكر الخلافة.
د- طلب تنفيدالقصاص فى نفسه
هـ الدول الكبرى قبل الإسلام .
و- الصلاة والحج في الإسلام


III. Metode:
·   Inkuiri
·   Diskusi
IV. Langkah Pembelajaran:

NO
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/SUMBER
WAKTU
1
Pendahuluan

15 menit

·   Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
·   Guru mengecek kehadiran siswa
·   Guru bersama siswa mengecek kesiapan perangkat pembelajaran
·   Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
·   Siswa menyebutkan kata-kata yang biasa dipakai dalam layanan umum dan pekerjaan.
·   Siswa menyebutkan ungkapan-ungkapan yang biasa dipakai dalam layanan umum dan pekerjaan.






Pengalaman pribadi

2
Kegiatan Inti

60 menit

·   Mendengarkan wacana lisan menggunakan berbagai media.
·   Menyebutkan kata-kata yang didengar
·   Mencocokkan gambar dengan ujaran yang didengar
·   Menuliskan beberapa kata yang didengar dengan bantuan guru
·   Menentukan benar atau salah ujaran yang di dengar
·   Mendengarkan wacana lisan dengan menggunakan berbagai media (guru atau tape)
·   Mendiskusikan isi wacana lisan
·   Menuliskan isi wacana lisan secara umum
·   Memaparkan isi wacana lisan secara umum

Guru/Buku Paket

Kartu kata

3
Penutup

15 menit

·   Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar
·   Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat
·   Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa

Instrumen latihan


V. Sumber/Bahan/Alat Belajar:
·   Guru
·   Buku paket Pelajaran Bahasa Arab
·   Laboratorium Bahasa

VI. Penilaian:

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen
·       Mencocokkan tulisan dengan kata, frasa atau kalimat yang didengar
·       Melengkapi kalimat dengan kata yang disediakan
·       Menentukan benar/salah ujaran yang didengar
·       Menentukan tema dari wacana lisan
·       Menentukan ide pokok dari wacana lisan.
·       Mengungkapkan kembali informasi rinci dari wacana lisan.
·       Mengidentifikasi kosa kata-kosa kata baru atau sulit


Tugas individu
(menyimak dialog)

Tugas Kelompok
(menentukan tema, ide pokok, menulis

Test : Tulis
(Ulangan harian

1.    Tentukan ide pokok dari wacana lisan.
2.    Ungkapkan kembali informasi rinci dari wacana lisan.
3.    Identifikasi kosa kata-kosa kata baru atau sulit













KRITERIA PENILAIAN
  1. Menyimak

No
Nama
Kriteria Dan Skala Penskoran
Skor
Mengidentifikasi tema
Menemukan informasi tersurat
Menemukan pesan
Menceritakan kembali isi wacana
1-15
1-20
1-30
1-35
100
1
Sihabudin
15
15
25
30
85
2
Dado
10
10
25
30
65
3
Hilman
15
10
25
20
65








Mengetahui                                                              19   Juli   2010
Kepala MA  Jakarta Pusat                                      Guru Mata Pelajaran Bahasa Arab

 

Nasrullah Harun                                                      Ripki Atkia, S.Pd.I
































RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah         :     MA JAKARTA PUSAT
Mata Pelajaran        :     Bahasa Arab
Status Pendidikan :     Madarasah Aliyah
Kelas / Semester    :     XII / 2
Alokasi Waktu         :     2  jam pelajaran


Standar Kompetensi:
6.      Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang layanan umum dan pekerjaan

Kompetensi Dasar:
                        BERBICARA
6.1         Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan sesuai konteks dengan lafal yang tepat
6.2         Melakukan dialog  sesuai konteks dengan tepat dan lancar 

I.      Tujuan Pembelajaran:
Setelah Proses Pembelajaran, diharapkan siswa mampu: Mengidentifikasi dan menangkap makna, gagasan atau ide dari berbagai wacana lisan secara  tepat mengenai layanan umum dan pekerjaan.

II. Materi Pembelajaran:



Wacana dengan Tema :
a) Globalisasi ( العولمة )
هناك من يرى في العولمه دعوة إلى تقسيم العمل، وانتشار الثقافة من مراكزها في العالم المتقدم اقتصاديا، إلىأقصى أطراف الارض، ومن ثم زيادة الإنتاج. وهو في سبيل ذلك، مستعد لآن يغفر للعولمة أي تأثير سلبي يمكن أن ينتج عنها على الهوية الثقافية.بل هو مستعد للقول ، بأنّ هذا  الأثر السلبي على الهوية يسير ، بل قد يذهب إلىالقول ، بأن الهوية الثقافية سوف تفيد من العولمة.

العربية بين يديك . كتاب الطالب الثاني
ص : 216

b) Persamaan dalam Islam
المساوة في الاسلام
قرر الإسلام  مبدأ المساوة، كما قرر مبدأ الحرية ولإخاء في العالم، وقد سبق في ذلك دعاة المبادىء في العصر الحديث. وإنما دعا الإسلام إلى هذه البادىء طبقها النبي (ص) وتبعه الصحابة، وعمت المجتمع الإسلامي في أقطار الآرض. ونذكر فيما يلي صورا عملية للمساوا ة. ا- التكليف الشرعية ب- الصلاة.  ج- تنفذ الحدود.  د- يراعى تنفيذ القصاص بين الناس جميعا.

العربية بين يديك . كتاب الطالب الثالث. ص : 193
2 ص 32)
III. Metode:
·   Modeling
·   Inpairing
IV. Langkah Pembelajaran:

NO
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/SUMBER
WAKTU
1
Pendahuluan

15 menit

a.    Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
b.    Guru mengecek kehadiran siswa
c.    Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
d.    Guru meminta salah seorang siswa untuk menyebutkan kembali kata-kata dan ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
e.    Guru meminta salah seorang siswa untuk menyebutkan poin-poin yang ditanyakan pada layanan umum dan pekerjaan.
f.     Guru meminta salah seorang siswa untuk menceritakan pengalaman tentang  layanan umum dan pekerjaan


2
Kegiatan Inti

60 menit

a.    Menirukan lafal guru dalam membaca kata/frasa/kalimat
b.    Membaca wacana dengan nyaring di depan kelas
c.Membuat kelompok diskusi
d.    Menentukan tema wacana tulis
e.    Membaca wacana tulis
f.     Menentukan informasi umum
g.    Menentukan informasi tertentu dalam kerja kelompok
h.    Menyusun guntingan-guntingan kalimat menjadi wacana dalam kerja kelompok
i.      Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana tulis


3
Penutup

15 menit

a.    Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar
b.    Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat
Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa









V. Sumber/Bahan/Alat Belajar:
·   Guru
·   VCD
·   Buku paket Pelajaran Bahasa Arab
·   Ruang multimedia

VI. Penilaian:

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen
Ø  Melafalkan kata/frasa/kalimat dengan tepat
Ø  Membaca nyaring kata/frasa /kalimat dengan intonasi dan lafal yang tepat
Ø  Menentukan tema wacana tulis
Ø  Menentukan ide pokok dari wacana tulis
Ø  Menentukan informasi rinci dari wacana tulis
Ø  Menafsirkan makna kata/ungkapan sesuai konteks
Ø  Menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu dari wacana tulis
Ø  Mencocokkan tulisan dengan gambar/bagan/ denah dsb.
Ø  Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana tulis

Praktek (demonstrasi)
Ulangan harian
Tugas individu/ kelompok
Test : praktik

Wawancara, bermain peran dan demonstrasi








Mainkan sebuah drama dengan tema sesuai KONTEKS...?





KRITERIA PENILAIAN

  1. Berbicara
No
Nama
Kriteria
Skor
Ketepatan kata/ungkapan
Kelancaran
Ketepatan Intonasi
Kontekstual
25
25
20
30
100
1
Ical
20
20
20
25
85
2
Datuk
20
10
20
25
75
3
Nasori
25
20
10
30
85









Mengetahui                                                              19   Juli   2010
Kepala MA  Jakarta Pusat                                      Guru Mata Pelajaran Bahasa Arab

 

Nasrullah Harun                                                      Ripki Atkia, S.Pd.I



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah         :     MA JAKARTA PUSAT
Mata Pelajaran        :     Bahasa Arab
Status Pendidikan :     Madarasah Aliyah
Kelas / Semester    :     XII / 2
Alokasi Waktu         :     2  jam pelajaran


Standar Kompetensi:
                                    7.      Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog tentang layanan umum dan pekerjaan

Kompetensi dasar:
MEMBACA
7.1     Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat dan wacana tulis dengan tepat dan benar
7.2     Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat dan benar
7.3     Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana tulis dengan tepat


I. Tujuan Pembelajaran    :                                                                    
Setelah Proses Pembelajaran, diharapkan siswa mampu: Mengidentifikasi dan menangkap makna, gagasan atau ide dari berbagai wacana lisan secara  tepat mengenai layanan umum dan pekerjaan..

II. Materi Pembelajaran     :


Wacana tentang:

Wacana dengan Tema :
a) Globalisasi ( العولمة )
هناك من يرى في العولمه دعوة إلى تقسيم العمل، وانتشار الثقافة من مراكزها في العالم المتقدم اقتصاديا، إلىأقصى أطراف الارض، ومن ثم زيادة الإنتاج. وهو في سبيل ذلك، مستعد لآن يغفر للعولمة أي تأثير سلبي يمكن أن ينتج عنها على الهوية الثقافية.بل هو مستعد للقول ، بأنّ هذا  الأثر السلبي على الهوية يسير ، بل قد يذهب إلىالقول ، بأن الهوية الثقافية سوف تفيد من العولمة.

العربية بين يديك . كتاب الطالب الثاني
ص : 216

b) Persamaan dalam Islam
المساوة في الاسلام
قرر الإسلام  مبدأ المساوة، كما قرر مبدأ الحرية ولإخاء في العالم، وقد سبق في ذلك دعاة المبادىء في العصر الحديث. وإنما دعا الإسلام إلى هذه البادىء طبقها النبي (ص) وتبعه الصحابة، وعمت المجتمع الإسلامي في أقطار الآرض. ونذكر فيما يلي صورا عملية للمساوا ة. ا- التكليف الشرعية ب- الصلاة.  ج- تنفذ الحدود.  د- يراعى تنفيذ القصاص بين الناس جميعا.

العربية بين يديك . كتاب الطالب الثالث. ص : 193

III. Metode                 :
·   Modelling
·   Diskusi


IV. Langkah Pembelajaran:
NO
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/SUMBER
WAKTU
1
Pendahuluan

15 menit

a.    Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
b.    Guru mengecek kehadiran siswa
c.    Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
d.    Guru meminta salah seorang siswa untuk menyebutkan layanan umum dan pekerjaan
e.    Guru meminta salah seorang siswa yang lain untuk menyebutkan beberapa istilah yang berkenaan dengan layanan umum dan pekerjaan.
f.     Guru memaparkan istilah-istilah penting yang berkenaan dengan layanan umum dan pekerjaan.

Pengalaman pribadi
Guru

2
Kegiatan Inti

60 menit

a.    Menirukan lafal guru dalam membaca kata/frasa/kalimat
b.    Membaca wacana dengan nyaring di depan kelas
c.Membuat kelompok diskusi
d.    Menentukan tema wacana tulis
e.    Membaca wacana tulis
f. Menentukan informasi umum
g.    Menentukan informasi tertentu dalam kerja kelompok
h.    Menyusun guntingan-guntingan kalimat menjadi wacana dalam kerja kelompok
i.      Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana tulis


Kitab Al Arabiah lin Nasyiin

Kitab Al Arabiah lin Nasyiin
Buku Nahwu

3
Penutup

15 menit

a.    Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar kepada beberapa siswa.
b.    Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat
c.     Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa
Instrumen soal latihan







V. Sumber/Bahan/Alat Belajar    :
·   Buku
·   Ruang multimedia
·   LCD

VI. Penilaian:

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen

·   Melafalkan kata/frasa/kalimat dengan tepat
·   Membaca nyaring kata/frasa /kalimat dengan intonasi dan lafal yang tepat
·   Menentukan tema wacana tulis
·   Menentukan ide pokok dari wacana tulis
·   Menentukan informasi rinci dari wacana tulis
·   Menafsirkan makna kata/ungkapan sesuai konteks
·   Menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu dari wacana tulis
·   Mencocokkan tulisan dengan gambar/bagan/ denah dsb.
·   Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana tulis


Tugas individu
Tugas kelompok


Membaca nyaring
Test praktek
Diskusi
Diskusi
Test tulis
Memilih dan menjawab
Ulangan harian


1.  Tentukan tema wacana tulis
2.  Tentukan ide pokok dari wacana tulis
3.  Tentukan informasi rinci dari wacana tulis
4.  Tafsirkan makna kata/ungkapan sesuai konteks

KRITERIA PENILAIAN

  1. Membaca
No
Nama
Kriteria
Skor
Ketepatan/
Kelancaran
Menemukan informasi tersurat
Menemukan ide pokok
Menemukan pesan
20
25
25
30
100
1
Anwar
10
10
20
20
60
2
Bray
20
10
20
20
70
3
Awik
20
20
20
20
80










Mengetahui                                                              19   Juli   2010
Kepala MA  Jakarta Pusat                                      Guru Mata Pelajaran Bahasa Arab

 

Nasrullah Harun                                                      Ripki Atkia, S.Pd.I

























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah         :     MA JAKARTA PUSAT
Mata Pelajaran        :     Bahasa Arab
Status Pendidikan :     Madarasah Aliyah
Kelas / Semester    :     XII / 2
Alokasi Waktu         :     2  jam pelajaran


Standar Kompetensi:
                                       8.   Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang layanan umum dan pekerjaan

Kompetensi dasar:
MENULIS
8.1     Menulis kata, frasa,dan kalimat  dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat dan benar
8.2     Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang benar


I.  Tujuan Pembelajaran:
Setelah Proses Pembelajaran, diharapkan siswa mampu: Mengidentifikasi dan menangkap makna, gagasan atau ide dari berbagai wacana lisan secara  tepat mengenai layanan umum dan pekerjaan.

II. Materi Pembelajaran:


a) Menulis dikte, misalnya:
- قراءت قصة مصعب في كتاب الغة العربية
- كان مصعب رجلا غنيا من أشرف القريش
- فاحتار النبي مصعبا ليقوم من هذه المهمة

b) Menyusun kata menjadi kalimat yang benar.
مصعب – نشأ – في أسرة كريمة – في مكة المكرمة.

c) Menyusun kalimat hingga menjadi wacana misalnya :

كانت العولمة للمتحادثات فرقين : فريقا يدعو إلى العولمة وفريقا يرفض العولمة . يقول الفريق الأول : سنؤدّي العولمة إلى تنمية جميع الدول ، خاصة الدول الفقيرة . يقول الفرق الثاني إن العولمة سنؤدّي إلى هيمنة الدول الغنية على الدول الفقيرة .



d) Menyusun kalimat hingga menjadi alenia dengan kalimat yang sudah tersedia, misalnya :

- كانت السيدة خديجة محبوبة لذكائها
-  كان النبي (ص) قبل النبوة ، مشهورا بالأمانة والصدق .
-  ذهب ميسرة مع محمد إلى الشام
-  نزلت الآيات الأولي من القرأن ، في غار حراء
-  انطلق محمد إلى داره
-  السيدة خديجة أول من أمن بالنبي محمد (ص)
e) Qawaid:
1.    رفع الأسماء
2.       نصب الاسماء

III. Metode:
·   Modelling
·   Diskusi


IV. Langkah Pembelajaran:
NO
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/SUMBER
WAKTU
1
Pendahuluan

15

a.    Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
b.    Guru mengecek kehadiran siswa
c.    Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.


Kitab Al Qur’an
Buku panduan kaligrafii

2
Kegiatan Inti

60 menit

a.    Menulis kata-kata, frasa atau kalimat yang didiktekan guru
b.    Melengkapi wacana dengan kosa kata yang tersedia
c.    Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi sebuah paragraf
d.    Membuat cerita berdasarkan gambar
e.    Membuat wacana pendek sesuai tema.
Buku kaligrafi
Buku paket


Instrumen latihan

3
Penutup

15 menit

a.    Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar kepada beberapa siswa.
b.    Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat
c.     Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa
Buku paket


V. Sumber/Bahan/Alat Belajar:
·   Guru
·   Buku paket pelajaran Bahasa Arab Program Bahasa Asing
·   Ruang kelas

VI. Penilaian:

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen

·   Menulis kata-kata, frasa atau kalimat yang didiktekan guru
·   Melengkapi wacana dengan kosa kata yang tersedia
·   Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi sebuah paragraf
·   Membuat cerita berdasarkan gambar
·   Membuat wacana pendek sesuai tema.

Individu (khat), kelompok (membuat wacana)

Tes tulis

A. Salinlah tulisan ayat berikut ini ke dalam khat riq’ah.....?


KRITERIA PENILAIAN
  1. Menulis
No
Nama
Kriteria
Skor
Ketepatan Tulisan
Keindahan
Ketepatan kaidah
Pengembangan ide
20
20
30
30
100
1
Luna
15
15
20
20
70
2
Maya
15
20
20
15
70
3
Ayu
15
20
15
20
70








Mengetahui                                                              19   Juli   2010
Kepala MA  Jakarta Pusat                                      Guru Mata Pelajaran Bahasa Arab

 

Nasrullah Harun                                                      Ripki Atkia, S.Pd.I



 

Tidak ada komentar:

Poskan Komentar