Rabu, 12 Desember 2012

RPP bahasa Arab kelas XI genap




RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah         :     MA JAKARTA PUSAT
Mata Pelajaran        :     Bahasa Arab
Status Pendidikan :     Madarasah Aliyah
Kelas / Semester    :     XI / 2
Alokasi Waktu         :     2  jam pelajaran


Standar Kompetensi:
5.    Memahami informasi lisan berbentuk paparan atau dialog tentang kehidupan keluarga dan kehidupan sehari-hari.

Kompetensi dasar:
      Menyimak
5.1.    Mengidentifikasi bunyi, ujaran (kata, frasa atau kalimat ) dalam suatu konteks dengan tepat
5.2.    Menangkap makna dan gagasan atau ide dari berbagai bentuk wacana lisan secara  tepat

I.      Tujuan Pembelejaran:
Setelah Proses Pembelajaran, diharapkan siswa mampu: Mengidentifikasi dan menangkap makna, gagasan atau ide dari berbagai wacana lisan secara  tepat mengenai kehidupan keluarga.

II. Materi Pembelajaran:

Wacana yang memuat kosa kata, struktur kalimat dan ungkapan komunikatif sesuai tema, misalnya :
a)
أهلا وسهلا
أريد معجما من فضلك.
أي معجم تريد؟
أريد المعجم العربي
تفضل المعجم العربي، وماذا تريد أيضا؟
أريد كتاب القراءة وكتاب القواعد
هذا كتاب القراءة وهذا كتاب القواعد. هل تريد شيئا آخر؟
لا، وشكرا
المطلوب ثلاثون ريالا
تفضل، هذه ثلاثون ريالا
(أنظر العربية بين يديك ج 1 ص 191)
b)
يفضل كثير من الناس الترويح خارج البيت، حيث يقضون الوقت في مخيمات. ويختلف الوقت الذي يقضيه الناس في المخيمات، فقد يكون ليلة واحدة، وقد يكون عدة أسابيع. ويختلف المكان، فقد يكون على شاطئ البحر، أو في البر، أو في الغابة، أو في الصحراء، أو بين الجبال، حيث الهواء النقي. ... إلخ
(أنظر العربية بين يديك ج 2 ص 36)




III. Metode:
·   Inkuiri
·   Diskusi

IV. Langkah Pembelajaran:
NO
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/SUMBER
WAKTU
1
Pendahuluan

15 menit

·   Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
·   Guru mengecek kehadiran siswa
·   Guru bersama siswa mengecek kesiapan perangkat pembelajaran
·   Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
·   Siswa menyebutkan kata-kata yang biasa dipakai dalam kehidupan keluarga.
·   Siswa menyebutkan ungkapan-ungkapan yang biasa dipakai dalam kehidupan keluarga.






Pengalaman pribadi

2
Kegiatan Inti

60 menit

·   Mendengarkan wacana lisan menggunakan berbagai media.
·   Menyebutkan kata-kata yang didengar
·   Mencocokkan gambar dengan ujaran yang didengar
·   Menuliskan beberapa kata yang didengar dengan bantuan guru
·   Menentukan benar atau salah ujaran yang di dengar
·   Mendengarkan wacana lisan dengan menggunakan berbagai media (guru atau tape)
·   Mendiskusikan isi wacana lisan
·   Menuliskan isi wacana lisan secara umum
·   Memaparkan isi wacana lisan secara umum

Guru/Buku Paket

Kartu kata

3
Penutup

15 menit

·   Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar
·   Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat
·   Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa

Instrumen latihan


V. Sumber/Bahan/Alat Belajar:
·   Guru
·   Buku paket Pelajaran Bahasa Arab
·   Laboratorium Bahasa

VI. Penilaian:

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen
·       Mencocokkan gambar dengan kata, frasa atau kalimat yang didengar
·       Melengkapi kalimat dengan kata yang disediakan
·       Menentukan benar/salah ujaran yang didengar
·       Menentukan tema dari wacana lisan
·       Menentukan ide pokok dari wacana lisan.
·       Mengungkapkan kembali informasi rinci dari wacana lisan.
·       Mengidentifikasi kosa kata-kosa kata baru atau sulit


Tugas individu
(menyimak dialog)

Tugas Kelompok
(menentukan tema, ide pokok, menulis

Test : Tulis
(Ulangan harian

1.    Tentukan ide pokok dari wacana lisan.
2.    Ungkapkan kembali informasi rinci dari wacana lisan.
3.    Identifikasi kosa kata-kosa kata baru atau sulit













KRITERIA PENILAIAN
  1. Menyimak

No
Nama
Kriteria Dan Skala Penskoran
Skor
Mengidentifikasi tema
Menemukan informasi tersurat
Menemukan pesan
Menceritakan kembali isi wacana
1-15
1-20
1-30
1-35
100
1
Sihabudin
15
15
25
30
85
2
Dado
10
10
25
30
65
3
Hilman
15
10
25
20
65









Mengetahui                                                              19   Juli   2010
Kepala MA  Jakarta Pusat                                      Guru Mata Pelajaran Bahasa Arab

 

Nasrullah Harun                                                      Ripki Atkia, S.Pd.I




























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah         :     MA JAKARTA PUSAT
Mata Pelajaran        :     Bahasa Arab
Status Pendidikan :     Madarasah Aliyah
Kelas / Semester    :     XI / 2
Alokasi Waktu         :     2  jam pelajaran


Standar Kompetensi:
6.      Mengungkapkan informasi secara lisan berbentuk paparan atau dialog tentang kehidupan keluarga dan kehidupan sehari-hari

Kompetensi Dasar:
                        BERBICARA
6.1         Menyampaikan gagasan atau pendapat secara lisan sesuai konteks dengan lafal yang tepat
6.2         Melakukan dialog  sesuai konteks dengan tepat dan lancar

I.      Tujuan Pembelajaran:
Setelah Proses Pembelajaran, diharapkan siswa mampu: Mengidentifikasi dan menangkap makna, gagasan atau ide dari berbagai wacana lisan secara  tepat mengenai kehidupan keluarga.

II. Materi Pembelajaran:


Dialog tentang:
1. Berbelanja, misalnya :
تفضل، أي خدمة؟
اريد قميصا لو سمحت
تفضل هنا، هذا قسم القمصان. وهذا قميص أبيض، وهذا أصفر وهذا أزرق، وهذا أحمر، وهذا أسود
بكم القميص؟
القميص بعشرين دينارا
أي قميص تريد؟
أريد القميص الأزرق
هذا هو القميص الأزرق
لدينا أثواب جميلة
بكم الثوب؟
الثوب بثلاثين دينارا
أريد الثوب الأ بيض... إلخ
(أنظر العربية بين يديك ج 2 ص 269)


2. Mengisi waktu luang, misalnya:
العطلة على الأبواب، يا أحمد.
يا لها من فرصة طيبة يا ام أحمد
كيف سيقضي أولادنا العطلة؟
هيا نناد الأولاد ونناقشهم في الأمر.
فكرة طيبة. سأناديهم الآن، يا أحمد، نا فاطمة، يا طارق، يا ندى، يا بدر.
(يحضر الأولاد)
كي ف نقضي العطلة يا أولاد؟ نريد آراءكم.
أرى السفر إلى مصيف جميل.
أحسنت. وما رأيك يا فطمة؟
أرى عمل حديقة البيت.
يا لها من فكرة طيبة! فليس في بيتناحديقة
MA HASYIM ASY’ARI....
عطلة سعيدة يا أولاد.
(انظر العربية بين يديك ج 2 ص 32)
III. Metode:
·   Modeling
·   Inpairing

IV. Langkah Pembelajaran:
NO
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/SUMBER
WAKTU
1
Pendahuluan

15 menit

a.    Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
b.    Guru mengecek kehadiran siswa
c.    Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
d.    Guru meminta salah seorang siswa untuk menyebutkan kembali kata-kata dan ungkapan-ungkapan yang telah dipelajari pada pertemuan sebelumnya
e.    Guru meminta salah seorang siswa untuk menyebutkan poin-poin yang ditanyakan pada kehidupan keluarga.
f.     Guru meminta salah seorang siswa untuk menceritakan pengalaman kehidupan keluarga.


2
Kegiatan Inti

60 menit

a.    Mendengarkan wacana lisan
b.    Mengulangi/menirukan ujaran(kata/frasa/kalimat)
c.    Menjawab secara lisan mengenai isi wacana dengan tepat
d.    Menceritakan kembali isi wacana
e.    Bercerita sesuai tema
f.     Mengajukan pertanyaan kepada teman di kelas
g.    Menjawab pertanyaan yang diajukan lawan bicara
h.    Melakukan percakapan sederhana dengan teman sekelas/sebaya 
i.      Bermain


3
Penutup

15 menit

a.    Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar
b.    Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat
c.     Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa










V. Sumber/Bahan/Alat Belajar:
·   Guru
·   VCD
·   Buku paket Pelajaran Bahasa Arab
·   Ruang multimedia

VI. Penilaian:

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen
Ø  Menirukan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan tepat
Ø  Melafalkan ujaran (kata,frasa, kalimat) dengan intonasi yang tepat
Ø  Menyampaikan informasi sesuai konteks
Ø  Mengajukan pertanyaan sesuai konteks
Ø  Menjawab pertanyaan
Ø  sesuai konteks
Ø  Menceritakan keadaan/kegiatan sesuai konteks
Ø  Melakukan percakapan sesuai konteks

Praktek (demonstrasi)
Ulangan harian
Tugas individu/ kelompok
Test : praktik

Wawancara, bermain peran dan demonstrasi








Mainkan sebuah drama dengan tema sesuai KONTEKS...?



KRITERIA PENILAIAN

  1. Berbicara
No
Nama
Kriteria
Skor
Ketepatan kata/ungkapan
Kelancaran
Ketepatan Intonasi
Kontekstual
25
25
20
30
100
1
Ical
20
20
20
25
85
2
Datuk
20
10
20
25
75
3
Nasori
25
20
10
30
85









Mengetahui                                                              19   Juli   2010
Kepala MA  Jakarta Pusat                                      Guru Mata Pelajaran Bahasa Arab

 

Nasrullah Harun                                                      Ripki Atkia, S.Pd.I



RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah         :     MA JAKARTA PUSAT
Mata Pelajaran        :     Bahasa Arab
Status Pendidikan :     Madarasah Aliyah
Kelas / Semester    :     XI / 2
Alokasi Waktu         :     2  jam pelajaran


Standar Kompetensi:
                                    7.      Memahami wacana tulis berbentuk paparan atau dialog tentang kehidupan keluarga dan kehidupan sehari-hari
Kompetensi dasar:
MEMBACA
7.1     Melafalkan dan membaca nyaring kata, kalimat dan wacana tulis secara tepat dan benar
7.2     Mengidentifikasi bentuk dan tema wacana secara tepat dan benar
7.3     Menemukan makna dan gagasan atau ide wacana secara tepat

I. Tujuan Pembelajaran    :                                                                    
Setelah Proses Pembelajaran, diharapkan siswa mampu: Mengidentifikasi dan menangkap makna, gagasan atau ide dari berbagai wacana lisan secara  tepat mengenai kehidupan keluarga..

II. Materi Pembelajaran     :


Wacana tentang:
a.    Bank, misalnya:

تفتح البنوك أي المصارف كل يوم من الساعة التاسعة صباحا إلى الساعة الرابعة بعد الظهر، إلا يومان، يوم السبت والأحد وأيام العطلة الرسمية. ومع ذلك توجد أماكن أخرى تظل مغتوحة أيام العطلة، فيستطيع الناس أن يتصلوا بها لممارسة بعض المعاملات المصرفية، مثل تحويل النقود، وصرف الشيكات السياحية. وهي مكاتب الإستقبال بالفنادق الكبيرة ومكاتب الصرف بالمحلات التجارية ومكاتب السياحة والمطارات... إلخ
(انظر إلى اللغة العربية لبرنامج اللغة الأجنبية ص 103 - 104)

  1. Wisata ke Timur Tengah

أنا تلميذ إندونسي أدرس في احدى مدارس الرياض. في يوم أعلنت المدرسة عن رحلة إلى المنطعة الشرقية على الخليج العربي.
وفي يوم الرحلة وصل المشرفون والتلاميذ مبكرين إلى المدرسة. وكانت السيارة في الإنتظار
سارت بنا السيارة في طريق طويل وسط الصحراء. وفي طريقنا شاهدنا حقول الزيت وخطوط الأنابيب التي تنقل الزيت إلى المواني.
وصلنا الظهران بعد ست ساعات، وأقمنا في استراحة الطلاب بجامعة البترول والمعادن. وهي جامعة كبيرة جديثة المباني... إلخ
(انظر العربية للناشئين)


III. Metode                 :
·   Modelling
·   Diskusi


IV. Langkah Pembelajaran:
NO
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/SUMBER
WAKTU
1
Pendahuluan

15 menit

a.    Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
b.    Guru mengecek kehadiran siswa
c.    Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.
d.    Guru meminta salah seorang siswa untuk menyebutkan alamat rumahnya
e.    Guru meminta salah seorang siswa yang lain untuk menyebutkan beberapa istilah yang berkenaan dengan kehidupan keluarga.
f.     Guru memaparkan istilah-istilah penting yang berkenaan dengan kehidupan keluarga.

Pengalaman pribadi
Guru

2
Kegiatan Inti

60 menit

a.    Menirukan lafal guru dalam membaca kata/frasa/kalimat
b.    Membaca wacana dengan nyaring di depan kelas
c.Membentuk kelompok
d.    Menentukan tema wacana tulis dalam kerja kelompok
e.   Membaca wacana tulis
f.     Menentukan informasi umum
g.   Menentukan informasi tertentu dalam kerja kelompok
h.   Menyusun kalimat acak menjadi wacana dalam kerja kelompok
i.      Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana tulis
Kitab Al Arabiah lin Nasyiin

Kitab Al Arabiah lin Nasyiin


Buku Nahwu

3
Penutup

15 menit

a.    Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar kepada beberapa siswa.
b.    Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat
c.     Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa
Instrumen soal latihan







V. Sumber/Bahan/Alat Belajar    :
·   Buku
·   Ruang multimedia
·   LCD

VI. Penilaian:

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen

·   Melafalkan kata/frasa/kalimat dengan tepat
·   Melafalkan kata/frasa/kalimat dengan tepat
·   Membaca nyaring kata/frasa /kalimat dengan intonasi dan lafal yang tepat
·   Menentukan tema wacana tulis
·   Menentukan ide pokok dari wacana tulis
·   Menentukan informasi rinci dari wacana tulis
·   Menafsirkan makna kata/ungkapan sesuai konteks
·   Menjawab pertanyaan mengenai informasi tertentu dari wacana tulis
·   Mencocokkan tulisan dengan gambar/bagan/ denah dsb.
·   Menjawab pertanyaan mengenai informasi rinci dari wacana tulis


Tugas individu
Tugas kelompok


Membaca nyaring
Test praktek
Diskusi
Diskusi
Test tulis
Memilih dan menjawab
Ulangan harian


1.  Tentukan tema wacana tulis
2.  Tentukan ide pokok dari wacana tulis
3.  Tentukan informasi rinci dari wacana tulis
4.  Tafsirkan makna kata/ungkapan sesuai konteks


KRITERIA PENILAIAN

  1. Membaca
No
Nama
Kriteria
Skor
Ketepatan/
Kelancaran
Menemukan informasi tersurat
Menemukan ide pokok
Menemukan pesan
20
25
25
30
100
1
Anwar
10
10
20
20
60
2
Bray
20
10
20
20
70
3
Awik
20
20
20
20
80










Mengetahui                                                              19   Juli   2010
Kepala MA  Jakarta Pusat                                      Guru Mata Pelajaran Bahasa Arab

 

Nasrullah Harun                                                      Ripki Atkia, S.Pd.I

























RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN
( RPP )


Nama Sekolah         :     MA JAKARTA PUSAT
Mata Pelajaran        :     Bahasa Arab
Status Pendidikan :     Madarasah Aliyah
Kelas / Semester    :     XI / 2
Alokasi Waktu         :     2  jam pelajaran


Standar Kompetensi:
                                       8.   Mengungkapkan informasi secara tertulis berbentuk paparan atau dialog tentang kehidupan keluarga dan kehidupan sehari-hari

Kompetensi dasar:
MENULIS
8.1     Menulis kata, frasa,dan kalimat  dengan huruf, ejaan dan tanda baca yang tepat dan benar
8.2     Mengungkapkan gagasan atau pendapat secara tertulis dalam kalimat dengan menggunakan kata, frasa, dan struktur yang benar

I.  Tujuan Pembelajaran:
Setelah Proses Pembelajaran, diharapkan siswa mampu: Mengidentifikasi dan menangkap makna, gagasan atau ide dari berbagai wacana lisan secara  tepat mengenai kehidupan keluarga.

II. Materi Pembelajaran:


1. Menulis Khat riq’ah
قال الله تعالى: ولا تلقوا بأيديكم إلى التهلكة.
ولا تقتلوا أنفسكم إن الله كان بكم رحيما
2. Menulis dikte, misalnya:
البنوك، الرسمية، المعاملات المصرفية، تحويل، صرف، توفير، فتح الحساب
أيام العطلة، الرحلة، شاطئ البحر، البر، الغابة، الصحراء، الجبال، سالهواء النقي.

3. Melengkapi wacana:
تفتح ... أي المصارف كل يوم من الساعة التاسعة صباحا إلى الساعة الرابعة بعد الظهر، إلا يومان، يوم السبت والأحد وأيام العطلة ....
يستطيع الناس أن يتصلوا بها لممارسة بعض ...، مثل ... النقود، و... الشيكات السياحية

أنا تلميذ إندونسي أدرس في احدى مدارس الرياض. في يوم أعلنت المدرسة عن ... إلى المنطعة الشرقية على الخليج العربي.

Qawaid:
1.    جملة فعلية
III. Metode:
·   Modelling
·   Diskusi
IV. Langkah Pembelajaran:
NO
LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN
MEDIA/SUMBER
WAKTU
1
Pendahuluan

15

a.    Guru mengucapkan salam sebagai pembuka pertemuan dan menanyakan kabar siswa.
b.    Guru mengecek kehadiran siswa
c.    Guru menyampaikan informasi tentang materi yang akan disampaikan, meliputi: Kompetensi dasar dan indikator pencapaian.


Kitab Al Qur’an
Buku panduan kaligrafii

2
Kegiatan Inti

60 menit

a.    Menyalin khat riq’ah yang dicontohkan oleh guru
b.    Menulis kata-kata, frasa atau kalimat yang didiktekan guru
c.    Melengkapi wacana dengan kosa kata yang tersedia
d.    Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi sebuah paragraf
e.    Membuat cerita berdasarkan pengalaman sendiri
f.     Membuat wacana dalam kerja kelompok berdasarkan ide-ide pokok yang dibuat oleh guru
Buku kaligrafi
Buku paket


Instrumen latihan

3
Penutup

15 menit

a.    Guru memberikan pertanyaan lisan/ soal latihan hasil belajar kepada beberapa siswa.
b.    Guru memberikan penjelasan dan memberikan pelurusan konsep jika ada yang kurang tepat
c.     Guru bersama siswa merefleksi proses pembelajaran yang telah berlangsung, meliputi; kelemahan dan kelebihan, perasaan dan kesulitan yang dihadapi siswa

Buku paket


V. Sumber/Bahan/Alat Belajar:
·   Guru
·   Buku paket pelajaran Bahasa Arab Program Bahasa Asing
·   Ruang kelas



VI. Penilaian:

Indikator Pencapaian Kompetensi
Penilaian
Teknik
Bentuk
Instrumen
Instrumen

·   Menulis kalimat dengan khat riq’ah
·   Menulis kata-kata, frasa atau kalimat yang didektekan oleh guru
·   Menyusun kata / frasa menjadi kalimat dengan struktur yang tepat
·   Menyusun frasa/kalimat yang tersedia menjadi wacana
·   Membuat wacana/cerita sederhana sesuai tema

Individu (khat), kelompok (membuat wacana)

Tes tulis

A. Salinlah tulisan ayat berikut ini ke dalam khat riq’ah.....?


KRITERIA PENILAIAN
  1. Menulis
No
Nama
Kriteria
Skor
Ketepatan Tulisan
Keindahan
Ketepatan kaidah
Pengembangan ide
20
20
30
30
100
1
Luna
15
15
20
20
70
2
Maya
15
20
20
15
70
3
Ayu
15
20
15
20
70








Mengetahui                                                              19   Juli   2010
Kepala MA  Jakarta Pusat                                      Guru Mata Pelajaran Bahasa Arab

 

Nasrullah Harun                                                      Ripki Atkia, S.Pd.I


Tidak ada komentar:

Poskan Komentar